8 Tips Membeli Mobil Baru Bagi Pemula

Memiliki mobil, tentu merupakan impian dan hal yang sangat menyenangkan bagi hampir setiap orang. Selain sebagai sarana transportasi yang paling mudah, mobil juga menjadi aset berharga yang sewaktu-waktu (jika dibutuhkan) bisa dijual kembali.


Nah, jika saat ini Anda memiliki rencana untuk membeli mobil, sementara Anda tidak pernah melakukan sebelumnya, ini adalah tulisan yang tepat, tips membeli mobil bagi pemula.

1. Sesuaikan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan serta budget dalam membeli mobil merupakan hal yang sangat penting dilakaukan. Hal ini agar Anda mendapatkan mobil yang tepat.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat catatan mengenai merek, tipe, jenis, mesin, ukuran, fitur, layanan purna jual, dan harga beberapa mobil. Agar lebih bermanfaat sebagai bahan pertimbangan, sertakan juga gambar mobil bagian luar dan dalam.

2. Teliti Sebelum Membeli

Banyak orang yang akhirnya kecewa dengan mobil yang dimiliki karena kurang teliti saat membelinya. Faktor kesalahan ini beragam, namun biasanya karena pembeli tidak teliti dalam mengecek seluruh spesifikasinya.
Baca Juga : Velg Mobil Mudah Berkarat? Ini Tips Mengatasinya!
Tidak jarang, pembeli pemula hanya mengecek body dan mesin mobil yang akan dibelinya, atau bahkan ia hanya tergiur dengan harganya yang murah.

Padahal, sering kita dengar "uang tidak bisa bohong", hal ini juga berlaku pada kualitas sebuah mobil. Harga menjadi salah satu indikator kualitas yang cukup kuat.


Beberapa hal yang harus diperhatikan dan harus teliti dalam membeli mobil adalah jenis (city car, SUV, family car, dan lain-lain), spesifikasi, kualitas, buatan tahun berapa dan beberapa hal penting lainnya.

3. Lakukan Test Drive

Test drive adalah cara yang tepat dan perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

Test drive ini sangat penting karena Anda bisa merasakan langsung bagaimana berkendara dengan mobil idaman, kemudian bagaimana kesesuaiannya dengan harapan Anda.

Jadi, jangan malu untuk meminta uji kendaraan atau test drive saat ingin membeli mobil.

4. Pastikan Terdapat Fitur Keamanan, Kenyamanan dan Keselamatan

Tiga hal ini harus selalu diperhatikan sebelum Anda membeli mobil. Ya, mobil tidak hanya sebatas untuk melindungi diri dari hujan dan terik matahari saja. Namun, mobil yang harus Anda pilih adalah mobil yang memiliki tiga fitur ini, keamanan kenyamanan dan keselamatan.

Tiga fitur ini, biasanya ada dalam mobil dengan fitur sebagai berikut:

  • Fitur Dual SRS Airbags (dua Supplementary Restraint System Airbag dan Driver’s Knee Airbag)
  • Kelengkapan seat belt
  • Fitur auto-lock sehingga anak tidak bisa membuka pintu atau jendela sembarangan
  • Fitur rem (Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD))

Dengan adanya fitur keamanan, kenyamanan dan keselamatan yang lengkap dan terjamin, Anda bisa berkendara dengan keluarga tanpa rasa resah dan takut.

5. Pilih yang Irit Bahan Bakar

Irit bahan bakar merupakan hal penting yang harus ada pada mobil idaman. Ya, bahan bakar menjadi salah satu beban utama dalam memiliki kendaraan. Ditambah lagi, biaya bahan bakar semakin lama semakin naik, ditambah dengan macetnya jalan akhir-akhir ini, tentunya penggunaan bahan bakar pun semakin boros.

Dari keadaan ini, maka tentu dalam membeli mobil, Anda harus memilih mobil yang irit bahan bakar. Jangan lupa untuk mengecek konsumsi bahan bakar sebuah mobil sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

6. Cari yang Mudah Ditemui Bengkel Resmi dan Suku Cadangnya

Satu hal yang harus Anda tahu tentang mobil yaitu, pada mobil tertentu, mungkin karena peminatnya sedikit, bengkel resminya juga sedikit.

Nah, jika memilih mobil, pertimbangkan juga kemudahan menjangkau bengkel resminya. Dengan demikian, saat mobil sedang rusak, atau saat tiba waktunya service Anda tidak akan kesulitan untuk mencari bengkel resminya.

Selain bengkel resmi, suku cadang (spare part) juga menjadi perangkat yang harus mudah Anda temui. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi kerusakan dan harus mengganti spare part mobil yang Anda miliki.

7. Pilih yang Purna Jualnya Stabil

Kendaraan, terutama mobil biasanya berbeda dengan rumah, dimana masa pakainya tidak terlalu lama. Kendaraan pada umumnya digunakan selama 5 hingga 10 tahun. Namun tidak jarang beberapa orang mengganti mobilnya hanya dalam jangka waktu 2-3 tahun saja.


Mobil juga bisa mengalami penurunan harga hingga 50% saat statusnya adalah mobil bekas. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mencari mobil umum dengan harga purna jual cukup stabil. Hal ini Agar Anda tidak terlalu banyak mengalami kerugian

8. Pilih Jenis Pembayaran yang Tepat 

Jika semua tips di atas telah Anda lakukan dan Anda telah menemukan mobil yang tepat, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis pembayaran. Biasanya, dealer akan menawarkan beberapa jenis pembayaran, salah satunya kredit.
Baca Juga : Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Ini Cara Melunasinya dengan Mudah
Saat membeli mobil dengan jenis pembayaran kredit, sebelumnya Anda bisa mengukur kemampuan keuangan menggunakan simulasi kredit mobil yang dsediakan oleh dealer tempat Anda akan membeli mobil atau dengan mencarinya di internet.

Jangan memaksakan diri jika memang keuangan Anda belum cukup, dan kredit memang boleh digunakan jika dibutuhkan. Dengan demikian kehidupan sehari-hari tidak jadi terbebani dan bisa dijalankan dengan normal.

Nah, itulah 8 tips membeli mobil baru bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Salam bahagia dan selamat berburu mobil idaman..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"8 Tips Membeli Mobil Baru Bagi Pemula"

  1. sangat lengkap pembahasannya... semoga bisa beli mobil sendiri, hehe..

    BalasHapus
  2. Sebelum membeli mobil, sudah pasti akan ada banyak pertimbangan, jadi harus lebih teliti dan jeli, biar gak nyesel di kemudian hari... 8 tipsnya keren euy

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.