Cari Bengkel Sepeda Motor? Baca Tips Ini untuk Menemukan Bengkel Terbaik!

Pemilik sepeda motor harus rutin mengunjungi bengkel. Tujuannya adalah untuk memeriksa kondisi dan kinerja sepeda motor tetap dalam kondisi baik. Selain itu juga dapat memastikan bahwa sepeda motor tetap bisa digunakan dalam keadaan prima sehingga memberi Anda kenyamanan saat berkendara.

Saya pikir sangat sulit untuk menemukan bengkel motor terbaik. Banyak pekerja bengkel yang tidak bertanggung jawab dan tidak jujur kepada pelanggan. Mekanik di bengkel terkadang juga memberikan harga yang lebih tinggi daripada harga pasar demi menghasilkan keuntungan yang besar. 

Apalagi jika pelanggannya adalah perempuan atau emak-emak yang tidak biasa dengan harga suku cadang motor. Bisa menjadi sasaran empuk bagi oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab.

Mereka bahkan memberi tahu pelanggan bahwa beberapa komponen harus diganti, meskipun komponen tersebut masih dalam kondisi baik. Namun, beberapa konsumen mengikuti apa yang dikatakan mekanik karena tidak tahu tentang kondisi suku cadang tersebut.

Ketika situasi ini terjadi, kerugian yang akan Anda alami mungkin sangat besar. Selain itu, Anda akan sangat menyesali kunjungan Anda ke bengkel tersebut jika Anda mengetahui harga yang sebenarnya. 

Nah, agar Anda tidak dicurangi, ikuti tips untuk memilih bengkel motor terbaik berikut ini.

Harga Jujur dan Transparan

Tidak banyak bengkel yang memberi tahu calon pelanggan harga yang mereka tawarkan. Konsumen  harus aktif bertanya secara langsung kepada karyawan atau mekanik bengkel tentang harga barang dan layanan yang mereka inginkan. Hal ini karena banyak pihak bengkel seringkali tidak jujur dalam memberikan harga suku cadang dan layanannya.

Sebelum pergi ke bengkel, sebaiknya Anda melakukan penelitian tentang harga suku cadang dan layanan servis yang ingin Anda gunakan. Jadi, jika harga suku cadang di luar perkiraan, Anda dapat menolaknya atau membandingkannya dengan harga yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Mekanik Profesional dan Handal

Tips selanjutnya yang perlu Anda ketahui saat memilih bengkel motor adalah mekanik yang berpengalaman dalam memperbaiki sepeda motor. Memahami seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh akan membuat Anda lebih percaya pada bengkel tersebut untuk memperbaiki motor Anda. Hal ini agar Anda mendapatkan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan dan keluhan Anda.

Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan mengenai masalah motor jika Anda ingin tahu apakah bengkel tersebut memiliki mekanik yang berpengalaman atau tidak. Namun, Anda harus sudah tahu jawabannya dan apa yang harus dilakukan pada sepeda motor Anda.

Anda dapat menggabungkan pengetahuan yang Anda miliki tentang kerusakan pada motor dengan jawaban mekanik. Ini tentu akan sangat membantu bagi Anda yang awam soal kerusakan sepeda motor.

Peralatan dan Teknologi Modern

Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya adalah bengkel yang memiliki peralatan dan teknologi canggih pasti membuat pekerjaan perbaikan sepeda motor lebih efisien dan efektif. Mereka juga membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat diperbaiki.

Contohnya, jika Anda ingin mengganti ban motor, Anda dapat menggunakan Alat Pengganti Ban (alat yang digunakan untuk melepas dan memasang ban) di bengkel. Ini akan membuat kondisi velg motor lebih aman karena alat congkel untuk melepas ban tidak akan menyebabkan baret atau lecet.

Baca Juga : Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Baru

Karena alat congkel ban pun dapat merusak velg, yang akhirnya menyebabkan ban selalu bocor. Pastikan bengkel yang Anda kunjungi memiliki peralatan dan teknologi canggih yang akan membantu mekanik melepas dan memasang berbagai baut, mur dan komponen lainnya secara aman tanpa mengalami kerusakan atau goresan.

Kelengkapan Suku Cadang

Sebuah bengkel dapat dianggap terpercaya jika memiliki kelengkapan suku cadang yang lengkap, yang memungkinkan pelanggan mendapatkan layanan dan suku cadang yang lengkap dan menyeluruh.

Dengan memiliki kelengkapan suku cadang, pelanggan tidak perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat melakukan perbaikan di bengkel mereka sendiri.

Memberi Jaminan Garansi

Memang sulit untuk menemukan bengkel yang menjamin atau memberi garansi layanan dan suku cadangnya. Namun bagi bengkel terpercaya, biasanya mereka berani menjamin apa yang mereka lakukan untuk motor Anda. 

Bengkel yang baik dan terpercaya akan menjamin apa yang mereka lakukan kepada pelanggan. Garansi memungkinkan Anda kembali ke bengkel untuk memperbaiki keluhan dan masalah yang sama jika sewaktu-waktu motor mengalami masalah setelah perbaikan, atau suku cadang rusak meskipun belum digunakan selama 7 hari.

Jam Operasional Panjang

Tidak mudah menemukan bengkel yang buka sampai malam. Namun, Anda tidak dapat mengetahui kapan motor Anda mengalami masalah. Apalagi bagi Anda yang hanya bisa pergi ke bengkel saat pulang dari kantor atau malam hari.

Jika Anda perlu memperbaiki sepeda motor secara cepat di malam hari, jam operasional bengkel yang panjang sangat membantu. Bengkel dengan jam operasional yang panjang juga bagus untuk orang-orang yang baru sempat ke bengkel selepas pulang kantor.

Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini, sepertinya sudah banyak orang yang jarang pergi ke mana-mana dengan membawa banyak uang tunai. Termasuk juga, ketika Anda pergi ke bengkel untuk memperbaiki motor, namun saat akan melakukan pembayran uang yang Anda bawa kurang. 

Sebaiknya Anda memilih untuk membayar transaksi dengan metode pembayaran alternatif atau non tunai daripada membawa uang tunai. Bengkel-bengkel modern bahkan menerima metode pembayaran non tunai. Cara ini efektif untuk membantu Anda melakukan pembayaran tanpa membayar tunai. Cara ini juga menjadi alternatif agar Anda bisa merasa lebih nyaman ketika Anda pergi ke bengkel.

Memperbaiki Motor Di Planet Ban

Sepertinya tidak semua bengkel yang saya temui dapat memenuhi tips di atas. Namun, saya menemukan hal itu di Planet Ban. Saat saya pulang dari kantor, saya melihat banner di salah satu bengkel Planet Ban dekat rumah yang bertuliskan "Servis Motor Rasa Mesin Baru".

Saya sangat tertarik dan akhirnya mencoba mengunjungi Bengkel Planet Ban pada akhir pekan. Kebetulan, saat itu sudah masuk waktu servis sepeda motor saya. Saya ingin memastikan tentang tulisan yang pernah saya baca tersebut.

Seorang mekanik menjelaskan kepada saya bahwa maksud dari Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis. Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang berbeda dari servis motor pada umumnya.

Pada proses servis, ternyata Mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor. Melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.

Layanan ini dapat Anda  nikmati pada bagian yang di servis, yaitu:
  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Satu lagi, Planet Ban sekarang tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban.

Planet Ban menawarkan harga yang transparan karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com. Anda juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban. Selain itu, Planet Ban juga memiliki mekanik profesional dengan peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, layanan pembayaran non tunai dan garansi layanan sampai 7 hari. Semua yang Anda butuhkan untuk sepeda motor dapat ditemukan di Planet Ban.


Selain itu, Planet Ban juga menawarkan banyak keuntungan tambahan yang mungkin tidak akan Anda temui di bengkel motor lain, seperti:
  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya

Gak rugi deh kalo semua kebutuhan motor Anda serahkan ke Planet Ban. Yuk kunjungi Planet Ban terdekat. Anda juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban. Coba cek saja disini: https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

6 Komentar untuk Tulisan
"Cari Bengkel Sepeda Motor? Baca Tips Ini untuk Menemukan Bengkel Terbaik!"

  1. Biar awet dan tetap nyaman dipakai motornya harus rutin servis di planet ban

    BalasHapus
  2. Aku kalau pilih bengkel memang penuh pertimbangan spt yg mbak paparkan. Kualitas harus diutamakan biar gak kecewa.

    BalasHapus
  3. Pas banget sudah masuk jadwal utk ganti oli. sekalian mau servis di planet ban juga nih.

    BalasHapus
  4. Paling pentint tuh harga ya biar ga tipu-tipu sama mekaniknya yg memang handal eiy. Must have sih hal ini dan itu ada di planet ban.

    BalasHapus
  5. Menurut saya yang paling penting dari sebuah bengkel itu mekanik yang berpengalaman dan peralatan yang lengkap,,,terkadang ada bengkel yang peralatannya tidak lengkap tapi memaksakan diri alhasil bukannya dapat motor yang sehat setelah diservis tapi malah makin hancur,,,

    BalasHapus
  6. Aku ke Planet Ban cuma buat beli ban aja, mas. Karena sudah punya langganan bengkel (selain ganti ban) sudang kadung cocok disana. Kalau ganti ban sudah sangat cocok ke Planet Ban.

    BalasHapus