Cara Sederhana Menerapkan Pola Hidup Hemat pada Anak

Sebagai orang tua, siap sih yang tidak ingin anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik? Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya memiliki sifat-sifat dan tingkah laku yang positif?


Saya rasa semua orang tua pasti menginginkan hal tersebut, demikian juga dengan saya. Hal ini karena biasanya, kepribadian seseorang dimulai sejak ia anak-anak. Tidak sedikit sifat saat masih kecil akan menjadi kepribadian saat ia dewasa.

Fakta di atas kemudian tidak jarang dijadikan alasan orang tua untuk berusaha mendidik anak secara baik dan menanamkan hal-hal atau kebiasaan positif sejak dini.

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah menerapkan pola hidup hemat pada anak-anak. Hal ini jika diterapkan dengan baik, akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang di dalam mengatur keuangannya dan bahkan mengatur seluruh hidupnya.
Baca Juga : Cara Sederhana Mendukung Tahap Perkembangan dan Menggali Potensi Anak
Banyak cara untuk menerapkan pola hidup hemat pada anak sejak dini, bahkan caranya bisa dikatakan sangat sederhana. Tinggal bagaimana orang tua bisa menerapkan, mengarahkan dan mengawal cara-cara sederhana terbsebut.

Berikut ini merupakan beberapa cara sederhana menerapkan pola hidup hemat pada anak yang dapat diterapkan dengan mudah.

Ajak Anak Berbelanja Hemat

Saat anak sudah bisa mengikuti nalarnya, maka ia akan senang jika diajak berbelanja. Terutama untuk kebutuhan dia sendiri. Anak-anak akan sangat antusias dan bersemangat jika sudah berada dalam sebuah tempat perbelanjaan.


Nah, disini tugas orang tua untuk mengajarkan, menerapkan dan mengawal anak untuk bisa hidup hemat. Cara yang bisa orang tua lakukan adalah, hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja, terutama kebutuhan si anak.

Jangan sampai anak melihat orang tua berbelanja barang yang kurang bermanfaat, lakukan prosesnya dengan santai dan nyaman ditambah lagi dengan melakukan perhitungan yang tepat.

Sampaikan juga pada anak bahwa, selain hanya membeli barang sesuai kebutuhan dan melakukan perhitungan dengan baik, ia juga harus memilih barang dengan kualitas bagus. Cara ini juga ampuh untuk mengajarkan anak teliti dan memiliki pertimbangan dalam berbelanja dan menggunakan uang.

Ajari Anak untuk Menabung

Mengajari anak untuk menabung adalah cara yang sangat sederhana untuk menerapkan pola hidup hemat. Namun meski sangat sederhana, cara ini merupakan cara yang sangat penting untuk diterapkan.


Pilih dan belilah celengan yang disukai anak. Sekarang telah banyak celengan dengan model dan karakter yang disukai anak-anak. Selanjutnya, orang tua dapat mengajarkan mereka untuk menabung di celengan dan membiasakan kegiatan tersebut terjadi dengan rutin setiap hari.

Jika memungkinkan, lakukan aktivitas menabung ini secara terus menerus hingga anak merasa enjoy. Jika anak sudah usia sekolah, orang tua dapat membukakan rekening tabungan di bank atas nama ia pribadi.

Ceritakan Cara Orang Tua Mendapatkan Uang

Jika anak sudah siap, orang tua dapat menceritakan bagaimana cara mendapatkan uang. Sampaikan pada anak dengan cerita yang mudah dimengerti, menarik dan tidak berlebihan.


Ceritakan bagaimana proses orang tua mendapatkan uang, pergi bekerja dengan penuh semangat agar anak-anaknya bisa makan dan bersekolah dengan baik tanpa kekurangan apapun. Cerita seperti ini, jika anak sudah mengerti akan membuatnya terharu dan lebih menghargai segala pemberian orang tua. Cara ini juga sangat berguna untuk menanamkan pola hidup hemat.

Jika Bersama Anak, Berbelanjalah dengan Uang Tunai

Saat ini, seiring perkembangan zaman dan teknologi, berbelanja dengan cara yang praktis dan nyaman adalah hal yang sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Terlebih sekarang juga sudah banyak sekali fintech yang sangat meudahkan proses transaksi jual beli.

Namun sebagai orangtua dan jika sedang berbelanja bersama anak, sebaiknya Anda tidak melakukan cara tersebut. Meski Anda memiliki berbagai jenis kartu kredit, sebaiknya Anda tidak menggunakannya jika sedang berbelanja bersama anak. Cara berbelanja ini akan membuat anak merasa nyaman tanpa kendali dan merasa selalu dimanja.
Baca Juga : 7 Cara Mengatur Keuangan ala Papa dan Mama Muda
Orang tua dapat menggunakan uang tunai saat berbelanja bersama anak. Cara ini akan mengajarkan anak bagaimana menyesuaikan rencana dan realisasi. Jika kebutuhan uang sesuai rencana sekian, maka anak harus menghabisan uang sekian. Jika cara ini diterapkan, anak akan bisa belajar menyesuaikan anggaran belanja sejak dini.

Ajari Anak untuk Selalu Bersyukur

Untuk menerapkan pola hidup hemat, orang tua seekali dapat mengajak anak untuk melihat kondisi di luar rumah dan di luar wilayah kenyamanannya.

Orang tua dapat mangajaknya untuk mengunjungi panti asuhan, di sana mereka dapat belajar bagaimana beruntungnya mereka memiliki segala sesuatu yang ada di dalam hidupnya. Hal ini juga akan mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur dan membiasakan diri berhemat.

Nah, itulah beberapa cara sederhana menerapkan pola hidup hemat pada anak yang dapat diterapkan dengan mudah.

Semoga anak-anak kita menjadi anak yang shalih shalihah, ya. Amin..

Selamat mendidik anak dengan baik salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Cara Sederhana Menerapkan Pola Hidup Hemat pada Anak"

  1. Yang belum nikah dimulai dari diri sendiri saja. sebab kalau kita sudah nagus maka dengan mudah memberikan contoh kelak

    BalasHapus
  2. Benar banget, uang tunai itu penting, biar anak tahu belanja itu pakai uang dan ada nilainya, saya dulu lebih suka pakai atm, jadinya anak pikir kalau punya atm bebas belanja hahaha

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.