5 Jenis Usaha Rumahan dengan Modal Murah Meriah

Sudah hampir empat bulan ini, istri saya lebih banyak berktivitas dirumah. Aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga biasa, tidak jauh beda dengan ibu rumah tangga lainnya, mengurus rumah, anak, suami dan orang tua. Beberapa waktu lalu saat santai berdua, dia menyampaikan keinginannya untuk menekuni usaha rumahan. Usaha yang tentu tidak mengurangi waktunya sebagai ibu rumah tangga, modal usaha yang murah meriah dengan penghasilan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Saya mengamini dan memotivasi keinginannya tersebut. Saya juga memaklumi, karena setelah mengurangi kegitan mengajar tentu juga mengurangi sumber pemasukan keluarga. Meski tidak berpengaruh signifikan, namun alasan yang dia sampaikan adalah masih belum merasa nyaman dengan semua kegiatan barunya dirumah. Selain itu, alasan tentang kebutuhan keluarga juga menjadi pertimbangannya.
Baca Juga : 7 Cara Mengatur Keuangan ala Papa dan Mama Muda
Kami coba untuk mencari tahu, usaha rumahan apa yang bisa ditekuni oleh istri, dengan tiga syarat utama, tidak mengurangi waktu sebagai ibu rumah tangga, modal murah meriah dan penghasilanya bisa cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Setalah cukup lama, kami menemukannya dari berbagai sumber, dari kawan maupun lewat internet.

Setelah kami memiliki beberapa opsi usaha rumahan yang cocok, selanjutnya kami akan memilih satu usaha yang paling tepat untuk kami jalani dan sesuai dengan keinginan. Berikut 5 opsi usaha rumahan yang semoga suatu saat bisa kami realisasikan, amin.

1. Menjual Semua Kebutuhan HP : Pulsa, Kartu Perdana, Aksesorir dan Token Listrik

Jenis usaha pertama ini adalah usaha yang paling mudah dijalani, tidak memerlukan banyak tenaga dan yang pasti membutuhkan modal tidak terlalu besar.

Usaha ini kami anggap cocok karena beberapa alasan:

  • Pangsa pasar jelas. Di lingkungan rumah kami, belum banyak outlet atau toko yang fokus menjual kebutuhan HP. Rata-rata semua penjual pulsa masih belum fokus pada satu pangsa pasar, mereka menjual pulsa sebagai ‘tambahan’ saja.
Baca Juga : Membangun Usaha Digital pada Era Digital
  • Lokasi strategis. Rumah tempat tinggal kami berada pada lokasi yang strategis untuk penjualan kebutuhan HP. Rumah kami berada disisi jalan utama menuju kota yang meski tidak padat penduduk, cukup banyak berlalu kendaraan atau pejalan kaki. Selain itu, rumah kami juga berada di tengah-tengah antara bangunan SD dan TK serta warung kopi yang cukup banyak konsumennya.

  • Mudah dan tidak butuh modal besar. Alasan ini tentu sudah bukan rahasia lagi. Bermodal pengalaman istri yang sudah lama bergelut dalam bidang teknologi dan dunia usaha di pasar, tentu bukan hal sulit untuk sekedar menjual kebutuhan HP. Tinggal mengembangkan saja, bagaimana manajemen yang baik. Untuk urusan modal, juga tidak butuh terlalu besar, penambahan modal bisa dilakukan sambil lalu nanti jika sudah bisa berjalan.

2. Toko Klontong

Pilihan usaha rumahan kedua datang dari ibu mertua. Menurutnya, menjalankan jenis usaha ini tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan modal yang lebih besar dari usaha menjual kebutuhan HP.

Jenis usaha ini bisa dijalankan kami sebagai pengganti dari toko yang telah sebelumnya dijalankan oleh bibi. Saat ini bibi lebih fokus pada penjualan kopi yang memang sangat ramai pembelinya dan mengganti tokonya menjadi warung. Kebetulan warung kopinya berada disebelah rumah kami.

3. Lapak Oleh-oleh Khas Bondowoso

Jika Anda pernah melalui jalan antara Arak-arak sampai Kecamatan Wringin atau sebalikya, Anda pasti pernah menjumpai banyak sekali lapak berjejeran dipinggir jalan yang menjual oleh-oleh khas Bondowoso. Baik lapak yang bentuk bangunannya permanen, semi permanen atau hanya berada di emperan rumah warga.

Yang dijual oleh lapak ini banyak sekali jenis oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari berbagai olahan tape, krupuk, pete, buah dan semacamnya.
Baca Juga : Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Berwisata ke Bondowoso
Nah, jenis usaha ini juga kami masukkan sebagai pilihan untuk membuka usaha rumahan. Pertimbangannya juga sudah sangat baik, mulai dari pangsa pasar, lokasi dan kemudahan pengelolaannya.

Jika ini bisa terealisasi, kami juga sudah menyediakan tempat parkir yang sangat luas. Jika suatu saat nanti usaha rumahan ini telah berdiri dan berkembang dengan bak, amin. J

4. Cafe Masa Kini

Sebenarnya, jenis usaha rumahan ini cukup beresiko bagi kami karena akan menjadi saingan warung kopi bibi yang telah berdiri puluhan tahun lamanya. Namun pilihan ini termasuk menjadi yang harus dipertimbangkan karena memang rumah kami sangat strategis untuk menjual jenis makanan atau minuman.


Meski sudah menjual kopi puluhan tahun, namun sampai saat ini bibi masih belum melakukan perubahan dari manajemen warungnya. Dia masih setia menjual kopi hitam asli buatan sendiri. Mulai dari proses sangrai, menumbuk kopi hingga proses penyajiannya masih sangat asli, dilakukan oleh tangan sendiri dan prosesnya alami.

Alasan itu menjadi dasar kami untuk membuka usaha rumahan cafe masa kini yang menjual segala jenis makanan dan minuman yang memang sedang nge-hits saat ini. Semua yang kami jual harus berbanding terbalik dengan apa yang dijual oleh bibi. Tujuannya satu, usaha bibi dan kami tetap lancar dengan target pasar yang berbeda.

5. Menjadi Bloger

Pilihan usaha rumahan terakhir adalah menjadi bloger seperti saya. Usaha ini memang masih belum banyak yang menekuni, namun jika bisa dilakukan secara serius dan konsisten, usaha ini bisa sangat menguntungkan.

Menjadi bloger juga sangat sesuai dengan syarat yang diajukan istri, tidak menggangu waktu sebagai ibu rumah tangga, modal yang dibutuhkan murah meriah dan penghasilannya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Saya, yang sudah hampir tujuh tahun menjadi bloger sudah mengalami tiga syarat itu.
Baca Juga : Sumpah, Membuat Blog itu Mudah, tetapi Mengurusnya Sangat Susah
Menjadi bloger itu mudah. Waktunya juga fleksibel banget, sangat bisa disesuaikan dengan keadaan. Untuk modal, yang penting ada laptop dan jaringan internet sudah bisa langsung nge-gas. Soal penghasilan, dalam sebulan jika bisa dilakukan dengan konsisten, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, itulah 5 Jenis Usaha Rumahan dengan Modal Murah Meriah yang sedang akan kami pertimbangkan mana yang paling baik. Oh iya, jika Anda sedang ingin merintis usaha juga, namun masih terkendala oleh modal, Anda bisa mengunjungi laman: https://www.cekaja.com/small-business-banking. Insyaallah, akan menemukan solusi.

Selanjutnya, semoga segera bisa terealisasi agar istri bisa lebih nyaman beraktivitas di rumah dan kebutuhan keluarga bisa kembali aman seperti sedia kala, amin..

Salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"5 Jenis Usaha Rumahan dengan Modal Murah Meriah"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.