Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Sepatu

Pemakaian sepatu dalam kurun waktu yang terlalu lama seringkali menimbulkan bau tak sedap yang disebabkan oleh keringat pada kaki kita, terutama karena memang iklim Indonesia yang tropis dengan kelembaban udaranya yang tinggi, kebiasaan pemakai serta kondisi fisik sepatunya.

cara menghilangkan bau sepatu

Hal tersebut bisa memicu berkembangbiaknya bakteri penyebab bau tak sedap pada sepatu kesayangan kita, dikarenakan suhu kaki di dalam sepatu yang cepat berubah menjadi panas hingga menyebabkan lembab dan berkeringat.

Selain itu, bau tak sedap juga dapat menurunkan rasa percaya diri kita ketika sedang bersosialisasi dengan lingkungan, apalagi jika dihadapkan dengan sebuah momen yang mengharuskan kita untuk melepaskan alas kaki yang kebetulan memunculkan bau tak sedap.

Nah, jangan sampai hal seperti itu mengganggu pikiran Anda. Lakukan tips-tips cara menghilangkan bau sepatu berikut ini. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat sepatu agar tetap bersih dan bebas bakteri, sehingga sepatu Anda terhindar dari bau tak sedap.

Cuci Sepatu Sesering Mungkin

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencuci sepatu sesering mungkin. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa untuk menjaga kebersihan barang-barang adalah salah satunya dengan sering mencuci, begitu pun dengan sepatu.
Baca Juga : Ingin Memiliki Sepatu Kulit yang Tahan Lama dan Nyaman Dipakai? Ini Cara Merawatnya
Meskipun jarang dipakai, sepatu yang dibiarkan tidak dicuci selama berhari-hari akan tetap meninggalkan bau kaki yang tak sedap. Maka dari itu, biasakan Anda mencuci sepatu apabila sudah tercium bau-bau tak sedap. Usahakan untuk mencuci sesering mungkin, karena sebenarnya merawat sepatu bukan dilihat dari berapa lama pemakaiannya, namun seberapa tahan sepatu untuk menjaga kelembaban dari kaki Anda.

Jangan Lupa, Keringkan setelah Dicuci

Setelah dicuci maupun habis pemakaian pertama, Anda bisa menghilangkan bau sepatu dengan cara membuat sepatu tetap kering, bisa hanya dengan sekedar angin ataupun dibawah sinar matahari langsung, tergantung dari petunjuk perawatannya.

Jika sepatu Anda termasuk sepatu yang tidak boleh dicuci, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan diangin-anginkan, untuk menghindari kerusakan pada bahan sepatu.

Taburkan Serbuk Penyerap Bau

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menaburkan serbuk yang bisa menghilangkan bau pada sepatu, salah satunya bubuk soda kue, yaitu bahan alami yang dipercaya bisa menyerap bau-bauan.

Selain itu, Anda bisa menaburkan bedak putih yang telah didiamkan selama satu malam. Cara ini juga dipercaya ampuh untuk mengatasi bau tak sedap pada sepatu.

Manfaatkan Koran

Cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu adalah dengan menggunakan kertas atau koran.

Cara pemakaiannya adalah Anda cukup membuat gumpalan kertas koran untuk bahan penyumpal rongga sepatu. Hal ini bisa Anda lakukan saat sedang tidak dipakai. Cara ini juga efektif dalam menjaga bentuk sepatu, lho!

Gunakan Spray Penghilang Bau Sepatu

Sudah terbukti bahwa spray yang beraroma sedap selalu dapat dipakai untuk menyingkirkan bau tak sedap, bahkan untuk sepatu sekalipun. Anda bisa menggunakan kulit jeruk yang didiamkan semalaman atau penggunaan minyak esensial di sol dalam sepatu.


Agar lebih praktis, Anda bisa membeli produk spray penghilang bau yang mengandung enzim yang mampu melawan penyebab aroma tak sedap.

Mengganti Sol Dalam Sepatu Secara Rutin

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau sepatu adalah dengan mengganti solnya. Saat ini telah tersedia sol dalam sepatu yang memang sengaja dibuat dari bahan-bahan antijamur. Jika produk seperti ini sulit Anda dapatkan, pilihlah yang berbahan katun.
Baca Juga : Tips Membeli Kemeja Pria dan Jas Pria Secara Online
Apa pun jenis sol yang digunakan, gantilah sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau sepatu. Cara di atas juga bisa dilakukan untuk menghindari bau tak sedap yang muncul dari sepatu. Jadi, mencegah lebih baik dari pada mengobati juga berlaku untuk urusan merawat sepatu, ya. Hehe.

Semoga bermanfaat, salam bahagia dan selamat merawat sepatu.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Sepatu"

  1. Itu baru tips untuk di sepatunya. Kakinya juga perlu dirawat dan diperhatikan loh, hehehe... Dan kaos kakinya juga

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.