Beberapa Olahan Telur untuk Pelengkap Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng, siapa sih yang tidak kenal makanan satu ini? Nasi tumpeng merupakan sajian nasi dengan berbagai lauk pauk pelengkapnya yang berbentuk kerucut dan disajikan dalam bentuk nasi kuning atau nasi uduk. Nasi tumpeng menjadi makanan yang sering ada dalam acara adat atau perayaan orang Jawa atau Betawi.


Nasi tumpeng biasanya disajikan dengan berbagai menu yang bervariasi, termasuk juga bersama olahan telur. Ada berbagai jenis olahan telur yang bisa disajikan bersama nasi tumpeng, seperti telur pindang, telur asin, telur pitan hitam hingga olahan telur yang diadopsi dari berbagai makanan luar negeri.
Baca Juga : Tips Memilih Menu Snack Box untuk Sebuah Acara
Nah, jika Anda ingin tahu apa saja olahan telur yang bisa dikombinasikan dengan nasi tumpeng, berikut penjelasannya.

Telur Pindang

Telur pindang dikenal sebagai pelengkap menu makanan khas Yogyakarta, yaitu nasi gudeg. Namun tidak jarang, telur pindang juga digunakan sebagai sajian di dalam nasi tumpeng.

Melalui proses pembuatannya yang dilengkapi dengan berbagai bumbu seperti bawang-bawangan, daun salam, lengkuas, serai, larutan teh, garam, kecap dan gula jawa akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama nasi tumpeng.

Telur Asin

Telur asin menjadi bagian yang biasanya tidak pernah absen dari pelengkap nasi tumpeng. Telur yang banyak diproduksi di daerah Brebes Jawa Tengah ini menjadi pilihan sebagai pelengkap nasi tumpeng karena memiliki bagian kuning berwarna oranye cerah dan kering sehingga tidak menimbulkan carian dan bau amis.

Hal ini karena proses pembuatannya melibatkan proses fermentasi menggunakan abu dan garam. Sehingga telur menjadi lebih awet dan memiliki cita rasa asin yang khas dan sangat cocok bila menjadi kombinasi menu nasi tumpeng.

Telur Pitan Hitam

Telur pitan hitam merupakan kuliner yang yang banyak ditemukan dalam masakan Chinese. Telur pitan hitam dibuat dari telur ayam atau bebek yang difermentasi bersama tanah liat, garam, abu, sekam padi, dan kapur tohor selama beberapa bulan. Sehingga kuning telur akan berubah menjadi kehitaman dengan tekstur lembut dan masih creamy.

Telur jenis ini juga banyak digunakan sebagai pelengkap nasi tumpeng. Dengan telur pitan hitam, tentu rasa tumpeng akan semakin beraneka ragam dan mengesankan bagi penikmatnya.

Soy Egg

Soy egg merupakan makanan yang biasa disajikan bersama ramen. Namun tidak jarang juga disajikan di dalam tumpeng. Soy egg terbuat dari telur ayam yang direbus bersama dengan bumbu khas Jepang yaitu mirin. Selain mirin, juga ditambah dengan saus tiram guna menambah cita rasanya. Dengan dilengkapi soy egg, tentu cita ras nasi tumpeng akan semakin nikmat.
Baca Juga : Berbagai Saos Khusus yang Disajikan Restoran Sushi

Smoked Egg

Sesuai dengan namanya, telur ini dimasak melalui proses pengasapan. Biasa disajikan sebagai makanan pembuka dalam hidangan Prancis. Cara membuat smoked egg yaitu dengan merebus telur hingga matang lalu lakukan pengasapan dengan alat khusus.

Dengan rasa yang lezat, olahan telur ini cocok dijadikan sebagai menu dalam nasi tumpeng.

Jakarta Nasi Tumpeng, Tempat yang Tepat untuk Urusan Tumpeng

Meski nasi tumpeng sering ditemui dalam beberapa acara masyarakat, namun tidak semua bisa membuatnya, lho! Hanya orang degan keahlian dan pengalaman yang bisa membutnya.

Nah, jika Anda sedang membutuhkan nasi tumpeng untuk sebuah acara, maka tidak perlu khawatir, karena kini telah hadir Jakarta Nasi Tumpeng, tempat yang tepat untuk semua urusan per-tumpeng-an.

Jakarta Nasi Tumpeng bisa menjadi pilihan jika Anda membutuhkan nasi tumpeng untuk berbagai acara, terutama bagi Anda yang tinggal di Pasar Minggu dan sekitarnya. Anda tinggal pesan nasi tumpeng Pasar Minggu, dan selanjutnya Anda tinggal melaksanakan apa yang menjadi hajat Anda.

Itulah beberapa olahan telur yang bisa dijadikan menu pelengkap dalam nasi tumpeng.
Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Beberapa Olahan Telur untuk Pelengkap Nasi Tumpeng"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.