4 Cara Mudah Membuat Video atau Edit Film Pendek Menggunakan Windows Movie Maker

Satu hal tentang revolusi teknologi saat ini adalah bahwa kita mempunyai teknologi yang lebih banyak dari pada ilmu bagaimana menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk video, baik untuk membuat video atau edit film pendek.

Namun seiring berjalannya waktu dan kemudahan akses ilmu dan informasi melalui internet, membuat video atau edit film pendek kini tidaklah sesulit yang dibayangkan.


Dengan semakin canggihnya teknologi dan kemudahan yang diberikan, kini siapapun bisa membuat video atau edit film pendek dengan mudah menggunakan laptop atau komputer yang dimiliki.

Selanjutnya hasil video tersebut bisa langsung di unggah dan dibagikan ke media sosial untuk sharing berbagai hal.

Untuk membuat video atau edit film pendek dengan mudah, sekarang sudah tersedia aplikasi Windows Movie Maker.
Baca Juga : Tiga Langkah Membuat Video Profil Blog dengan Microsoft PowerPoint
Windows Movie Maker adalah aplikasi video editing gratis dari Microsoft . Aplikasi ini merupakan bagian dari Windows Essentials Software Suite yang menawarkan kemampuan untuk membuat video atau edit fim pendek serta menerbitkannya di beberarapa media sosial seperti Facebook dan YouTube.

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Bagaimana cara membuat video? Bagaimana cara edit film pendek dengan mudah? Simak caranya berikut ini, ya!

1. Tentukan Sumber Dokumen Digital untuk Video atau Film Pendek

Langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat sebuah video atau edit film pendek adalah menentukan sumber dokumen digital, mulai dari video, gambar, suara, musik dan dokumen digital lainnya.

Jika sumber dokumen digital belum lengkap, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu atau mengunduhnya dari beberapa situs penyedia dokumen tersebut, baik dari situs berbayar atau situs gratis.

Saat ini banyak sekali situs penyedia dokumen digital pelengkap untuk kebutuhan membuat video atau edit film pendek.

Untuk mencarinya, gunakan saja kata kunci cara download film, atau bisa juga dengan cara download gambar, suara dan musik. Silahkan sesuaikan kata kunci tersebut dengan kebutuhan. Agar pencarian semakin global, dengan hasil pencarian yang tambah banyak, coba cari menggunakan keyword cara mendownload film di google!


Jika dokumen digital sudah lengkap, selanjutnya tinggal impor saja dokumen digital tersebut. Cara impor sumber dokumen digital dalam Windows Movie Maker adalah dengan memilih menu Import Video pada sub menu 1. Capture Video.

2. Saatnya Editing!

Setelah semua dokumen digital lengkap, maka saatnya untuk memulai proses editing. Tidak ada ketentuan khusus dalam proses ini, semua tergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing editor.

Namun yang pasti ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat proses editing mengggunakan aplikasi buatan Microsoft ini, yaitu:

  • Tambahkan dokumen digital, baik video, gambar atau suara ke dalam storyboard/waktu. Caranya cukup dengan menarik dokumen yang ingin digunakan dari area isi ke storyboard/waktu . Apapaun yang terdapat dalam storyboard akan muncul pada video yang sedang di edit.
  • Atur semua dokumen sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda masing-masing, mulai dari trim dan atur dokumen, pangkas klip video, pindahkan klip dari satu tempat ke tempat lain, membagi klip, menggabungkan klip dan semuanya. Silahkan disesuaian sendiri!

3. Tambahkan Judul, Transisi dan Efek

Setelah beberapa dokumen masuk dalam storyboard/waktu dan telah sesuai dengan keinginan, selanjutnya edit video ke tingkat berikutnya dengan menambahkan personalisasi sentuhan, seperti judul, transisi, dan efek khusus.

Judul
Agar video yang Anda buat tambah menarik, maka sebaiknya pada awal video ditambahkan judul yang menggambarkan video tersebut.


Selain judul, dalam video juga bisa ditambahkan kredit atau hak cipta pada akhir video. Kredit bisa menampilkan beberapa informasi seputar siapa yang menciptakan dan yang membintangi video tersebut di dalamnya ( seperti yang Anda lihat di bioskop dan di DVD ).

Transisi
Untuk membuat video terlihat lebih bagus ketika salah satu video atau gambar akan berpindah pada video atau gambar berikutnya, silahkan Anda tambahkan efek transisi.

Cara menambahkan efek transisi antara gambar, video dan judul pada storyboard sangat gampang. Silahkan pilih menu Tools, lalu pilih menu Video Transitions.


Ada banyak sekali transisi yang berbeda pada Windows Movie Maker ini untuk dipilih agar video yang Anda buat semakin cantik!

Efek
Selain transisi, untuk mempercantik vido, Anda bisa menambahkan beberapa efek khusus untuk video dan gambar pada storyboard.
Baca Juga : Video : Belajar Menulis dan Menyambung Huruf Arab (Hijaiyyah)
Dengan menambahkan efek pada video, akan memberikan efek spesial dari video yang sedang Anda buat. Misalnya, menambahkan salah satu efek “Age” membuatnya terlihat seperti sebuah Video lama.


Cara menambahkannya sama dengan Transisi, pilih menu Tools lalu pilih menu Video Effects. Silahkan sesuaikan dengan selera Anda, sehingga menghasilkan video yang lebih cantik.

4. Publish dan Share!

Jika video atau film pendek telah selesai dan sesuai dengan selera, maka selanjutnya tinggal menyimpannya dalam bentuk video yang siap diputar.


Caranya, pilih menu 3. Finish Movie, dan selanjutnya akan terbuka jendela Save Movie Wizard. Silahkan isikan beberapa isian, nama dan tempat dimana video tersebut akan disimpan dalam drive. Tunggu beberapa saat, dan video siap untuk diputar dan dibagikan ke media sosial!

Nah, itulah 4 cara mudah membuat video atau edit film pendek menggunakan aplikasi Windows Movie Maker. Silahkan dicoba dan jangan lupa hasilnya di share!
Salam bahagia dan semoga bermanfaat.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"4 Cara Mudah Membuat Video atau Edit Film Pendek Menggunakan Windows Movie Maker"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.