Sembuhkan Luka Bakar Secara Alami? Ini Bahannya

Pernahkan Anda mengalami luka bakar karena aktivitas sehari-hari? Terkena minyak panas saat memasak, tersengat aliran listrik, terkena knalpot motor atau terpapar sinar matahari langsung?


Jika Anda pernah mengalami salah satu dari beberapa hal di atas, tentu Anda akan mengalami kerusakan kulit dan menyebabkan luka. Pada beberapa kasus tertentu, luka bakar yang tergolong ringan biasanya bisa diobati sendiri di rumah.

Mengobati luka bakar bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan secara langsung, termasuk saat Anda terkena minyak panas. Anda bisa menggunakan obat luka bakar kena minyak panas untuk mengatasi luka bakar.

Namun selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu mengatasi luka bakar secara perlahan.

Nah, apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Inilah beberapa diantaranya.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat di dalamnya. Karena tinggi karbohidrat, kentang menjadi salah satu makanan pengganti nasi yang banyak dipilih oleh orang-orang yang menghindari nasi. Tapi, tak hanya itu, kentang juga dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar.


Kemampuan kentang untuk mengatasi luka bakar tak lepas dari kemampuan kentang untuk meredakan iritasi di area sekitar luka bakar. Anda bisa memanfaatkan kentang untuk mengatasi luka bakar dengan menggosokkannya ke area kulit yang mengalami luka bakar.

Ambil satu buah kentang yang masih mentah kemudian belah menjadi dua bagian. Gosokkan daging kentang tersebut ke area yang mengalami luka bakar. Lakukan proses ini selama beberapa saat dan luka bakar pun secara perlahan akan mengering secara alami.

Jangan Tutup Luka

Luka bakar seringkali membuat banyak orang khawatir dan merasa tidak tenang saat beraktivitas. Sebab, adanya luka bakar di kulit membuat kita perlu berhati-hati dalam memilih pakaian agar tidak menimbulkan gesekan yang berlebih pada kulit yang mengalami luka bakar. Sebagai solusi, tak jarang kita akan mencoba untuk menutupi kulit yang mengalami luka bakar agar lebih leluasa dalam beraktivitas.

Menutup luka mungkin bisa membuat kita lebih leluasa dalam bergerak serta bisa mencegah luka terpapar oleh debu. Namun, menutup luka juga dapat menghambat proses penyembuhan luka bakar. Sebab, ketika luka ditutupi, hal tersebut akan membuat kulit kesulitan untuk bernafas sebagaimana mestinya. Ketika kulit tidak diberikan waktu untuk bernafas, maka secara tidak langsung hal tersebut juga akan menghambat proses pengeringan kulit dan membuat penyembuhan berlangsung lebih lama.

Jadi, tidak ada salahnya untuk membiarkan kulit bernafas sementara waktu dan menutupinya saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

Selain dua bahan alami diatas, cara agar luka cepat kering juga bisa digunakan dengan menggunakan obat medis. Anda bisa mendapatkan berbagai obat medis dengan mudah melalui Go Apotik. Di Go Apotik, tidak hanya obat untuk luka bakar, Anda juga bisa mendapatkan berbagai obat lainnya dengan mudah. Kunjungi sekarang juga untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan

Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

9 Komentar untuk Tulisan
"Sembuhkan Luka Bakar Secara Alami? Ini Bahannya"

  1. Wah ternyata kentang ini memang mempunyai banyak manfaat nih ya kak

    BalasHapus
  2. Ternyata ada ya bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar

    BalasHapus
  3. Sekarang kalau misalnya saja kulitnya terkena luka bakar nggak perlu khawatir lagi ya

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget nih kak informasinya tentang bahan alami yang bisa menyembuhkan luka bakar

    BalasHapus
  5. Memang kalau terkena luka itu sebisa mungkin jangan ditutup ya kak

    BalasHapus
  6. Baru tau kalo kentang bermanfaat bgt. Sy pernah kena luka bakar akibat knalpot motor. Seketika sy olesi pake oli motor. Supaya cepat dingin. Tdk ada panduan medis ttg hal itu. Tapi berhasil. Hehe.

    BalasHapus
  7. bisa ya kentang dipake untuk itu. baru tau juga nih

    BalasHapus
  8. saya baru tau kalau kentang bisa buat luka bakar mas, kalau saya sendiri gitu kena panas atau api, tindakan pertama yang saya lakukan meletakkan bagian tubuh di air mengalir mas selama 5 menit, cara ini ampuh supaya ga melempuh

    BalasHapus
  9. untuk kasus luka karena kecelakaan motor kentang ini bisa digunkan nngak ya pak? luka saya tak kunjung sembuh soalnya

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.