Bingung untuk Menyusun Program Kerja Bendahara Sekolah? Coba Baca Ini!

Secara garis besar, bendahara sekolah memiliki tugas utama yaitu pengelolaan uang yang dimiliki oleh suatu sekolah. Namun dalam pelaksanaannya, ada banyak program kerja yang harus dikerjakan oleh bendahara sekolah yang pada intinya semua program yang ada merupakan pengelolaan uang sekolah, mulai dari pengajuan, pencairan, penggunaan, pencatatan dan penyusunan laporan.

Nah, dari beberapa program kerja tersebut ada beberapa bendahara sekolah yang masih bingung dalam penyusunannya. Di sekolah saya, program kerja bendahara sekolah disusun atau diperbarui satu tahun sekali yang dilaksanakan pada akhir tahun anggaran, biasanya pada bulan November sampai Desember.

Sudah lima tahun berjalan saya menjabat bendahara sekolah di SMP Nurul Jadid Paiton, dan sudah lima kali juga saya menyusun program kerja. Program kerja yang saya susun meruapakan pekerjaan sehari-hari yang saya lalui. Seperti di awal telah saya jelasakan bahwa semua memang berurusan dengan uang yang dimiliki sekolah. 

Baca Juga : Ragu untuk Menjadi Bendahara? Coba Baca Beberapa Manfaatnya Ini

Di pesantren tempat saya mengabdi, beberapa waktu lalu telah diadakan seminar dan bimtek penyusunan program kerja bagi semua bagian, termasuk bendahara sekolah. Pada acara itu saya mendapat ilmu tentang penyusunan program kerja yang pada intinya adalah "tulis apa yang Anda kerjakan dan kerjakan apa yang Anda tulis". Maka, dalam penyusunan program kerja bendahara sekolah, saya memang benar-benar menyusun sesuai dengan apa yang saya kerjakan sehari-hari.

Namun, meski hanya mengurus uang sekolah jangan salah jika sebenarnya sebagai bendahara sekolah, kita juga harus memiliki program kerja yang akan menjadi acuan bekerja selama satu tahun berjalan. 

Seperti di sekolah saya misalnya, karena berada di bawah naungan pesantren saya juga terlibat dalam pengurusan pembayaran Biaya Pendidikan Santri (BPS) yang wajib dibayar tiap tiga bulan sekali (triwulan). 

Ada beberapa program kerja yang saya jalankan sebagai bendahara sekolah yaitu:

  1. Penyusunan Program kerja bendahara
  2. Penerimaan Keuangan Sekolah
  3. Pengeluaran keuangan sekolah
  4. Pengelolaan Gaji bulanan pegawai
  5. Pengelolaan Gaji ke 13 dan 14 pegawai
  6. Pengelolaan Biaya Pendidikan Santri (BPS)
  7. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban dana operasional pesantren
  8. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS
Dari delapan program kerja tersebut kemudian dijabarkan lagi ke dalam kegiatan yang tiap program meiliki dua sampai tiga kegiatan. Pada poin nomer 6 misalnya, dari program kerja Pengelolaan Biaya Pendidikan Santri, ada empat kegitan yaitu:
  1. Bekerjasama dengan wali kelas untuk mengumumkan nomer Vortual Account kepada siswa-siswi dan orang tua
  2. Melayani pertanyaan seputar BPS baik dari siswa maupun orang tua
  3. Validasi pelunasan pembayaran BPS
  4. Membantu pengurusan keringanan pembayaran siswa, baik karena bersaudara atau kurang mampu
Bgitu juga dengan program kerja yang lain, semua memiliki kegiatan sesuai dengan ketentuang. Dengan program kerja ini, sebagai bendahara sekolah saya merasa sangat terbantu dalam menyelesaikan semua pekerjaan. Pekerjaan juga bisa berjalan lancar, sesuai dengan jadwal dan bisa menghasilkan output (laporan) yang baik.
Sebagai gambaran, berikut ini merupakan program kerja bendahara SMP Nurul Jadid yang baru saja saya susun pada akhir Desember 2021 lalu. 


Semoga bermanfaat, semangat dalam bekerja dan salam bahagia..

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Bingung untuk Menyusun Program Kerja Bendahara Sekolah? Coba Baca Ini!"

Posting Komentar