Marhaban ya, Ramadan. 5 Kegiatan ini Hanya Ada Saat Bulan Puasa

Marhaban ya, ramadan. Selamat datang bulan penuh berkah. Selamat berpuasa dan melaksanakan ibadah lainnya bagi seluruh umat Islam. Semoga kita bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah pada bulan ini dan bisa mendapatkan syafaat dari rasulullah, amin..


Selain sebagai bulan yang agung, bulan yang penuh berkah dengan berbagai keutamaan ibadah di dalamnya, ramadan juga menjadi bulan yang paling ditunggu oleh banyak orang.

Ya, ramadan menjadi bulan yang memiliki banyak kegiatan atau tradisi yang selalu dinanti kehadirannya. Kegiatan-kegiatan ini juga hanya ada selama bulan ramadan saja, sehingga layak untuk selalu dinanti dan diikuti. Apa saja kegiatannya? Berikut ulasannya.

1. Ngabuburit

Kegiatan pertama yang selalu dinanti dan banyak yang mengikuti adalah ngabuburit. Ngabuburit merupakan kegiatan masyarakat yang sedang berjalan-jalan untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa dengan beragam aktivitas, seperti berburu makanan untuk buka puasa, mencari kebutuhan perlengkapan hari raya, berbagi takjil kepada pengguna jalan dan kegiatan bermanfaat lainnya.
Baca Juga : Ngabuburit saat Masih Muda vs Ngabuburit saat Berstatus Orang Tua
Ngabuburit ini diambil dari istilah dalam bahasa Sunda “burit” yang berarti sore menjelang malam.

2. Pembagian Takjil

Kegiatan membagikan takjil selalu kita temui pada saat bulan ramadan dengan kegiatan tunggal, membagikan takjil gratis atau makanan di pinggir jalan atau di masjid.


Takjil biasanya diberikan kepada pengguna jalan atau umat Islam yang sedang beribadah di masjid untuk membatalkan puasanya saat waktu berbuka telah tiba.

Baca Juga : Resep Takjil Murah Meriah : Es Blewah Selasih Markisa dan Cincau Hijau
Kegiatan pebagian takjil biasanya dilakukan oleh personal, yayasan atau organisasi tertentu. Kegiatan ini menjadi realisasi perintah agama Islam untuk memperbanyak sedekah saat bulan ramadan dengan pahala yang akan didapatkan berlipat melebihi pahala pada bulan lain.

3. Patroli Sahur

Patroli sahur merupakan kegiatan yang dilakukan beberapa anak remaja untuk membangunkan warga saat waktu sahur telah tiba. Kegiatan ini ada hampir di seluruh daerah dan menjadi tradisi yang hanya ada pada bulan puasa.

Kegiatan patroli sahur dilakukan dengan menabuh kentongan, bedug, gendang dan alat musik lainnya atau alat seadanya berkeliling kampung, komplek dan perumahan sambil berteriak “sahur..sahur..”

4. Bukber

Bukber atau buka puasa bersama menjadi kegiatan yang hampir selalu ada dalam bulan ramadan.

Momen buka puasa bersama menjadi kegiatan yang selalu dinanti untuk bersilaturrahim dengan keluarga, sahabat, teman semasa sekolah, kuliah atau teman kantor.

Kegiatan buka puasa bersama tak jarang juga menjadi sarana untuk melakukan reuni dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu.

5. Mudik

Kegiatan terakhir yang hanya ada pada bulan ramadan adalah mudik. Ya, mudik mejadi tradisi yang paling erat dengan bulan puasa.



Sebuah kiriman dibagikan oleh Abdur Rosyid (@rosyidkopputih) pada

Mudik merupakan tradisi pulang kampung yang wajib dilakukan oleh sebagian besar perantauan. Biasanya waktu pelaksanaannya pada saat berakhirnya bulan ramadan, bahkan dimulai dari sepuluh hari terakhir.
Baca Juga : 7 Tradisi saat Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia
Mudik menjadi waktu yang tepat untuk mengikuti hari raya idul fitri di kampung halaman dengan berkumpul bersama seluruh anggota keluarga tercinta.

Nah, itulah 5 kegiatan yang hanya ada dalam bulan ramadan. Semoga bermanfaat, ya..
Selamat beribadah dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

3 Komentar untuk Tulisan
"Marhaban ya, Ramadan. 5 Kegiatan ini Hanya Ada Saat Bulan Puasa"

  1. Sholat Tarawih mas, pastinya masjid jadi tambah ramai. Suasanya memang beda banget dengan hari-hari biasa. Kalo sore ramai orang cari menu buka puasa. Selepas sahur ramai orang jalan ke masjid untuk sholat Subuh. Coba kalo hari biasa, mana ada... Inilah berkahnya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa buat masnya dan keluarga. Semoga Allah menerima setiap amal ibadah kita dan mengampuni segala dosa saat Idul Fitri tiba... Aamiin

    BalasHapus
  2. betul juga, yg sering nagbuburit biasa jam ngabuburit bikin macet

    BalasHapus
  3. Ajakan bukber inj banyak banget yg masuk mas, mulai dari kawan sd, smp, sma, kuliah, kantor, kawan ngaji, dan lain2 mas, hahaha kalau udah gini harus pintar ngatur uang supaya ga bocor keuangan gegara buka

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.