Ini Dia Beberapa Gejala Alergi Dingin yang Harus Anda Ketahui

Saat musim penghujan, kerap kali seseorang merasakan kondisi tubuh yang berbeda. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda harus waspada, karena bisa jadi Anda alergi terhadap dingin. Alergi dingin kerap kali muncul setelah tubuh terkena situasi dingin. Hal ini bisa saja terjadi pada beberapa orang yang rentan diserang oleh alergi dingin.

alergi dingin

Bahkan, beberapa yang mengalami hal tersebut tidak sadar dan tidak tahu bahwa ia sedang menderita alergi dingin. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang alergi dingin.

Hal Dasar Tentang Alergi Dingin

Setiap orang bisa saja mengalami gejala alergi terhadap dingin yang berbeda-beda. Namun, secara umum kondisi yang dirasakan masih sama. Tingkat keparahan yang diderita juga berbeda-beda. Tergantung kondisi tubuh yang terkena alergi.

Gejala Gejala Alergi Dingin

Agar bisa tertangani dengan cepat dan baik, maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja gejala awal timbulnya alergi dingin. Berikut ini adalah beberapa gejala alergi dingin yang bisa Anda deteksi sesegera mungkin.

Kulit Kemerahan

Salah satu gejala yang sangat mudah dilihat adalah adanya kulit kemerahan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu, karena adanya penolakan pada kulit terhadap hal tersebut. Biasanya, suhu dingin yang paling berpengaruh akan hal ini. Terutama, bagi Anda yang memang alergi terhadap dingin.
Baca Juga : Sebelum Membawa Anak Anda Pada Dokter Alergi Anak, Kenali Tes Alergi Berikut
Biasanya, jika suhu dalam kondisi yang dingin maka kulit langsung kemerahan. Tempat timbul warna kemerahan, yang biasa dengan mudah ditemukan adalah pada bagian wajah, lengan dan punggung.

Jika gejala ini Anda temukan pada bagian tubuh tersebut, maka bisa dikategorikan Anda sedang menderita alergi dingin.

Tangan Terasa Bengkak

Pernahkan Anda merasa tangan bengkak setelah memegang benda dingin? Jika iya, maka Anda harus waspada karena hal ini dianggap sebagai gejala alergi. Reaksi yang satu ini bahkan paling sering terjadi pada semua kalangan.

Setelah memegang benda yang dingin, kemudian tangan secara cepat menjadi bengkak. Biasanya, pembengkakan yang terjadi bahkan sangat tidak normal di daerah tangan.

Jika mengalami hal yang seperti ini, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada yang lebih ahli. Karena gejala tangan bengkak juga menjadi hal yang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja dalam kurun waktu yang lama.

Bibir Terasa Gatal

Setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, jika bibir terasa gatal maka dapat dipastikan Anda alergi. Alergi yang satu ini memang cukup menyulitkan dalam hal konsumsi sehari-hari. Karena sesuatu yang dingin sudah pasti menyegarkan.

Jika Anda merasakan hal ini, maka dapat dipastikan Anda alergi dingin. Sebaiknya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang dingin.

Muncul Bentol Merah

Satu gejala yang juga sangat mudah diketahui adalah munculnya bentol merah secara tiba-tiba. Terutama, setelah Anda mengkonsumsi makanan, minuman ataupun terdapat suhu yang dingin.

Jika Anda mengalaminya, maka segera lakukan penanganan atau perawatan. Karena bentol merah yang muncul dapat dipastikan merupakan gejala alergi.

Bentol merah yang muncul bisa saja menyerang bagian tubuh yang mudah terlihat. Seperti wajah, tangan, leher, kaki maupun punggung. Jika tidak segera diatasi, alergi ini bisa melebar ke banyak tempat.

Segera, lakukan penanganan saat bentol merah tersebut muncul, karena bahaya alergi dingin dari bentol merah jelas sangat berbahaya!
Baca Juga : Tetap Sehat saat Musim Hujan? Ini Cara dan Tipsnya!
Nah, itulah beberapa gejala alergi dingin yang kerap terjadi pada seseorang. Apakah Anda sedang merasakan hal tersebut? Bisa jadi Anda terkena alergi. Segera lakukan penanganan sesuai kondisi tubuh.

Semoga bermanfaat, salam bahagia dan salam sehat..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia Beberapa Gejala Alergi Dingin yang Harus Anda Ketahui"

  1. Kalau saya suka meler terus batuk-batuk kalo kena alergi dingib om, apalagi kpas jam 2an, wuih ngekek batuknya kaya orang bengek 😁

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.