Menerapkan Desain Yacht ke Dalam Hunian? Kenapa Tidak!

Mendesain rumah, seiring terus berkembangnya dunia teknik sipil, saat ini tidak melulu harus berpatokan kepada konsep minimalis, modern atau skandinavian. Desain bangunan serupa dengan yacht (kapal pesiar) yang saat ini dikatakan menjadi tren desain hunian mewah juga perlu diadopsi sebagai pilihan desain rumah.
Sumber : March & White
Desain yatch merupakan desain rumah yang menerapkan model bangunan layaknya sebuah kapal pesiar mewah yang diawaki secara profesional.

Beberapa orang yang menerapkan desain yacht pada huniannya mengatakan, mereka memilih desain tersebut karena ingin memindahkan kesan yang mereka dapatkan di yacht saat mengarungi lautan ke dataran tempat mereka tinggal.

Konsep ini dikatakan menjadi tren karena cara mengaplikasikannya tidak hanya terbatas pada pola bangunan yang mirip dengan yacht saja, namun juga dari visi pengalaman yang dihadirkan mirip seperti menaiki yacht.

Hal ini kemudian menjadikan konsep ini tidak hanya hadir khusus untuk hunian tapak dengan luas tertentu, namun juga dapat berada pada hunian vertikal. Pada hunian vertikal, konsep yang dihadirkan lebih kepada suasana interior yang mirip seperti di dalam dek kapal.

Tidak terlepas dari hunian mewah, sebenarnya konsep ini pun dapat dihadirkan untuk rumah-rumah biasa yang memiliki luas tanah cukup besar maupun sebuah apartemen.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadikan hunian Anda memiliki konsep seperti ini, Anda dapat mengaplikasikan poin-poin di bawah ini.

Dekat dengan Perairan

Dapat dikatakan, letak hunian yang berdekatan dengan wilayah perairan merupakan hal yang mudah untuk diaplikasikan konsep ini. Pada dasarnya konsep desain ini sangat mengedepankan pandangan yang luas seperti berada di atas laut, namun bukan berarti harus memiliki pandangan penuh atau 360 view dari hunian Anda.

Semakin dekat pandangan dari hunian Anda dengan perairan, konsep pengalaman di atas yacht akan semakin terasa.

Meskipun berdekatan dengan perairan, bukan berarti hanya hunian yang sejajar saja yang dapat mengaplikasikan desain ini. Bagi Anda yang memiliki atau sewa apartemen atau hunian vertikal sejenisnya, Anda juga bisa merasakan pengalaman berada di atas yacht dari pandangan ketinggian hunian dengan menerapkan desain yatch ini.

Komposisi Bangunan

Berbicara soal komposisi bangunan, tentu desain dan konsep ini sangat cocok bagi Anda yang bermukim di hunian tapak. Sebenarnya, tidak harus berada dekat perairan, sih! Asal hunian Anda memiliki luas tanah yang lebar pasti bisa mengaplikasikan konsep yacht ini, bisa saja dengan membuat kolam di bagian belakang hunian Anda.

Caranya?

Komposisikan hunian Anda sekitar 35% untuk bangunan dan 65% untuk wilayah terbuka. Dari wilayah terbuka ini, Anda dapat membuat bagian dalam dek dengan menambahkan kolam renang kecil atau jacuzzi dengan lantai kayu yang mengitari area tersebut.

Jika area rumah Anda tidak dikelilingi oleh rumah tetangga atau berada di wilayah padat penduduk, Anda dapat membatasi bagian samping dan belakang rumah dengan sebuah tembok yang tinggi untuk memunculkan suasana pada dek kapal.

Untuk hasil yang lebih maksimal, buatlah bangunan Anda bertingkat. Memiliki 2 lantai saja sudah cukup untuk melihat desain dek yacht pada wilayah terbuka dari area hunian Anda. Tempatkan juga ruang berkumpul atau ruang tamu di bagian yang menghadap area terbuka (menghadap belakang) dengan dinding dari kaca.

Fasilitas dan Aksesoris

Untuk membuat kesan yang sangat mirip seperti yacht, buat dua buah akses tangga menuju ke lantai atas di bagian samping. Jika memiliki budget yang besar, Anda juga dapat membuat tangga sweeping staircases di bagian tengah hunian untuk membuat nuansa superyacht yang mewah.

Sebagai pelengkap, buatlah sebuah dapur berkonsep pantry dibagian tengah hunian Anda untuk menerapkan ide yacht modern. Usahakan untuk memberi warna yang terang dan natural untuk memunculkan nuansa ruang yang luas atau warna-warna elegan untuk kesan yang lux.

Selamat berkreasi dengan hunian mewah dan salam bahagia. Semoga bermanfaat..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Menerapkan Desain Yacht ke Dalam Hunian? Kenapa Tidak!"

  1. Saya suka nih dengan desainnya, memang benar-benar mirip seperti sedang naik kapal pesiar mewah. Tapi pasti biaya yang dibutuhkan gak sedikit, ini cocok untuk orang-orang yang kelebihan duit dan hobi naik yacht

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.