Bubur Buah dan Sayur Alami untuk MPASI Pertama Si Kecil

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) sebaiknya terus dilakukan sampai si kecil berusia enam bulan tanpa makanan lainnya. Baru setelah berumur enam bulan, si kecil dapat diberikan makanan pendamping ASI atau biasa disebut dengan MPASI.


Pemberian makanan pendamping juga tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi sekarang banyak isu masalah MPASI instan yang beredar. Tentu Anda tidak ingin membahayakan buah hati dengan memberikan makanan instan yang belum tentu kualitasnya, bukan?
Baca Juga : Baca Ini Dulu Sebelum Memberi Susu Kental Manis pada Anak
Yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat MPASI rumahan dengan bahan-bahan alami. Ada banyak sekali jenis makanan pendamping pertama yang bisa diberikan kepada si kecil, bubur buah dan sayur alami misalnya.

Namun yang perlu selalu diingat dan dipertimbangkan dalam pembuatan makanan pendamping adalah tekstur makanannya harus lembut dengan rasa yang disukai bayi.

Nah, berikut ini adalah 4 menu untuk MPASI pertama yang bisa dibuat dari bahan-bahan alami berupa buah dan juga sayur.

4 Bubur Buah Menu MPASI Lembut untuk Buah Hati

1. Bubur Alpukat
Alpukat merupakan buah yang banyak disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda bisa menggunakan alpukat ini sebagai menu MPASI. Kandungan kalsium dan juga nutrisi dalam buah ini penting untuk perkembangan motorik buah hati Anda.

Cara membuat bubur alpukat juga sangatlah mudah, yaitu hanya menghaluskan daging buah alpukat hingga lembut tanpa dimasak terlebih dahulu.

2. Bubur Apel
Apel dengan banyak kandungan vitamin dan mineral juga bisa menjadi bahan untuk membuat MPASI. Sediakan apel yang sudah matang dan bersihkan. Potong apel tersebut menjadi beberapa bagian kecil, kemudian kukus hingga lunak.

Setelah lunak Anda bisa memasukan dalam food processor untuk dihaluskan. Saat akan menyajikan Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu untuk mengurangi jumlah air yang ada di bubur ini.

3. Bubur Buncis
Buncis adalah sayuran berwarna hijau yang bisa Anda masukan dalam daftar menu MPASI pertama si kecil. Buncis mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, C, K, asam folat, magnesium, kalsium.
Baca Juga : Inilah Manfaat Madu untuk Anak Umur 5 Tahun yang Hrus Orang Tua Ketahui
Langkah untuk membuat bubur buncis sangat mudah yaitu, sediakan buncis yang sudah dibersihkan. Potong buncis menjadi bagian-bagian kecil, kemudian kukus sehingga teksturnya lunak. Setelah direbus Anda bisa menghaluskannya dengan blender, kemudian bubur buncis siap disajikan.

4. Bubur Pir
Pir adalah buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Untuk dapat membuat bubur pir ini Anda harus menyediakan buah pir yang segar dan matang. Kupas terlebih dahulu kulit pir sebelum memotongnya kecil-kecil. Haluskan dengan blender potongan buah pir tersebut dan bubur pir siap disantap oleh si kecil.

Demikianlah 4 menu untuk MPASI pertama yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Sebenarnya masih banyak sayur dan buah-buahan lain yang bisa digunakan untuk membuat bubur sebagai makanan pendamping si kecil.

Silahkan Anda dapat membuat kreasi menu lain degan buah dan sayur lain. Namun jangan sampai lupa, buatlah MPASI dengan tekstur yang lembut dan rasa yang disukai oleh si kecil.

Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Bubur Buah dan Sayur Alami untuk MPASI Pertama Si Kecil"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.