3 Manfaat Air Alkali Untuk Kesehatan Tubuh

Air minum merupakan asupan utama bagi tubuh manusia, hal ini agar 70% kandungan air dalam tubuh terus bisa terpenuhi. Dalam sehari, kita disankan untuk meminum delapan gelas air putih.

Apa Air Alkali?

Air alkali merupakan jenis air untuk konsumsi yang dipercaya bisa meningkatkan keseimbangan pH (potensial Hidrogen) dalam tubuh. Air jenis ini memiliki banyak jenis molekul dengan komponen yang sederhana sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.


Selain itu, air alkali juga bisa membantu tubuh dalam mengatasi proses hidrasi yang banyak disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelelahan dan tubuh yang kurang energi.

Air alkali dengan kandungan pH lebih besar dari pH air minum biasa, diyakini mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 1-14. Air pada umumnya memiliki tingkat pH sebesar 7, air asam memiliki pH kurang dari 7, dan air basa memiliki pH lebih dari 7.

Indikator angka tersebut menandakan perubahan derajat asam/basa sebesar 10 kali lipat. Jadi, air alkali pH tinggi adalah drajat asam/basa lebih dari 7/8+.

Yang mempengaruhi kadar pH dalam air adalah kandungan kimianya. Tidak heran, jika pH sering digunakan sebagai tolak ukur apakah air tersebut mengalami perubahan kimiawi atau tidak.

Perbedaan Air dengan Kadar pH Rendah dan Tinggi

Perlu juga kita tahu bahwa air dengan kadar pH yang rendah atau terlalu tinggi, masing-masing memiliki efek samping yang berbeda-beda.

Air dengan kadar asam tinggi dapat menimbulkan korosi bahkan menghancurkan logam. Sedangkan air dengan kadar basa terlalu tinggi dapat menimbulkan endapan yang melapisi pipa dan alat perkakas.

Pada umumnya, pH air minum biasa adalah 6-7. Namun, air minum dengan tingkat pH lebih tinggi juga ada, yaitu air alkali dengan pH 8 sampai 9. Air alkali ini dipercaya dapat menetralkan asam di dalam tubuh.

Manfaat Air Alkali Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian pun menunjukan hal positif pada air alkali ini, yaitu bermanfaat pada beberapa kondisi. Di antaranya adalah:

1. Air alkali dapat menurunkan asam lambung
Pada sebuah studi tahun 2012 mengungkapkan bahwa minum air alkali dengan pH sebesar 8,8 dapat membantu menonaktifkan enzim utama penyebab refluks asam lambung. Selain itu, air alkali dengan kadar pH 8,8 dapat mengurangi tingkat keasaman isi lambung.

2. Air alkali dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker
Sebuah teori mengatakan bahwa sel-sel kanker dapat tumbuh dengan cepat dalam kondisi asam. Untuk mengurangi/memperlambat sekaligus menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tersebut, air alkali ini sangat membantu. Meskipun demikian, tetap penelitian ini masih perlu diperkuat lagi dengan hasil nyata di lapangan.

3. Air alkali dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang
Pada hasil penelitian di tahun 2009 mengungkapkan bahwa manfaat minum air alkali ini dapat meningkatkan kekuatan tulang, karena di dalamnya mengandung karbohidrat dan kalsium yang tinggi. Sekali lagi, manfaat ini juga masih perlu dibuktikan lebih jauh lagi.

Sebagai indikator, dapat kita simpulkan bahwa air alkali sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu diperhatikan lebih teliti lagi perihal memilih merk air alkali ini. Pilihlah merk air alkali yang telah memiliki sertifikat resmi BPOM.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"3 Manfaat Air Alkali Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.