4 Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang tentu merupakan hal yang dihindari oleh semua orang. Karena, jika gigi sudah berlubang tentu membutuhkan penanganan yang sangat ribet. Selain itu, tidak jarang gigi berlubang akan disertai oleh rasa sakit yang sangat menyebalkan.

gigi berlubang

Meski menjadi masalah yang banyak dialami oleh masayarakat Indonesia, gigi berlubang sebenarnya sangat bisa dicegah. Ya, ungkapan mencegah lebih baik dari pada mengobati juga berlaku pada masalah gigi berlubang. Namun dalam praktiknya, pencegahan harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Ada beberapa faktor sehingga gigi berlubang, termasuk salah satunya adalah pola hidup yang kurang baik. Namun yang paling umum terjadi, sudah tahu memiliki gigi berlubang banyak dari kita yang enggan untuk merawatnya atau mencegah sekalipun saat masalah ini belum terjadi.

Nah, jika Anda mengalami masalah gigi berlubang, atau ingin mencegahnya, Anda dapat melakukan 4 cara sederhana berikut ini.

Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang

Sebenarnya, merawat gigi agar tidak berlubang itu bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Cara sederhana yang yang harus diimbangi dengan niat yang kuat, yes! Karena biasanya meski caranya sederhana namun jika tidak serius akan percuma.

Membersihkan Gigi Secara Rutin

Ya, salah satu cara yang paling sederhana untuk mencegah gigi berlubang adalah Anda harus membersihkan gigi secara rutin. Biasanya, gigi yang berlubang disebabkan oleh adanya kotoran bakteri yang menyerang bagian gigi.

Seiring berjalannya waktu, jika tanpa Anda bersihkan maka bakteri tersebut akan tumbuh dan semakin banyak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebaiknya Anda membersihkan gigi secara rutin. Cara ini sederhana sekali, bukan? Anda hanya perlu membersihkan gigi sebanyak 2 kali sehari, pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Cara ini terdengar sangat sederhana, namun sekali lagi, jika tidak diikuti dengan niat yang kuat tentu Anda akan merasa sulit untuk menerapkannya. Cara ini juga menjadi cara paling efektif untuk mencegah gigi berlubang.

Jadi saran saya, sebelum melakukan cara-cara sederhana selanjutnya, maka Anda harus serius untuk menjaga dan merawat gigi agar bisa terhindar dari masalah gigi berlubang.

Terapkan Pola Hidup Yang Baik

Jika menerapkan pola hidup yang baik, siapapun pasti akan hidup sehat setiap saat. Hal ini juga berlaku untuk gigi, ya!

Dengan pola hidup yang baik, Anda pasti akan selalu menjaga apa yang masuk ke dalam tubut setiap waktunya.

Jika Anda merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya mulailah untuk berhenti dari aktivitas yang membahayakan gigi ini.

Dua aktivitas ini merupakan penyebab sebagian besar orang-orang mengalami masalah gigi berlubang. Jadi, mulailah untuk menghentikannya. Demi pola hidup yang baik, demi hidup yang sehat dan demi mencegah gigi berlubang.

Kurangi Ngemil

Anda Memiliki kebiasaan ngemil? Jika iya, mulai sekarang cobalah untuk menguranginya. Kebiasaan ngemil bisa merusak bagian gigi.

Biasanya, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya snack yang Anda makan, gigi akan mengalami beberapa masalah.

Tanpa Anda sadari, beberapa bahan dan kandungan snack yang Anda makan memiliki campuran berbagai macam penyedap makanan.

Penyedap makanan yang dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan dapat menyisakan kotoran. Jika kotoran sudah ada, tentunya dapat menyebabkan bakteri menjadi muncul. Selanjutnya, bakteri akan menyerang pada bagian gigi dan membuat lubang.
Baca Juga : Minuman Manis Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah?
Maka dari itu, kurangi dan segera hentikan kebiasaaan ngemil Anda tersebut.

Gunakan Kumur Antiseptik

Penggunaan kumur antiseptik sangat membantu untuk kesehatan gigi. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh obat kumur antiseptik dapat mengatasi adanya bakteri di gigi.

Saat ini, obat antiseptik bisa Anda dapatkan dengan mudah, terutama pada apotek. Tersedia banyak pilihan, mulai dari rasa, kandungan, manfaat hingga ukuran yang bisa Anda pilih.

Selain itu, obat kumur antiseptik juga mudah digunakan, hanya tinggal kumur seperti kumur menggunakan air. Cara sederhana ini pasti akan semakin membuat gigi Anda sehat dan terhindar dari beberapa masalah gigi.

Nah, itulah 4 cara sederhana mencegah gigi berlubang yang bisa Anda lakukan. Sekali lagi, meski sederhana, agar mewujudkannya mudah harus Anda imbangi dengan niat yang kuat, yes.

Selamat mencoba dan selamat menikmati gigi yang sehat, gigi yang tidak berlubang.
Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

12 Komentar untuk Tulisan
"4 Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang"

  1. Wah bener banget tuh Mas, langkah awal kalau mau giginya tidak berlubang ya harus membersihkan gigi secara rutin

    BalasHapus
  2. Ternyata ada banyak cara ya yang bisa dilakukan agar giginya tidak berlubang

    BalasHapus
  3. Hmm terkadang malas sikat gigi pada malam hari saat mau tidur itu juga bisa membuat gigi menjadi berlubang ya

    BalasHapus
  4. Setuju banget nih mas, dengan menerapkan pola hidup sehat maka gigi juga akan ikut sehat

    BalasHapus
  5. Wah bermanfaat banget nih mas artikelnya. Tipsnya bisa nih dicoba agar gigi tidak berlubang

    BalasHapus
  6. Kalau ngemil itu jago saya. Hampir setiap begadang malam menulis artikel, snack atau makanan ringan selalu tersedia. Wah ternyata kurang bagus ya.

    BalasHapus
  7. kumur antiseptik emang ngaruh banget. setuju tuh krn kerasa fresh pas kita kumur kumur

    BalasHapus
  8. nah harus rutin cek ke dokter gigi ya :D

    BalasHapus
  9. Syukur dah ane waktu kecil jarang ngemil jadi ngak terlalu punya banyak masalah sama Gigi.

    BalasHapus
  10. Gigiku udah banyak yang berlubang.. hehehe.. Nice share Mas..

    BalasHapus
  11. Waduh, saya masih sering ngemil. Apalagi kalau sudah begadang kerjain orderan gambar.

    BalasHapus
  12. Rasanya kok malas banget ya ngerawat gigi, tapi kalo udah kumat, suka galau sendiri, hahaha... Saya sering banget ngemil, berarti harus lebih rajin lagi membersihkan gigi ya

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.