Manfaat Sabun Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tumbuhan lidah buaya atau dikenal dengan nama ilmiah aloe vera merupakan salah satu tumbuhan dari genus aloe. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan seperti kandungan vitamin, mineral, asam amino, enzim dan polisakarida yang diperlukan oleh tubuh.

sabun aloe vera

Bagian lidah buaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan adalah gel dan daging buahnya. Meskipun orang-orang pada umumnya menggunakan gel lidah buaya sebagai masker untuk kecantikan, namun bisa juga dibuat sebagai bahan utama sabun, semisal sabun aloe vera.

Saat ini, banyak sekali telah beredar di pasaran sabun berbahan dasar aloe vera. Sabun ini memiliki banyak manfaat yang didapatkan oleh penggunanya.

Manfaat Sabun Aloe Vera

Salah satu pelopor produk sabun aloe vera adalah Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel. Produk ini memiliki kandungan 92% lidah buaya. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat sabun aloe vera yang terkandung dalam sabun.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat sabun aloe vera yang pertama yaitu dapat mengatasi jerawat. Tumbuhan Lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan pada jerawat dan juga sifat anti bakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

2. Membantu mengurangi flek hitam

Manfaat sabun aloe vera selanjutnya adalah membantu mengurangi flek hitam. Setelah mengurangi produksi jerawat, biasanya jerawat meninggalkan bekas berupa flek hitam di wajah.
Baca Juga : Ini Dia Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Wajah Kering. Dijamin Ampuh!
Bukan hanya itu, faktor lain yang menyebabkan munculnya flek hitam seperti paparan sinar UV, polusi, hingga faktor internal dari tubuh. Nah, untuk menghilankannya dapat menggunakan sabun aloe vera secara teratur.

3. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat tumbuhan lidah buaya lainnya adalah dapat melembapkan kulit. Sebagaimana halnya dengan lidah buaya asli, sabun aloe vera juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya.

4. Menebalkan alis

Selain untuk merawat rambut di kepala, aloe vera juga dapat diaplikasikan di alis. Lidah buaya dipercaya dapat menebalkan dan mempercantik alis. Jadi mengaplikasikannya cukup dengan mencuci wajah, karena pasti akan membasahi alis. Cara ini otomatis akan membuat alis subur dan terlihat tebal.

5. Menebalkan bulu mata

Selain menebalkan alis, sabun yang mengandung aloe vera juga memiliki manfaat dalam menebalkan dan memperkuat bulu mata.

Cara menggunakannya sama seperti pada saat mencuci wajah, di mana sabun tersebut pasti akan mengenai alis. Akan tetapi pastikan behati-hati dalam menggunakannya agar tidak terkena mata.

6. Perawatan setelah cukur

Manfaat lainnya dari sabun aloe vera yaitu untuk perawatan kulit setelah mencukur, baik untuk kumis atau lainnya. Biasanya, setelah proses mencukur kulit menjadi kering.

Oleh karenanya, sabun aloe vera tersebut bisa digunakan dalam perawatan setelah mencukur rambut agar kulit tidak terasa terlalu kering.

7. Perawatan rambut rusak

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, sabun aloe vera juga bermanfaat untuk rambut. Masalah rambut yang seringkali menimpa, seperti rambut kasar, kering dan bercabang dapat diatasi dengan produk berbahan dasar lidah buaya.
Baca Juga : Tidak Percaya Diri Karena Rambut Rusak? Coba Rawat dengan 3Cara Sederhana Ini
Produk ini bisa dijadikan seperti shampoo yang digosokkan pada rambut dalam waktu beberapa minggu agar rambut menjadi lebih halus serta terlihat lebih tebal.

Nah, itulah beberapa manfaat sabun berbahan dasar aloe vera atau lidah buaya. Namun sebelum menggunakan sabun aloe vera, sebaiknya pastikan terlebih dahulu sabun yang digunakan adalah produk asli. Sebab, saat ini sudah banyak produk tiruan yang beredar dipasaran.

Semoga bermanfaat dan salam sehat..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Manfaat Sabun Aloe Vera untuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. Wah ternyata sabun Aloe Vera juga bisa untuk menebalkan bulu mata ya

    BalasHapus
  2. Wah banyak banget ya manfaat yang bisa didapatkan dari sabun Aloe Vera ini

    BalasHapus
  3. Aloe Vera ini memang banyak manfaatnya ya. Apalagi kalau dibuat sabun

    BalasHapus
  4. Keren banget nih manfaat dari sabun Aloe Vera ini. Nggak nyangka manfaatnya sebanyak ini

    BalasHapus
  5. Wah selain untuk rambut ternyata juga ada manfaat untuk bagian tubuh yang lain ya

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.