Cara Sederhana Mendukung Tahap Perkembangan dan Menggali Potensi Anak

Hampir dalam setiap tulisan kategori Parenting blog ini, saya selalu menyampaikan bahwa semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk si kecil, dalam semua hal. Pertumbuhan fisik, pikiran, keshatan, asupan gizi dan semuanya.


Selain itu, siapapun orang tuanya pasti bermimpi buah hatinya tumbuh dengan baik dan melalui semua tahap perkembangan sesuai dengan umurnya. Termasuk Anda, bukan?

Fakta tersebut sebenarnya alasan paling mendasar dalam merawat, mendidik sekaligus mengasah kemampuan anak, karena orang tua memiliki harapan agar si kecil menjadi anak yang cerdas dan membuat bangga keluarganya.

Namun seiring perjalanannya, mendidik sekaligus mengasah bakat dan potensi si kecil bukan perkara mudah. Orang tua harus melakukan banyak cara untuk mengetahui apa potensi anak sedini mungkin. Tak jarang, untuk bisa mengetahuinya, orang tua memberikan mainan edukatif kepada si kecil.

Ada banyak jenis mainan anak sesuai usia yang bisa diberikan. Anda dapat menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Namun yang pasti, jenis mainan edukatif sangat mendukung terhadap perkembangan anak terutama untuk menggali potensi.

Jenis mainan ini dirancang untuk membantu si kecil agar dapat tumbuh dan berkembang baik secara fisik atau motorik, juga mental dan kecerdasan atau psikomotorik. Dan menariknya, sekarang banyak sekali mainan ini tidak dibuat berdasarkan gender. Jadi, semua bisa memainkannya, gadis kecil maupun anak laki-laki.

Salah satu permainan edukatif untuk menggali potensi si kecil adalah cooking toys atau permainan masak-masakan. Dengan semua peralatan yang tersedia, si kecil dapat memainkan beberapa peran, misalnya menjadi ibu yang sedang menyiapkan makanan untuk keluarga, penjual makanan, chef, dan pemilik restoran.


Cooking toys dijual dengan banyak pilihan, mulai  dari merek, bahan harga dan banyak lagi lainnya. Saat Anda membelinya, pastikan permukaan mainan tersebut menggunakana bahan plastik sehingga tidak berbahaya dan mudah dibersihkan setelah digunakan bermain si kecil.
Baca Juga : Ayah Juga Bisa Lho, Bersihkan Botol dan Mainan Si Kecil
Oh iya, selain bahan, Anda juga harus memperhatikan kelengkapan alat-alat masaknya juga, ya! Seperti sayuran-sayuran, buah-buahan, piring, spatula, sendok, garpu, kompor dan lainnya harus lenkap. Degan lengkapnya alat memasak, pasti akan semakin menambah kreativitas serta bakat buah hati Anda.

Namun, untuk mendukung tahap perkembangan dan menggali potensi anak tidak cukup hanya dengan memberikan mainan edukatif saja, ya. Ada banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk itu. Berikut ulasannya.

Peluklah Secara Lembut

Riset ilmiah menunjukkan hasil bahwa pelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang berimbas secara langsung pada bagian otak. Selanjutnya, ia akan mengolah emosional dan pengambilan keputusan yang merupakan bagian utama pada kecerdasan.

Nah, hasil riset ilmiah tersebut juga terlihat nyata pada sikap anak pra sekolah. Mereka yang sering dipeluk lembut orang tuanya akan tumbuh lebih cerdas dibandingkan yang tidak.

Tidur yang Cukup

Perkembangan otak si kecil akan berjalan secara positif jika ia memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur yang berkualitas baik pada anak usia pra sekolah dalam sehari semalam adalah 11 jam.

Anda bisa membaginya dan membiasakan si kecil untuk tidur siang selama 2 jam, sisanya bisa untuk tidur saat malam hari.

Saat si kecil tidur dengan nyenyak, maka tubuh akan menghubungkan sirkuit-sirkuit penting antar otak yang akan membantu memperkuat perkembangan kecerdasannya.

Ajak untuk Berlatih Menulis

Jalur syaraf di otak anak-anak yang sering berlatih menulis dengan tangan akan terbentuk lebih baik. Ya, menulis adalah sarana untuk melatih ketrampilan motorik halus dan dapat merangsang ide-ide kreatif si kecil.

Selain itu, dengan menulis si kecil juga dapat menyuarakan isi hati yang sulit diungkapkan sehingga dia bisa memiliki emosi yang sehat.

Bermain Game

Game yang saya maksud bukan aplikasi yang bisa Anda temukan di smartphone atau tablet, ya! Tetapi bisa berupa congklak, puzzle, bingo, memasukkan barang ke kotak sesuai bentuk dan masih banyak lagi.

Game ini bisa merangsang pemikiran strategis, koordinasi dan fokus si kecil. Untuk pemilihan jenis game yang tepat, biasanya di kotak mainan terdapat tulisan umur yang tepat untuk memainkannya.

Selain membelinya, Anda juga bisa membuat sendiri dengan barang-barang yang ada di sekitar Anda. Hal ini akan menjadi pengalaman luar biasa untuk si kecil, karena selain bermain ia juga dapat membuat permainannya sendiri.

Bersantai dan Bermain Bersama

Meluangkan waktu untuk bersantai dan bermain bersama anak ternyata membawa pengaruh positif bagi nilai akademik mereka.
Gambar Main di pantai

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk enerapkan bentuk dukungan ini, termasuk membacakan cerita sebelum tidur atau membaca bersama untuk meningkatkan kosakata dan penalaran abstraknya. Bersantai dan bermain bersama juga mengakrabkan si kecil dengan seluruh anggota keluarga.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung tahap perkembangan anak. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk membantu orang tua dalam mendukung tahap perkembangan sekaligus menemukan potensi diri anak lebih dini.

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
"Cara Sederhana Mendukung Tahap Perkembangan dan Menggali Potensi Anak "

  1. Wah, pelajaran yang bermanfaat nih bagi sy yg bentar lagi jadi calon ayah. Hehe

    BalasHapus
  2. Wah menggali potensi anak bisa dengan berbagai cara ya..

    BalasHapus
  3. bermain bersama anak itu memang manjur ya untuk tumbuh kembang
    pengajaran di sela permainan akan sangat bermanfaat
    tfs pak salam

    BalasHapus
  4. saya suka dibagian belajar sambil bermain sama anak. semakin menambah kedekatan dengan anak

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.