5 Kelebihan Kontrak Rumah Bandung Buat Mahasiswa Rantau

Bandung jadi salah satu tujuan favorit para pemburu pendidikan. Setiap tahunnya, ratusan ribu calon mahasiswa datang ke Tanah Sunda ini untuk mengenyam pendidikan. Tercatat, ada ratusan perguruan tinggi di Bandung yang terdiri dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan akademi.
5 Kelebihan Kontrak Rumah Bandung Buat Mahasiswa Rantau
(foto: Pixabay)
Para mahasiswa rantau kebanyakan akan menukar kenyamanan rumah di kampung halaman dengan sepetak kamar kos. Padahal, entah sadar atau tidak, mereka akan dapat banyak kelebihan jika memilih untuk kontrak rumah Bandung saja. Kawasan-kawasan yang paling cocok untuk kontrak rumah Bandung ini tentu saja kawasan-kawasan dekat kampus, seperti kawasan Cileunyi, Tamansari, Lengkong, dan Ledeng.

Kawasan Cileunyi cocok untuk mahasiswa yang kuliah di daerah Bandung Timur hingga Jatinangor. Sedangkan kawasan Tamansari ini untuk mahasiswa yang kuliah di ITB, Unisba, Unpad, dan Unikom. Lengkong cocok untuk mahasiswa-mahasiswa ISBI, UNLA, UNPAS, hingga Telkom. Sedangkan, kawasan sejuk Ledeng untuk mahasiswa UPI, Maranatha, Parahyangan, dan lain-lain.

Nah, kembali lagi pada kelebihan kontrak rumah Bandung untuk para mahasiswa rantau, apa saja, sih, kira-kira? Mari kita telusuri satu per satu!

1. Harga Sewa Kontrakan Lebih Murah

Seperti yang 98% mahasiswa rantau bisa rasakan sendiri, masalah keuangan sering kali jadi alasan utama. Mahasiswa akan mencoba segala cara untuk mengoptimalkan setiap receh yang digunakan, alias, modal sekecil-kecilnya untuk manfaat yang sebesar-besarnya. Kecuali, Anda termasuk dalam 2% mahasiswa perantauan yang tak pernah pusing karena aliran dananya lebih lancar dari aliran darah.
Harga Sewa Kontrakan Lebih Murah
(foto: Pixabay)
Nah, dengan kontrak rumah Bandung ini, Anda bisa melakukan hal itu dan menjadi mahasiswa perantauan yang baik dan benar. Meski menyewa rumah kontrakan di Bandung terdengar seperti hal besar yang membutuhkan banyak uang, sebenarnya tidak juga, sih, asal Anda tahu bagaimana caranya.

Pertama, cari teman-teman terdekat yang mau diajak untuk kontrak rumah Bandung bersama. Pastikan Anda sudah sreg dengan orang-orang ini agar memperkecil kemungkinan selek ketika serumah nanti. Kedua, cari kontrakan yang punya banyak kamar dan bisa mengakomodasi Anda dan semua teman. Anda bisa manfaatkan situs properti seperti www.99.co/id untuk mencarinya.

Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan, coba sekarang Anda hitung berapa nominal yang harus dikeluarkan setiap kepalanya perbulan. Murah, kan? Jika dibandingkan dengan tinggal di kosan yang hanya sepetak kamar, dengan uang yg sama atau bahkan lebih murah lagi, Anda bisa menikmati fasilitas penuh satu rumah.

2. Ada Dapur Untuk Memasak

Karena Anda bisa dapat satu rumah full, Anda jadi punya dapur untuk memasak. Keberadaan dapur ini pasti akan mendorong Anda masak sendiri dan tidak melulu jajan di luar. Pasti lebih hemat, kan? Berbeda dengan tinggal di kosan, tidak semua kosan menyediakan fasilitas dapur. Bahkan, beberapa kosan melarang aktivitas memasak dalam kamar untuk masalah keamanan.
Ada Dapur Untuk Memasak
(foto: Pixabay)
Mau tidak mau Anda harus membeli makanan di luar, selain lebih ribet karena harus bolak balik keluar, Anda juga harus menyediakan budget lebih setiap bulannya untuk makan. Lebih baik uangnya di tabung untuk tiket mudik, kan? Makanya, memang lebih baik kontrak rumah Bandung saja supaya semuanya jadi lebih murah.
Baca Juga : Alasan-alasan Ilmiah di Balik Keharusan Membersihkan Rumah
Apalagi, Anda dan teman-teman serumah bisa “masak-masak” setiap akhir minggu. Orang Bandung biasanya menyebut ini “botram”, dimana orang-orang berkumpul untuk masak dan makan bersama sambil menikmati kebersamaan yang pastinya super hangat. Kontrak rumah Bandung, seru, kan?

3. Kemungkinan Homesick Lebih Kecil

Coba kalian para mahasiswa rantau angkat tangan jika termasuk ke dalam golongan kangen rumah 24/7. Meski hal ini terdengar hal kecil, namun bisa jadi masalah yang besar jika dibiarkan terus menerus. Ada beberapa orang yang jika sudah homesick, bisa menagis berjam-jam dan akhirnya sakit-sakitan.
Kemungkinan Homesick Lebih Kecil
(foto: Pixabay)
Dilansir dari Kompasiana, homesick ini mendera orang-orang yang kurang punya relasi atau terlibat aktif dengan lingkungan sosial. Keadaan seperti ini mengarah pada emosi terkait dengan kerinduan akan sesuatu yang sifatnya familiar. Dalam hal ini tidak hanya rumah, tetapi juga keluarga, teman, kebiasaan, makanan, dan lain-lain.

Itulah mengapa, tinggal di kosan sendiri dalam satu petak kamar setiap hari di mana Anda akan makan, tidur, belajar, bekerja, menyetrika baju, menagis, dan lain-lain di satu petak kamar itu tidak baik untuk keadaan mental. Tinggal di satu rumah bersama teman-teman akan jauh lebih baik dan mengobati rasa rindu akan hal yang sifatnya familiar tadi.

Bisa dibilang, dengan memilih untuk kontrak rumah Bandung, Anda memilih untuk menciptakan keluarga substitusi atau pengganti keluarga di kampung halaman. Hal ini jauh lebih mudah karena di Bandung sendiri banyak sekali perguruan tinggi yang berdiri. Itu artinya, teman-teman Anda tak harus berkuliah di universitas yang sama dengan Anda. Bisa saja Anda kuliah di ITB, lalu teman Anda  kuliah di UNIKOM, Unisba, atau Telkom, dan lain-lain.

4. Privasi Lebih Terjamin

Beda dengan tinggal di kosan, privasi Anda akan jauh lebih terjamin jika Anda kontrak rumah Bandung. Bentuk kosan yang saling menempel satu kamar dengan kamar lain tentu akan membuat apapun yang Anda lakukan atau bicarakan terdengar ke kamar tetangga. Tentu hal ini tidak enak, apalagi untuk Anda yang hobi menelpon tengah malam. Takut mengganggu, kan?
Privasi Lebih Terjamin
(foto: Pixabay)
Belum lagi, jika sedang ada masalah, para tetangga akan ikut mendengar juga masalah Anda. Duh, memalukan sekali jadinya. Makanya, dengan memilih untuk tinggal di rumah kontrakan yang jauh lebih kecil lingkarannya, rahasia-rahasia Anda akan tersimpan dengan baik. Paling-paling, yang tahu hanya teman-teman terdekatmu itu saja.

5. Bebas Bawa Keluarga dan Teman Menginap

Nah, ini adalah poin yang tidak kalah penting. Salah satu hal paling menyebalkan dari tinggal di kosan adalah betapa tidak bebasnya Anda membawa tamu menginap. Untuk mahasiswa biasa saja sudah menyebalkan, apalagi untuk mahasiswa perantauan yang sering kali mendapat kunjungan keluarga atau kerabat dari luar kota.
Bebas Bawa Keluarga dan Teman Menginap
(foto: Very Well Family)
Kebanyakan kosan memberlakukan jam malam untuk tamu dan tidak memperbolehkan tamu menginap. Pun boleh, akan dikenakan biaya lagi. Biaya yang ditarik biasanya berkisar antara 50 sampai 150 ribu untuk setiap malam. Wow. Boros sekali, kan? Harganya hampir menyaingi harga penginapan hotel-hotel mewah yang ada di Bandung.
Baca Juga : Mengunjungi Lima Tempat Wisata Bandung
Dengan kontrak rumah Bandung, Anda tidak perlu pusing memikirkan keluarga, kerabat, atau teman Anda harus tinggal di mana selama mereka berkunjung. Plus, tidak perlu keluar uang lagi untuk menjamin akomodasi mereka.

Memang, untuk Anda yang tidak terlalu suka “dikekang”, sepertinya pilihan untuk kontrak rumah Bandung selama Anda berkuliah di sini akan jadi pilihan yang jauh lebih baik. Anda bisa bebas selama tidak mengganggu tetangga rumah sekitar dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku.

Itu dia beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih kontrak rumah Bandung ketimbang ngekos selama masa kuliah. Bagaimana? Sudah ingin segera pindah dari kosan, belum?

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"5 Kelebihan Kontrak Rumah Bandung Buat Mahasiswa Rantau"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.