Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Baru

Saat ini, kendaraaan sudah menjadi suatu kebutuhan yang secara perlahan harus dipenuhi oleh manusia. Apalagi bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tidak jarang, alasan ini selalu diutarakan beberapa orang saat akan membeli kendaraan, baik motor ataupun mobil.

Diantara keduanya, motor dan mobil, jika dilihat dari segi kenyamanan berkendara, mobil lebih unggul. Keunggulan yang paling mendasar adalah, pengendaranya tidak akan kehujanan ataupun kepanasan.

Namun dengan segala kenyamanannya, untuk dapat memiliki sebuah mobil bukan perkara mudah, selain karena harganya yang tergolong tinggi, proses pembeliannya juga harus dilakukan secara teliti dan benar. Maka tidak heran, masih banyak orang yang memutuskan membeli mobil bekas daripada mobil baru dengan pertimbangan selisih harga. Atau jika tetap membeli mobil baru, biasanya akan memilih metode pembayaran kredit.

Pada dasarnya membeli mobil baru itu lebih baik, ya. Meski terdapat selisih harga, mobil baru yang akan Anda miliki merupakan mobil yang benar-benar masih baru, masih dengan segel dan plastik pembungkusnya. Soal keadaan keuangan dan cara pembayaran, semuanya bisa didiskusikan dengan pihak penjual.

Nah, jika sekarang Anda sedang ingin membeli mobil baru, silahkan simak beberapa hal ini agar mobil yang akan Anda miliki sesuai dengan harapan dan keadaan keuangan masih tetap stabil.

1. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Hal pertama dan paling utama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis mobil sesuai kebutuhan. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan, ya. Saat akan menentukan jenis mobil, perhatikan semua pertimbangan. Mulai dari harga, fitur, perawatan hingga kondisi keuangan.

Saat ini banyak sekali jenis mobil yang bisa Anda dapatkan, mulai dari mobil sedan, mobil sport, mobil SUV dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan mobil yang serba bisa, muat banyak orang untuk keluarga dan mampu diajak berkendara di berbagai medan tidak hanya di dalam kota, maka Toyota Fortuner bisa menjadi salah satu opsi mobil yang sesuai kebutuhan.
Dari sekian banyak jenis mobil yang ada dipasaran, sebagai langkah awal Anda dapat memilih maksimal tiga jenis mobil yang sesuai dengan keadaan dan pertimbangan yang telah matang. Selanjutnya, lakukan pemilihan kembali untuk memilih satu diantara tiga pilihan tersebut. Cara ini efektif agar Anda tidak memiliki rasa kecewa saat mobil telah terparkir di garasi rumah.

2. Cek Harga Pasaran

Setelah mendapatkan mobil sesuai kebutuhan, selanjutnya Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya soal mobil tersebut, terlebih soal harga. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, Anda dapat melakukannya dengan mudah lewat bantuan internet. Tujuannya, agar Anda tidak membeli mobil dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran.

3. Baca Review Mobil

Selain harga, yang tidak kalah penting Anda ketahui adalah review pengguna lain terhadap mobil yang akan dibeli. Cara ini juga bisa Anda lakukan di internet. Informasi soal review ini biasanya berasal dari pengguna mobil maupun pencinta otomotif mengenai plus dan minus suatu jenis mobil. Simak dan pahami semua hasil review yang didapatkan. Ketahui dengan baik, apa kelebihan dan kekurangan mobil yang akan Anda beli agar tidak kecewa dikemudian hari.

Biasanya, apa yang disampaikan oleh pengguna lain, bisa menjadi acuan karena mereka pasti sudah punya pengalaman mencoba kendaraan tersebut.

4. Hitung dan Siapkan "Uang Jajan" Mobil

Selain menghitung dan menyiapkan harga beli, Anda juga harus menghitung dan menyiapkan "uang jajan" mobil tersebut. Maksudnya, jika nanti mobil telah berhasil dimiliki, berapa biaya pemeliharaan yang akan dihabiskan dalam kurun waktu tertentu.
Setiap mobil, tentu memiliki biaya tambahan berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada faktor keiritan bahan bakar, harga servis bulanan, harga suku cadang, dan lain sebagainya.

5. Pilih Dealer Rekomendasi

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya Anda tinggal memilih bengkel mana yang akan menjadi tempat membeli mobil tersebut. Tentukan dengan baik, dimana lokasinya, bagaimana pelayanannya dan sebagainya. Hal ini karena di kota-kota besar, dealer mobil banyak jumlahnya. Tidak cuma satu. Karena banyak pilihan ini, pasti bikin bingung Anda yang ingin membeli, terlebih kalau masih awam.

Pilih dealer mobil terpercaya. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman, keluarga, atau tetangga yang pernah membeli mobil di suatu dealer dekat rumah. Terlebih, hal tersebut juga berguna apabila rekan Anda kenal dekat dengan pemilik dealer mobil tersebut. Anda bisa mendapatkan harga spesial dan bonus-bonus menarik.

Oh iya, untuk memilih dealer terbaik, Anda juga bisa mendapatkan informasinya lewat internet dengan mengunjungi situs resminya. Biasanya, dengan membaca informasi dalam situs resminya kita sudah bisa mengetahui bagaimana kredibilitas dealer tersebut.


Apalagi jika dalam situs tersebut juga sudah disediakan informasi secara lengkap dan menyeluruh, mulai dari alamat, nomor telepon, hingga harga mobil yang bisa diketahui secara realtime, plus berapa angsuran yang harus disiapkan jika mobil tersebut dibeli secara kredit. Fitur-fitur ini, bisa Anda dapatkan di situs resmi dealer Toyota di auto2000.co.id.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membeli mobil baru. Semoga bermanfaat dan mobil impian Anda segera dapat dimiliki.

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Baru"

Posting Komentar