Lakukan Persiapan Ini Sebelum Mudik Menggunakan Motor

Tak terasa hari ini kita telah memasuki hari ke delapan belas dalam bulan ramadan, semua berlalu begitu cepat. Semoga ibadah kita terus meningkat semakin baik dan diterima oleh Allah SWT., amin..

Berbicara akhir bulan ramadan, biasanya akan selalu identik dengan tradisi mudik. Ya, tradisi yang hanya ada pada bulan puasa ini selalu dinanti oleh para perantau untuk bisa pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga tercinta.
Baca Juga : Marhaban ya, Ramadan. 5 Kegiatan Ini Hanya Ada Saat Bulan Puasa
Saat mudik, ada beberapa moda transportasi yang dipilih oleh para pemudik, mulai dari kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, bus dan kapal laut. Namun tidak sedikit juga yang memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Memilih motor sebagai transportasi saat mudik sekarang masih diminati oleh banyak orang. Ada dua alasan yang biasa menjadi pertimbangan, lebih hemat dan bisa cepat sampai karena bisa menghindari kemacetan.


Nah, jika Anda salah satunya, maka sebaiknya Anda harus mempersiapkan semuanya terlebih dahulu dengan baik. Beberapa persiapannya dapat Anda baca pada penjelasan berikut ini.

Fisik dan Mental Harus Fit dan Siap

Hal pertama dan paling penting untuk Anda siapkan adalah fisik dan mental harus dalam keadaan fit dan siap. Ya, Anda harus siap dengan stamina prima karena akan mengendarai motor dengan jarak jauh.

Caranya, istirahat yang cukup dan usahakan tidak melakukan aktivitas berlebih dua hari sebelum keberangkatan. Jangan begadang dan atur pola makan.

Selain persiapan sebelum keberangkatan, beberapa hal lain saat dalam perjalanan juga harus Anda perhatikan, seperti Anda harus istriahat kecil setiap 2-3 jam saat berkendara. Hal ini adalah cara sederhana agar tubuh tetap memiliki energi dan tetap fokus.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan atau minuman berlebih yang mengandung kafein, seperti pada kopi dan minuman berenergi. Hal ini wajib Anda lakukan untuk menghindari risiko gangguan pencernaan yang bisa mengganggu fokus dalam berkendara.

Periksa Kondisi Empat Bagian Penting Motor

Lakukan pemeriksaan pada roda, lampu-lampu, rem, dan mesin. Empat bagian ini merupakan poin utama yang harus dipastikan berada dalam kondisi baik sebelum berangkat. Pengecekan roda bisa dilakukan dengan memeriksa kondisi ban, jari-jari atau velg dan rantai atau belt yang menjadi penggerak roda.


Selain roda, jangan lupa untuk memeriksa keadaan lampu-lampu. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Ya, jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena ada lampu yang tidak berfungsi. Lampu menjadi komponen vital karena menjadi alat komunikasi Anda dengan pengguna jalan lainnya. Jadi, harus benar-benar berfunsi dengan baik.

Selanjutnya, pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Cek minyak rem, pastikan dalam keadaan cukup untuk perjalanan jarak jauh. Jangan lupa ketebalan dan kebersihan kampas rem juga harus Anda perhatikan.

Terakhir yang harus Anda pastikan bekerja dengan baik adalah kondisi mesin yang merupakan alat penggerak motor. Pastikan oli dalam kondisi baik dan mesin memiliki tenaga yang maksimal.
Agar tidak menghabiskan banyak bahan bakar, Anda juga dapat memastikan bahwa motor irit. Hal ini merupakan cara untuk meminimalisir biaya perjalanan mudik.

Gunakan Perlengkapan Perjalanan (Riding Gear) dengan Lengkap

Riding gear atau perlengkapan perjalan merupakan alat yang wajib Anda pakai saat perjalanan jarak jauh agar Anda merasa nyaman. Perlengkapan ini meliputi helm full face, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu, serta masker. Perlengkapan ini menjadi pelindung utama Anda dalam berkendara.

Agar perjalanan Anda lebih baik dan nyaman, jangan lupa juga untuk melengkapi perlengkapan tersebut dengan rompi, deker, pelindung dada dan jas hujan.

Selalu Utamakan Keselamatan dan Etika Berlalu Lintas

Dengan jutaan kendaraan yang melintas setiap harinya, jalur pantura terkenal sangat ganas. Pastikan bahwa Anda selalu mengutamakan keselamatan dan mengedepankan etika berlalu lintas.

Saat musim mudik, truk dengan muatan besar memang dilarang melintas, namun ada ribuan bus cepat masih akan memadati jalur utama Pulau Jawa tersebut. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat berkendara dengan fokus dan penuh etika.
Baca Juga : Karakter Pengguna Jalan yang Bikin Kesel Sampai Jantung Mau Meledak
Selain itu, Anda juga harus menjunjung tinggi rasa saling menghormati sesama pengendara jalan. Sabar, tahan emosi dan kendalikan motor dengan aman. Perhatikan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas, agar pengendara dan pengguna jalan lainnya tetap aman.

Atur Rencana Perjalanan dengan Baik

Persiapan terakhir dan jangan sampai Anda lupakan adalah mengatur rencana perjalanan mudik dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat rencana perjalanan, mengatur jadwal dan mengenali jalur yang akan dilewati.


Jika diperlukan, catat titik-titik penting atau rawan, serta nomor-nomor darurat seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lainnya.

Oh iya, jangan lupa untuk tidak membawa barang berlebihan. Jika memang diperlukan membawa sesuatu yang cukup besar, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk mengantarnya.

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan posko-posko mudik yang sudah disediakan oleh berbagai pihak. Gunakan untuk beristirahat dan mengembalikan kembali fokus atau bahkan untuk mengecek kondisi kendaraan.

Selain beberapa persiapan di atas, jangan lupa untuk selalu berdoa selama melakukan perjalanan mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor.

Semoga perjalanan mudik dengan motor Anda berjalan dengan lancar dan selamat hingga sampai ke kampung halaman.

Selamat beribur dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Lakukan Persiapan Ini Sebelum Mudik Menggunakan Motor"

  1. mudik pake motor aku sih lambaikan tangan aja deh. gak kuaattt.. hehehe..
    kecuali kalo jaraknya deket.. jakarta-bogor misalnya..

    BalasHapus
  2. wah bisa jadi panutan nich untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor menuju kampung halaman

    BalasHapus
  3. Cek kendaraan jangan sampai lupa. semisa roda ,rantai dan lampu itu sangatlah penting. Rem juga penting.
    Kalau saya mudik, biasanya bawa peta. sekarang enak, bisa google map.

    BalasHapus
  4. Mudik dengan motor memang selalu menjadi hal dinanti oleh para pemudik. Saya sering lihat pemudik yang tampak semangat pulang kampung dengan motor.

    Seperti yang disebutkan di atas tadi, kondisi pengendara harus benar2 fit agar selamat sampai tujuan. Jadi, buat para pemudik tulisan mas Rosyid ini bagua sebagai acuan.

    BalasHapus
  5. Mudik memang hal yang selalu membahagiakan bagi para pemudik. Bisa bersua dengan keluarga adalah hal yang paling di nantikan setelah setahun lamanya tidak berjumpa.

    Pemudik yang saking semangatnya bisa pulang pada keluarganya, kadang lupa akan persiapan mudik yang baik. Yang menarik menurut saya adalah bagian persiapan sepeda motor. Karena hal ini kadang terlihat siap, namun sejatinya tidak demikian.

    Seperti yang disebutkan pada bagian kedua di atas, alangkah baiknya hal tersebut dipersiapkan. Tujuannya tak lain untuk keselamatan kita.

    Jadi, pandai pandailah untuk pemudik tentang hal ini. Tips admin di atas dapat menjadi rujukan yang baik untuk diperhatikan.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.