Minuman Manis Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah?

Minuman manis ternyata bisa memperparah radang tenggorokan yang Anda derita

Radang tenggorokan menjadi penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya. Tenggorokan terasa sangat tidak nyaman, sulit menelan hingga untuk tidur saja sangat susah.


Saat radang tenggorokan menyerang, menelan makanan pasti akan terasa tidak enak dan menyakitkan. Beberapa jenis minuman sebaiknya dihindari karena dapat memperparah kondisi Anda. Salah satunya adalah minuman manis.

Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada tenggorokan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Infeksi virus merupakan penyebab yang paling umum dari radang tenggorokan, yakni selesma, influenza, dan mononukleosis.

Cukup jarang radang tenggorokan dipicu oleh infeksi bakteri. Salah satu bakteri penyebab radang tenggorokan adalah Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A.

Minuman manis dan radang tenggorokan

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, mengonsumsi minuman manis saat sedang radang tenggorokan adalah hal yang sebaiknya dihindari.

“Radang tenggorokan itu sebenarnya tenggorokan sedang mengalami iritasi atau peradangan. Nah, minuman manis bisa bikin kondisi tenggorokan yang sedang iritasi semakin sensitif,” ujar dr. Devia.

Saat tenggorokan sedang meradang, minum banyak air putih merupakan solusi terbaik daripada mengonsumsi minuman manis. Anda bisa minum minimal 2 liter per hari atau 8 gelas untuk menghindari dehidrasi. Sebab dehidrasi akan membuat tenggorokan kering dan memperberat kondisi radang tenggorokan Anda.

Perhatikan jenis makanan saat radang tenggorokan

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi air jahe hangat, kencur, dan berkumur air garam untuk meredakan radang tenggorokan. Selain minuman, perhatikan juga makanan yang hendak dikonsumsi.
Masih menurut dr. Devia Irine Putri, beberapa jenis makanan juga dapat memperparah kondisi iritasi tenggorokan.

Makanan-makanan tersebut adalah roti kering, makanan ringan seperti keripik kentang dan popcorn, sayuran mentah, serta buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.
Jadi saat sedang mengalami radang tenggorokan, hindari minuman manis untuk sementara waktu. Selanjutnya, istirahat yang cukup untuk mengembalikan daya tahan tubuh Anda. Jika radang tenggorokan dirasa makin parah, segera periksa ke dokter.

Semoga bermanfaat dan salam sehat..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Minuman Manis Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah?"

  1. Gw kalo lagi radang seringnya makan banyak buah sama minum air putih banyak-banyak. Soalnya seger aja jadinya. Apalagi pas lagi panas-panasnya tenggorokan.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.