Tidak Percaya Diri Karena Rambut Rusak? Coba Rawat dengan 3 Cara Sederhana Ini

Tampil dengan rambut rusak tentu merupakan hal yang tidak mengenakkan, tidak percaya diri bahkan bisa membuat seseorang frustasi. Rambut dibilang rusak jika memiliki tanda-tanda seperti, ditata dengan gaya tertentu berjam-jam namun tidak bertahan lama, lepek, batang rambut terasa kering dan kasar atau mudah patah.


Jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda tersebut, Anda juga harus mengetahui sebabnya. Biasanya, rambut rusak karena dua hal, faktor lingkungan dan cara perawatan yang salah seperti penggunaan alat styling rambut panas atau ada cara merawat rambut lainnya yang salah.

Rambut yang rusak karena dua faktor ini bisa dirawat untuk bisa kembali seperti semula dengan melakukan beberapa perawatan rambut sederhana berikut ini.

Jaga dan Lindugi Rambut dari Hal-hal yang Bisa Merusakya

Yang paling familiar, rambut rusak itu karena dipengaruhi oleh beberapa hal yang dapat merusakya, terutama faktor alam seperti, terpapar matahari, kondisi cuaca, angin dan debu. Beberapa faktor alam ini, jika dibiarkan dalam waktu lama, rambut akan kering dan rapuh.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan melindungi rmabut dari faktor alam tersebut adalah dengan menggunakan kondisioner. Pilih kondisioner yang mengandung nutrisi intensif, seperti TRESemmé Total Salon  Repair conditioner.

Kandungan Nourishing Power Ionic Complex dalam kondisioner ini akan membantu menutrisi setiap helai rambut Anda agar lebih lembut, lebih kuat dan terlihat sehat, terlindung dari faktor alam dan lingkungan yang merusak. Oh iya, gunakan kondisioner seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ya!

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling Rambut yang Panas 

Alat-alat styling rambut, seperti hairdryer, catokan dan curling iron merupakan alat yang harus ada untuk merawat rambut. Namun, yang perlu Anda tahu, suhu panas yang dimiliki oleh alat-alat ini bisa mencapai 230°C, lho!

Dengan suhu panas yang cukup tinggi itu, Anda bisa membayangkan, panas yang harus dihadapi rambut saat Anda menggunakannya. Maka tidak jarang, alat-alat ini kerap menyebabkan rambut terlihat kering dan rusak.

Sebaiknya, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut. Kalaupun terpaksa, Anda dapat memakai perlindungan rambut seperti heat protection spray.

Cara ini bisa diaplikasikan pada rambut basah sebelum memakai pengering rambut, dan lakukan lagi pada rambut kering sebelum ditata menggunakan alat styling rambut yang panas.

Selain itu, spray juga akan menciptakan penghalang yang akan melindungi rambut dari bahaya suhu panas, sekaligus membuat rambut terlihat halus dan berkilau.

Mengatur Waktu dan Frekuensi Keramas 

Agar rambut bersih dan tidak gatal, kita memang perlu rajin keramas. Selain itu, setelah keramas rambut pasti akan terasa sangat segar. Namun ternyata, keramas terlalu sering itu bisa menjadikan rambut kering, rapuh dan dapat menguras kelembapan helai rambut Anda, lho! Untuk itu, Anda dapat mengatur waktu dan frekuensi keramas.

Frekuensi keramas tidak perlu terlalu sering agar minyak alami rambut tetap terjaga. Memang tidak ada acuan baku dalam hal frekuensi keramas, semua tergantung kepada tekstur rambut dan produksi minyak alami.

Saat Anda sering keramas, tentu rambut akan sering basah dan rambut yang basah biasanya sangat rentan rusak dan patah. Sehingga semakin sering Anda keramas, semakin rentan kerusakan rambut yang Anda miliki.

Nah, itulah 3 cara sederhana merawat rambut rusak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, rambut rusak itu terjadi karena dua hal, faktor lingkungan dan cara perawatan.

Jadi, ketahuilah semuanya sejak saat ini, kemudian lakukan perawatan dengan benar dan dapatkan rambut indah Anda kembali.

Selamat beraktivitas dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

10 Komentar untuk Tulisan
"Tidak Percaya Diri Karena Rambut Rusak? Coba Rawat dengan 3 Cara Sederhana Ini"

  1. Paling enak itu rambut cepak atau gundul,gak perlu repot merawatnya, kayak teman saya yang rambutnya gundul 😂😂. Rambut saya ini susah diatur,kaku, tebel, cepat banget panjang dan acak-acakan. Mungkin karena sering keramas 2 hari sekali. Kalo masnya keramas berapa hari sekali?? Nice info

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh ya kak. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  3. Ternyata keramas terlalu sering itu juga nggak baik untuk rambut ya

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget nih mas informasinya. Terima kasih ya

    BalasHapus
  5. Kalau saya sendiri sih nggak pernah pakai kondisioner gitu hehe

    BalasHapus
  6. Bener banget tuh memang bikin nggak percaya diri kalau rambutnya rusak

    BalasHapus
  7. ini cocok banget untuk artis maklum rambut mereka sering di utak atik

    BalasHapus
  8. Cocok banget cara-cara ini. Kalau diikuti, rambut pasti jadi indah.

    BalasHapus
  9. Dulu masih jadi pegawai bank, aku sering bgt styling pke catokan, karena rambutku gak terlalu lurus shg klo di catok plus tambah wax jadinya kece badaiiii. Alhasil rambut makin kering dan bercabang hiks. Btw mksh tipsnya kak hehe

    BalasHapus
  10. Kalau saya sedang rambut atau kulit kepala gatal, inginnya keramas terus. Ternyata tidak bagus ya

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.