Tips dan Cerita dari Ela, Siswi SMK yang Lulus UN dengan Hasil Maksimal

Halo perkenalkan namaku Laila, biasa dipanggil Ela. Aku adalah siswi kelas XII SMK Swasta di Bondowoso. Alhamdulilah, saat ini aku telah menyelesaikan ujian di sekolah. Dan yang membuatku bangga adalah ternyata pada kelulusan kemarin aku mendapatkan nilai yang sangat maksimal.

Atas apa yang aku dapatkan ini, memang butuh perjuangan untuk mencapainya. Perlu ada komitmen dan usaha yang cukup besar. Nah, sekarang aku ingin membagikan beberapa tips sukses Ujian Nasional untuk teman-teman yang tahun depan akan melewati UNBK.

Memang, bagi kebanyakan siswa seperti kita, Ujian Nasional adalah hal yang menakutkan dan membuat tegang. Pelaksanaan ujian yang ketat, serta banyaknya materi yang harus dipahami membuat kita menjadi merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri.


Mendapat nilai jelek saat UN dan ketakutan tidak bisa mengerjakan soal saat ujian adalah hal yang biasa dialami, bukan? Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena hal tersebut bisa kita antisipasi dengan beberapa tips berikut ini.

1. Buat Jadwal Belajar

Salah satu tips sukses Ujian Nasional menurut pengalamanku adalah dengan membuat jadwal belajar. Sebab, dengan adanya jadwal belajar, kita bisa mengalokasikan waktu untuk mempelajari materi yang ada secara terstruktur. Sehingga kita tidak membuang-buang waktu dengan percuma.

2. Belajar sedikit tapi rutin

Soal-soal UN adalah kumpulan materi dari kita kelas X sampai kelas XII. Kebayang kan banyaknya materi yang harus kita pahami? Apalagi, banyak yang lupa pelajaran-pelajaran kelas X atau kelas XI, sehingga kita harus mengulangi membaca dan memahami materi-materi tersebut .

Nah, untuk hal ini kalian tidak perlu bingung. Kalian bisa mengulang-ulang membaca dan belajar sedikit demi sedikit tapi harus rutin. Misalnya, kita mulai membaca kembali materi tersebut mulai dari kenaikan kelas XII. Dan hal itu yang aku lakukan dulu.

Setiap harinya aku meluangkan waktu sekitar tiga puluh menit sampai satu jam untuk mempelajari pelajaran kelas X atau kelas XI yang aku lupa.

3. Banyak berlatih soal-soal UN

Untuk menghadapi ujian nasional, sebenarnya kita tidak perlu banyak membaca materi dari buku pelajaran. Akan tetapi, perbanyaklah latihan soal dari berbagai sumber seperti buku latihan, atau soal-soal ujian nasional di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, sekitar 40% soal yang diujikan di ujian nasional merupakan modifikasi dari soal di tahun-tahun sebelumnya.

4. Mengambil bimbel atau les

Tips sukses menghadapi Ujian Nasional lainnya adalah dengan mengambil bimbel atau les. Aku pribadi, lebih memilih mengambil bimbel online di RuangGuru.


Sebab, menurutku, bimbel di RuangGuru memiliki kelebihan dibanding bimbel di tempat lain. Salah satunya adalah karena waktu yang fleksibel serta kita tidak perlu repot untuk datang ke tempatnya.


5. Berdoa

Tips sukses untuk menghadapi Ujian Nasional terakhir adalah dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdo’a disini bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk teman-temanmu yang lain, karena dengan begitu insyaallah kamu akan dipermudah dalam menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah, itulah beberapa tips sukses mengikuti ujian nasional dengan hasil maksimal dari aku.
Selamat belajar ya, teman-teman. Semoga sukses untuk ujian nasional tahun depan..

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Tips dan Cerita dari Ela, Siswi SMK yang Lulus UN dengan Hasil Maksimal"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.