Panduan Menemani dan Membantu Anak Belajar Menulis

Saat anak menginjak usia 3 sampai 4 tahun, biasanya ia sudah mulai bisa untuk mengasah kemampuan motoriknya. Kemampuan ini, biasa terlihat saat si kecil mulai belajar menulis.

Pada usia ini, secara umum si kecil sudah terampil untuk menarik garis, menggambar lingkaran hingga menghubungkan berapa titik-titik. Selain keterampilan ini, biasanya si kecil juga mulai bisa mewarnai aneka bentuk.


Untuk mendukung dan menunjang aktivitas si kecil tersebut, kita sebagai orang tua sebaiknya menyediakan semua alat yang dibutuhkan. Selain itu, untuk membuat si kecil nyaman dengan aktivitasnya, kita juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.
Baca Juga : Cara Sederhana Mendukung Tahap Perkembangan dan Menggali Potensi Anak
Biasakan untuk menanamkan cara belajar yang tidak kaku dan membosankan dengan cara buatlah suasana seperti halnya sedang bermain. Namun, sejatinya si kecil sedang belajar menulis.

Nah, untuk mempermudah orang tua dalam membantu si kecil saat sedang belajar menulis, berikut saya punya panduannya, panduan dan cara mengajari anak menulis.
  • Masing-masing anak, pasti memiliki hal yang paling disukai. Nah, orang tua dapat menjadikan hal ini sebagai media untuk memberi stimulasi kemampuan menulis si kecil. Kenali apa yang paling disukai anak, lalu jadikan sebagai materi menulis. Misalnya,anak suka dengan macam-macam hewan, maka orang tua dapat mengajaknya untuk menggambarkan bentuk hewan dan menuliskan nama hewan tersebut di bawahnya.
  • Selalu sediakan perlengkapan menulis yang menarik dan bervariasi. Ya, biasanya anak kecil selalu suka dengan hal yang memiliki aneka warna dengan banyak variasi, termasuk juga alat tulis. Cara ini dapat orang tua lakukan agar si kecil dapat termotivasi keterampilan menulisnya. 
  • Sediakan tempat belajar yang menyenangkan bagi anak, tempat yang nyaman dan tidak ada gangguan. Tempat ini khusus untuk aktivitas si kecil dalam belajar menulis.
  • Jangan terpaku pada satu hal. Usahakan untuk mengajak si kecil menulis banyak hal, termasuk juga menulis dengan berbagai tujuan. Seperti mengajak si kecil menulis daftar belanja untuk kebutuhan rumah. Atau bisa juga dengan mengajak si kecil menulis apa pesannya kepada masing-masing anggota keluarga. 
  • Sesekali, keluarlah dari kebiasaan menulis si kecil. Ya, mengasah kemampuan menulis anak bisa dilakukan dengan banyak cara, tidak hanya berpaku dengan alat tulis yang telah disediakan. Sesekali orang tua bisa mengajak si kecil bermain di halaman, kemudian ambil sebuah ranting pohon. Ajak si Kecil menuliskan namanya atau nama saudaranya di atas tanah dengan menggunakan ranting tersebut.
  • Ajak si kecil berbincang secara intens. Cara ini juga mampu untuk mengasah kemampuan menulis anak. Memang secara kasat mata, seperti tidak ada hubungannya antara sering berbicara dan kemampuan menulis. Namun orang tua harus tahu, bahwa kebiasaan ini akan menstimulasi potensi panca indera si kecil dan berguna untuk menambah wawasan kosa katanya.

Nah, itulah beberapa panduan agar si kecil merasa nyaman saat sedang belajar menulis. Namun hal penting lain yang juga harus diingat dan diperhatikan oleh orang tua adalah tidak memaksa si kecil untuk belajar menulis. Jika ini dilakukan, khawatir si kecil akan trauma dan justru tidak mau melakukannya. Ciptakan suasana menyenangkan, maka dengan sendirinya akan membuat si kecil melakukannya dengan gembira.

Semoga bermanfaat, selamat menemani si kecil belajar menulis dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Panduan Menemani dan Membantu Anak Belajar Menulis"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.