Ragu untuk Menjadi Bendahara? Coba Baca Beberapa Manfaatnya Ini

Bendahara, tugas yang selalu ngurusi uang, tugas yang banyak orang enggan menjalaninya dengan berbagai alasan. Mulai dari karena tidak pandai menghitung uang, tidak teliti, takut hilang dan bahkan ada yang beralasan malas menghitung uang orang, haha.

Sudah sekitar satu tahun saya mengemban tugas ini, tugas sebagai Bendahara Sekolah dengan jumlah murid 1.200-an orang. Alhamdulilah, sampai sekarang belum menjumpai kendala berarti, beberapa masalah bisa terselesaikan secara mandiri atau dengan bermusyawarah bersama pimpinan dan pengurus sekolah.

Saat pertama kali tahu akan menjadi bendahara sekolah, saya kurang yakin bisa menjalani tugas ini. Bukan malas untuk menghitung uang orang, namun pengalaman yang saya rasa masih minim. Meski sebelumnya telah lama bergabung dengan tim bendahara sekolah, namun tugas yang biasa saya kerjakan hanya sebatas penyusun laporan saja, tidak terlalu jauh kepada urusan perhitungan uang.

Beberapa orang saya mintai pendapat dan motivasi agar saya mantap menjalani tugas ini. Termasuk juga tim senior bendahara sekolah. Akhirnya, bermodal banyak motivasi dan sedikit pengalaman, saya bekerja dengan tugas baru, bendahara sekolah!

Setelah berjalan satu tahun, menjadi bendahara memang terlihat rumit dan sulit, namun kenyataannya gampang, kok! Selain itu, ada banyak hal yang telah saya pelajari, banyak tempat telah saya kunjungi, banyak kenalan orang baru dan banyak hal bermanfaat lainnya yang saya dapatkan karena tugas ini.


Nah, bagi Anda yang baru menjadi bendahara, bersiaplah! Dan jadikan tugas bendahara sebagai alat untuk mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

Semakin Cermat dan Teliti

Banyak orang tidak mau menjadi bendahara karena alasan ini. Mereka merasa tidak bisa cermat dan teliti untuk urusan uang. Dan dua hal ini mutlak dan wajib dimiliki oleh seorang bendahara.

Yang namanya bendahara, ia memiliki tugas utama mengurus uang, tanggung jawab ini harus dipadukan dengan pribadi yang teliti dan cermat dalam pengurusannya.

Ketika sudah sekian waktu bersentuhan langsung dengan keuangan, saya yakin Anda pasti akan semakin cermat dan teliti dalam hal keuangan. Termasuk hal kecil seperti dua angka di belakang koma nilai uang. Anda pasti akan selalu memperhatikan hal kecil ini, karena akan sangat berpengaruh kepada nilai saldo akhir.

Hal kecil saja diperhatikan, apalagi hal besar lainnya? Hihihi

Perencanaan Keuangan = Perencanaan Masa Depan

Menjadi bendahara pasti akan berhadapan dengan SOP (Standar Operasional Proedur) yang telah dibuat dan disepakati oleh semua anggota organisasi tertentu. Setiap akan mengajukan atau mencairkan uang, pasti ada hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sesuai dengan SOP.

Saat mengelola uang, pastinya bendahara akan berjumpa dengan proposal yang merupakan perencanaan awal, akan digunakan untuk apa saja uang yang dikelola tersebut. Proposal ini bermacam jenisnya, ada yang harian, bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, tahunan dan lima tahunan.

Sebagai bendahara, bersama pimpinan, Anda pasti akan membuat proposal tersebut sesuai dengan rencana, program dan tujuan yang akan dicapai. Perencanaan keuangan ini wajib dibuat dengan memperhatikan semua aspek, dipikirkan secara matang dan yang paling penting untuk kepentingan semua anggota.
Baca Juga : Ingin Menikah Tapi Terkendala Biaya? Coba Baca Pengalaman Saya Ini!
Nah, jika membuat perencaan keuangan saja bisa, pasti membuat perencanaan masa depan juga bisa! Bermodal pengalaman penyusunan perencaan keuangan sekolah, saya bisa dengan mudah mengatur merencanakan masa depan bahagia bersama keluarga.

Juru Kunci Keuangan

Seorang bendahara bisa disebut juga sebagai pemegang atau juru kunci keuangan. Pendapat dan persetujuan yang diajukan oleh bendahara akan menjadi hal yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum keputusan diambil.

Dengan tanggung jawab besar ini maka sebagai bendahara, Anda harus memikirkan semuanya dengan cermat, teliti dan matang sebelum mengambil keputusan, karena sekali lagi, Anda adalah juru kunci keuangan organisasi!

Keluar dari Zona Nyaman, Siap Hadapi Tantangan dan Jadilah Bendahara!

Tidak sedikit, orang hanya mau menjadi anggota atau partisipan saja. Jika Anda sudah berani menjadi bendahara, Anda harus siap untuk keluar dari zona nyaman seperti orang lain, tidak menyerah degan tantangan dan siap menjadi bendahara terbaik dengan segala tuntutan pekerjaan dan resikonya.

Bendahara kok Keuangan Sendiri Belum Tertata dengan Baik

Di atas sudah saya jelaskan bahwa tugas bendahara adalah menjadi salah satu perencana keuangan. Dengan mengemban tugas ini, tentu Anda harus bisa merencanakan dan mengatur keuangan pribadi dengan baik.
Baca Juga : 7 Cara Mengatur Keuangan ala Papa dan Mama Muda
Mengatur uang orang lain saja bisa, kenapa tidak bisa mengatur uang sendiri?

Nah, itulah beberapa manfaat ketika Anda menjadi seorang bendahara, sekarang saatnya Anda putuskan, apakah ingin mengambil bagian dalam sejarah atau hanya duduk menonton saja! Jadilah bendahara, lawan tantangan dan keluar dari zona nyaman!
Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

7 Komentar untuk Tulisan
"Ragu untuk Menjadi Bendahara? Coba Baca Beberapa Manfaatnya Ini"

  1. Memang sekilas tampak rumit. Harus memperhatikan segala sapek untuk dimasukkan dalam data hitungan. Ini yang membuat saya kurang pd jadi bendahara

    BalasHapus
  2. wah kalau aku gak mau, pengalaman dari sejak sekolah kalau jd bendahara suka nalangin dulu, apalagi bendahara arisan

    BalasHapus
  3. Minimal jadi bendahara rumah tangga...
    Ye.... Hidup bendahara. 😁

    BalasHapus
  4. Jadi bendahara atau pemegang keuangan itu amanah ya mas, diperlukan ketelitian dan kecermatan. Bahkan orang yg ditunjuk sebagai bendahara itu biasanya yg dpt dipercaya... Dan susah lho mencari orang sprti ini. Banyak oknum yg sering memanfaatkan jabatan untuk keuntungan pribadinya.... Selamat ya mas jadi bendahara... Semoga amanah...

    BalasHapus
  5. wahh ini mah bendahara gede mas, sekolahnya aja 1200 murid... kalau saya ga berani... eh, btw ga semua org berani ambil peran ini. tapi saya salut mas bertanggung jawab dan kereeen dah.

    Jadi bendahara kalau di sekolah atau tempat kerja ada juga peluang dilirik sama atasan, hihi

    BalasHapus
  6. Wihhh bendahara 1200 orang ya lumayan bikin mumet itu ya mas? Hahaha. Eh btw kenapa kalau dulu pas masih sekolah yang jadi bendahara itu pasti cewek ya?

    BalasHapus
  7. Pengalaman saya jadi bendahara Karang taruna. Meski jumlah anggotanya gak sampe 1200 orang, tapi pernah beberapa kali bermasalah karena selisih 100 rupiah. jabatan yang sensitif

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.