Coworking Space dan Peran Pentingnya Bagi Startup

Judul tulisan ini keren, kan? Eh, bukan mau sok kebarat-baratan ya, namun ini memang bahasa yang sedang nge-hits saat ini. Nanti akan saya jelaskanapa maksud dari dua kosa kata berbahasa Inggris itu, coworking space dan startup.


Coworking space berasal dari kata coworking yang diartikan sebagai kerja sama atau berkolaborasi. Coworking space sendiri memiliki arti tempat untuk bekerja dengan cara kerja bersama atau berkolaborasi dengan individu yang berlatar belakang pekerjaan serta perusahaan yang berbeda. Jadi intinya, coworking space ini adalah tempat bekerja bersama banyak teman di luar kantor.

Sementara startup banyak yang menjelaskan sebagai perusahaan rintisan dan sedang berkembang untuk menemukan pasar yang tepat. Biasanya, para perintis startup ini mengerjakan semua pekerjaannya di coworking space.

Nah, berikut ini saya memiliki beberapa manfaat coworking space bagi Anda yang sedang mengembangkan starup.

Lebih menghemat biaya

Bagi Anda yang baru merintis bisnis, mungkin merasa kesulitan untuk menekan biaya seminimal mungkin. Jika karyawan Anda kurang dari 5 orang, tentunya akan sangat sia-sia jika harus menyewa gedung, dimana harga sewa sebuah gedung masih cukup mahal. Oleh karena itu coworking space merupakan solusi yang tepat untuk hal ini.
Baca Juga : Masih Ragu Menggunakan Software HRD? Ketahui 4 Keuntungannya
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas ruang kerja yang menyediakan meja dan kursi untuk menghemat pembelian properti. Tersedia juga koneksi internet super cepat untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda. beberapa coworking juga menyediakan printer, fax, pantry, dan beberapa minuman serta makanan ringan.

Jika ada kerusakan pada printer atau yang lainnya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membawanya ke tukang servis printer karena sudah di tangani oleh staff dari coworking dimana tempat Anda sedang bekerja. Dengan begitu, Anda bisa fokus bekerja.

Bertemu pebisnis lain yang akan meningkatkan motivasi Anda

Jika menyewa coworking, Anda akan bertemu pebisnis lain yang satu tujuan dengan Anda. Tentunya ini akan menambah relasi serta motivasi karena bertukar pikiran dengan orang-orang yang mempunyai misi yang sama. Motivasi ini akan membuat Anda lebih bersemangat untuk mengembangkan bisnis yang dikelola.

Membangun koneksi baru

Dengan menggunakan coworking, Anda bisa membangun koneksi dengan pebisnis lainya yang akan menambah pengetahuan baru Anda untuk keberjalanan bisnis yang lebih baik. Saling bertukar informasi mengenai produk masing-masing juga secara tidak langsung bisa mengenalkan produk Anda melalui mereka ke dunia luar. Karena itu, coworking space menjadi tempat yang tepat untuk membangun koneksi.

Beberapa coworking juga menawarkan paket workshop atau event space untuk menjalin koneksi Anda dengan pebisnis lain. Salah satu fungsi utama coworking adalah menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang kedalam satu tempat untuk saling berkomunikasi. Di tempat itulah mereka saling bertukar gagasan untuk inovasi yang luar biasa. Untuk itu, bangunlah komunikasi yang baik dengan founder lain di sekitar Anda.

Saran dan kritik yang berguna

Bagi pebisnis pemula, pasti tak luput dari namanya kesalahan. Anda bisa meminta kritik dan saran pada sesama pebisnis lainnya. Misalnya, sebelum presentasi, Anda bisa meminta mereka menyimak presentasi Anda sebentar. Dari sini, Anda bisa mendapatkan kritik atau saran untuk presentasi yang lebih bagus.
Baca Juga : Ingin Sukses Merintis Bisnis Baru dari Nol? Ini Caranya!
Tentunya hal ini sangat berguna untuk kemajuan bisnis Anda. Rasa saling membatu ini nantinya akan mewujudkan jaringan kuat yang akan memudahkan Anda melahirkan ide dan gagasan tak terbatas.

Pengembang startup yang berada di coworking space mempunyai keahlian dan latar belakang profesi beragam, mulai dari freelancer, bloger, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk saling bertukar gagasan. Pelaku startup di coworking biasanya tidak keberatan jika diajak bekerja sama karena mereka sadar masih sama-sama merintis bisnis.

Lifestyle yang seimbang

Mereka yang bekerja di kantor apalagi dengan jam kerja padat akan rentan mengalami stres. Pekerjaan kantoran identik dengan kerja individu. Berbeda dengan coworking space. dengan konsep open space-nya ini bisa mengintenskan interaksi antar member yang akan meminimalisir stres dan rasa jenuh.

Kehadiran ruang kerja yang nyaman, terjangkau dan efisien menjadi kebutuhan para pelaku startup. Coworking space merupakan cara baru untuk menghadirkan kolaborasi antar founder sehingga mendorong lahirnya inovasi secara berkelanjutan.

Tertarik untuk mencoba bekerja di coworking space juga? Yuk, dicoba!

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Coworking Space dan Peran Pentingnya Bagi Startup"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.