7 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur yang Harus Anda Ketahui

Candi Borobudur telah lama dikenal sebagai mahakarya seni sekaligus tempat suci bagi penganut agama Budha.


Di balik kemegahannya, Borobudur memiliki sejarah panjang sejak dibangun, terkubur, digali kembali, hingga menjadi destinasi wisata seperti saat ini.

Dari sekian banyak fakta menarik tentang Borobudur, berikut beberapa di antaranya.

1. Arsitektur Bangunan yang Unik

Pembangunan Candi Borobudur yang begitu megah ini diperkirakan memakan waktu hingga 23 tahun. Candi dibuat tanpa bahan perekat, hanya berupa susunan batu yang dibuat sedemikian rupa sehingga saling mengunci. Keistimewaan candi ini dikukuhkan dengan penetapan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991.

Material yang digunakan untuk mendirikan candi merupakan balok vulkanik seberat kira-kira 2 ton yang hingga kini belum diketahui pasti dari mana asalnya.

2. Kuil Buddha Terbesar di Dunia

Borobudur merupakan kuil Budha terbesar di dunia dengan luas mencapai 15.129 meter persegi, tinggi 42 meter, panjang 1 km, dan 72 stupa yang tersusun dalam 10 tingkat. Candi ini memiliki 504 buah arca Budha di dalam 432 relung pada teras bujur sangkar.
Baca Juga : Ingin Menikmati Keindahan Bali hanya Dengan 1 Juta? Begini Caranya
Candi Borobudur mempunyai 2.672 panel relief yang jika disusun memanjang, dapat mencapai 6 km. Relief terdiri atas empat cerita utama yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana, serta Gandawyuha. Pahatan relief terdiri atas gambar dekoratif sebanyak 1.212 dan 1.460 relief kisah Buddha. Setelah mendapatkan tiket masuk online dari Traveloka, Anda dapat mengeksplorasi candi dengan leluasa sesampainya di sana.

3. Pertama Kali Diperkenalkan oleh Raffles

Borobudur diungkap oleh Raffles kepada seluruh dunia pada tahun 1814. Raffles menyuruh anak buahnya yaitu H.C. Cornelius untuk menyelidiki kebenaran tentang situs purbakala di Desa Borobudur. Setelah ditemukan, tempat itu dibersihkan dari semak dan rumput.

Temuan ini kemudian dilaporkan dalam buku The History of Java pada tahun 1817. Raffles juga menuliskan tentang arti nama Borobudur dalam 3 versi salah satunya Sang Budha yang agung, dari kata boro yang berarti agung dan budur, artinya Budha.

4. Stupa Sebagai Jam Matahari

Stupa dipergunakan sebagai jam matahari untuk menunjukkan waktu pada masanya. Selain itu, Candi Borobudur juga didesain menghadap selatan dan utara sebagai penunjuk arah yang akurat. Posisi candi juga istimewa, jika ditarik garis lurus, letak candi Borobudur, Pawon, dan Mendut tampak sejajar.
Baca Juga : Tips Liburan Hemat, Menyenangkan, Nyaman dan Efektif

5. Namanya Disebut dalam Kitab Negarakertagama

Kitab klasik terkenal, Negarakertagama karya Empu Prapanca, tahun 1365 M menyebutkan adanya bangunan suci agama Budha yang disebut budur. Kitab yang menceritakan kehidupan pada masa kerajaan Majapahit ini telah diakui akurat oleh UNESCO sebagai dokumenter ingatan dunia. Sehingga informasi di dalamnya tentang Borobudur pun dapat dipercaya.

6. Berdiri di Lokasi yang Strategis

Lokasi tempat berdirinya candi tidak ditentukan begitu saja. Buktinya, lokasi Borobudur merupakan tempat strategis yang diapit oleh 2 gunung di sisi timur yaitu Gunung Merapi dan Merbabu serrta Gunung Sindoro dan Sumbing. Borobudur juga berdiri di antara dua sungai yaitu Progo dan Elo.
Baca Juga : Gunung Lawu dan 5 Fakta Dibaliknya yang Harus Diketahui Para Pendaki

7. Bangunan di Tengah Danau Purba

Menurut berbagai sumber, daerah Kedu dulu adalah sebuah danau purba. Salah satu pakar yang mengungkapkan teori ini adalah W.O.J. Nieuwenkamp. Berdasarkan teorinya, Borobudur merupakan bangunan berlambang bunga teratai yang terapung pada permukaan danau.

Bangunan awal Candi Borobudur awalnya menyerupai bunga teratai raksasa di tengah danau yang dirancang oleh Gunadarma. Van Bemmelen dalam bukunya The Geology of Indonesia menyatakan bahwa batu-batuan letusan Gunung Merapi tahun 1006 menutupi danau hingga kering. Material letusan tersebut juga menutupi candi hingga akhirnya ditinggalkan dan digali kembali ratusan tahun kemudian.

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta menarik tentang Candi Borobudur, sayang sekali jika tidak berkunjung dan melihat langsung karya agung yang termasyhur hingga ke seluruh dunia.

Semoga bermanfaat, selamat berlibur dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"7 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur yang Harus Anda Ketahui"

  1. Duh, jadi ngiler ingin kembali berkunjung ke Borobudur nih Mas...
    Oh iya, relief candi Borobudur juga menjadi foto cover album jazz berjudul "Djanger Bali" dari grup the Indonesian All Stars yang albumnya dirilis di Jerman thn 1967, setelah grup ini tampil di Berlin Jazz Festival.

    Salam,

    BalasHapus
  2. Mantap dah, anak lanang pun suka saya ajak ke candi fenomenal ini... Btw fotonya apik bgt.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.