Ini Dia Cara Memilih Agen Travel Umroh dan Persiapan Lainnya

Akhir-akhir ini animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh sangat tinggi. Fakta ini kemudian menjadi dasar penyedia jasa perjalanan umroh atau agen travel umroh untuk memberikan layanan yang terjangkau dengan pelayanan terbaik. Banyak sekali paket yang ditawarkan, bahkan hampir setiap bulan akan berubah, seperti Umroh Oktober.


Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya kompetitor, sering kali kita mendengar bahwa banyak jamaah umroh yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh agen travel.

Maka penting bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah umroh untuk selektif dalam memilih agen travel umroh. Ya, langkah ini menjadi pintu utama dalam sukses, lancar, nyaman dan semoga juga mabrur-nya ibadah umroh yang Anda tunaikan.

Lalu, bagaimana caranya memilih agen travel umroh? Berikut penjelasannya.

1. Pilih Agen Travel Resmi dan terdaftar di Kemenag

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih dan memastikan agen travel yang akan digunakan memiliki izin resmi dan terdaftar di Kemenag (Kementerian Agama).

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) atau agen travel umroh harusnya telah terdaftar dan memiliki izin resmi dari Kemenag. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan hal ini, yaitu;

  • Bertanya langsung ke kantor Kemenag tempat Anda tinggal. Biasanya di kantor Kemenag ada bagian khusus yang menangani seputar PPIU.
  • Cek di situs Kemenag, http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu. Anda dapat mengecek dengan mudah di halaman situs tersebut. Jangan lupa, pastikan bahwa agen travel pilihan Anda sudah memiliki izin resmi.

2. Jadwal Keberangkatan Telah Ditentukan

Harunya, masing-masing agen travel umroh telah memiliki kuota jamaah setiap kali tanggal pemberangkatan. Bermodal kuota ini kemudian agen travel umroh berani untuk membeli atau memesan seat pesawat pulang dan pergi.
Baca Juga : Oscas Indonesia, Pabrik Tas Umroh Haji di Bandung
Sampai disini, harusnya agen travel umroh sudah memiliki detail keberangkatan umroh, mulai dari nama maskapai, tanggal, jam, asal bandara dan tujuannya.

Maka waspadalah jika Anda haya diberikan bulan dan perkiraan maskapai yang akan digunakan dalam pemberangkatan. Karena aneh, jika agen travel mengeluarkan paket umroh namun tidak berani memberikan jadwal keberangkatan yang pasti.

3. Harga Paket Umroh Terjangkau dan Masuk Akal

Banyaknya msayarakat yang memilih ibadah umroh dibandingkan haji tidak lain dan tidak bukan karena untuk menunaikan ibadah haji ia harus menungu giliran cukup lama.


Fakta ini juga menjadi alasan agen travel umroh mengeluarkan bermacam paket umroh dengan harga yang bervariasi. Disini Anda harus benar-benar selektif, jangan asal memilih paket umroh dengan harga yang jauh lebih murah. Pastikan Anda tahu berapa harga paket umroh yang telah ditentukan Kemenag, selanjutnya Anda tinggal membandingkan dan menghitung.

Pastikan Anda memilih paket umroh dengan harga yang terjangkau dan masuk akal. Karena dengan harga murah, terkadang Anda mendapatkan pelayanan yang jauh dari ekspektasi.

Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk berhati-hati dalam memilih paket umroh dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang paket umroh yang Anda ambil.

4. Siapkan Paspor dan Visa Umroh

Langkah selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah dua dokumen penting, paspor dan visa umroh. Pastikan kedua dokumen ini telah siap jauh hari sebelum keberangkatan, karena keduanya merupakan syarat wajib saat Anda tinggal di Mekah dan Madinah.


Paspor dan visa saling berkaitan. Cara pembuatannya dimulai dari paspor terlebih dulu, selajutnya dilengkapi dengan beberapa berkas lainnya Anda dapat membuat visa umroh.

5. Pastikan Nama dan Lokasi Hotel

Terakhir, sebagai antisipasi kenyamanan saat telah tiba di Mekah dan Madinah Anda harus memastikan nama dan lokasi hotel tempat tinggal.

Cek nama dan lokasinya dengan masjid, baik masjidil haram di Mekah dan masjid Nabawi di Madinah.
Baca Juga : Umroh Bergairah, Ibadah Tanpa Lelah
Jangan lupa juga, jika memungkinkan cek dan pastikan apakah benar hotel tersebut telah sesuai antara paket yang ditawarkan dengan rate bintang hotelnya.

Nah, itulah beberapa cara memilih agen travel umroh dan mempersiapkan beberapa kebutuhan lainnya.

Sekali lagi, selektif dalam memilih agen travel umroh merupakan kunci suksesnya keberangkatan dan kepulangan Anda dalam ibadah umroh. Pastikan juga paket umroh yang Anda pilih telah sesuai dengan kebutuhan dan pendaan, karena nantinya Anda akan ditawarkan beberapa paket umroh murah. Jadi, pastikan agen travel umroh resmi dan memiliki izin dari pemerintah (departemen Agama).

Selamat menunaikan ibadah umroh dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia Cara Memilih Agen Travel Umroh dan Persiapan Lainnya"

  1. dengan banyaknya kasus travel umroh yang gak bener, calon peserta ibadah umroh memang perlu paham apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. semuanya sudah terjadi di artikel ini. keep on the good work!

    BalasHapus
  2. Harga yang masuk akal, jangan tergiur murahnya. Bisa kecewa nantinya.
    Dan yang penting telah terdaftar di kementrian agama

    BalasHapus
  3. mantap mas hehe, cuma harus waspada meskipun sudah di endorse artis. dan jangan yg trlalu murah, survey dulu. supya aman :D ga kena tipu tipu

    BalasHapus
  4. Nice tips. Mungkin perhatikan reputasinya jg, yg termudah ya dari mulut ke mulut atau cek di internet. Lalu jg pembimbingnya baiknya dgn ustaz yg sdh berpengalaman menghadapi berbagai macam karakter para jemaahnya, jgn orang baru juga

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.