Lakukan Cara Ini untuk Merawat Luka Pasca Operasi

Luka pasca operasi merupakan luka yang dikenal cukup dalam dan membutuhkan waktu lama dalam penyembuhannya. Umumnya luka pasca operasi harus dirawat secara khusus agar tidak terjadi infeksi.


Selain perawatan khusus, pola makan para pasien pasca operasi juga harus dijaga dengan baik, agar tidak menimbulkan efek samping pada bagian luka tersebut. Pola konsumsi makanan yang tidak tepat bahkan dapat menyebabkan luka pasca operasi sulit kering sehingga membentuk pola luka yang tidak teratur.

Perbanyak Konsumsi Vitamin E

Nah, jika Anda sedang mengalami luka pasca operasi maka sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E dalam kadar yang tinggi. Vitamin E pada makanan selain dikenal mampu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, juga dapat membantu pola penyembuhan luka pasca operasi menjadi lebih cepat mengering.

Secara umum penyembuhan luka pasca operasi ini memiliki beberapa tahapan penyembuhan, yang diantaranya adalah proses peradangan, proses terbentuknya jaringan ikat, proses pematangan pada luka, serta proses pengeringan luka secara menyeluruh.

Pada beberapa tahapan penyembuhan tersebut Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang berupa biji-bijian, sayuran hijau serta kacang-kacangan yang memang mengandung banyak vitamin E.

Cara Agar Luka Segera Sembuh

Selain mengkonsumsi makanan bervitamin E tinggi sebagai obat luka operasi, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar penyembuhan lukanya bisa segera teratasi.

  • Menjaga kondisi luka selalu dalam keadaan bersih dan kering.
  • Mengganti perban sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh para dokter.
  • Tidak mengoleskan obat apapun ketika luka masih basah, kecuali salep antibiotik yang memang diberikan oleh dokter.

Dengan selalu memperhatikan beberapa hal di atas dan terus menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh dokter, diharapkan tidak hanya luka akan menjadi cepat kering dan pulih kembali, bekas luka pun tidak akan terlihat pada bagian tubuh.

Mengatur Pola Makan

Selain menjaga kondisi luka serta mengatur pola makan, Anda juga harus menjaga kondisi kekebalan tubuh. Para dokter menyarankan makanan yang cocok adalah makanan dan minuman yang mengandung lactobacillus acidophilus dan lactobacillus rhamnosus. Kandungan makanan dan minuman ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sistem imun pun dapat terbentuk dengan mudah. Sehingga luka pasca operasi bisa segera sembuh.

Hati-hati, Luka Operasi Bisa Terbuka Kembali!

Setelah melakukan tindakan operasi, biasanya dokter akan memberikan beberapa saran, termasuk juga bahwa luka operasi bisa terbuka kembali jika tidak dirawat dengan baik. Bukan tidak mungkin, jahitan luka operasi terbuka sewaktu Anda telah sampai di rumah.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terbukanya jahitan luka operasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Hindari mengangkat beban yang berat

Biasanya, setelah pasien menjalani operasi, hal yang harus dihindari adalah mengangkat benda dengan beban berat. Untuk tahu sampai kapan dan seberapa berat maksimal yang diperbolehkan untuk diangkat, dokter biasanya juga telah menyampaikan infomasi ini. Jika belum, silahkan dikonsultasikan dengan benar dan jelas.

Secara umum, agar aman dan luka segera sembuh lebih baik pasien tidak mengangkat benda yang memiliki berat lebih dari dua kilogram selama dua minggu setelah operasi.

Kurangi paparan sinar matahari

Jika luka jahitan terlalu sering terpapar sinar matahari, bisa saja luka itu jadi terbakar matahari dan terasa semakin perih.

Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan infeksi

Banyak cara yang bisa pasien lakukan untuk hal ini, seperti tidak melakukan aktivitas yang mengharuskan pasien bersentuhan dengan sesuatu yang kotor, menyapu, berkebun dan aktivitas lainnya.

Nah, itulah beberapa cara yang tepat untuk merawat luka setelah operasi. Semoga luka yang Anda derita segera sembuh dan dapat berkativitas seperti sedia kala.

Salam sehat dan bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Lakukan Cara Ini untuk Merawat Luka Pasca Operasi"

  1. Wah bener banget nih tipsnya. Apalagi menjaga pola makan itu sangat penting

    BalasHapus
  2. Hmm kalau selesai operasi memang jangan mengangkat beban yang berat, takut nanti terkena operasinya

    BalasHapus
  3. Wah bermnafaat sekali nih artikelnya. Terima kasih kak

    BalasHapus
  4. Memperbanyak konsumsi vitamin E juga sangat baik untuk tubuh ya

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak juga ya cara yang bisa dilakukan untuk merawat luka setelah operasi

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.