3 Strategi Keuangan untuk Persiapan Ibadah Umroh

Pergi ke tanah suci untuk beribadah umroh, siapa yang tidak ingin melakukannya? Berangkat sendiri, orang tua atau  keluarga lainnya?


Beribadah umroh, akhir-akhir ini menjadi salah satu pilihan beberapa orang mengingat jika beribadah haji membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama. Selain itu, beribadah umroh, juga menjadi cita-cita hampir sebagian umat islam.

Namun, meski menjadi ibadah yang diinginkan oleh banyak orang, dalam pelaksanaannya umroh membutuhkan waktu, energi dan biaya yang tidak sedikit baik saat persiapan pelaksanaan hingga saat telah kembali ke tanah air.

Biasanya, hal utama yang menjadi prioritas adalah soal pemilihan paket umroh yang paling tepat. Ya, paket umroh biasanya akan berimbas kepada banyak hal, mulai dari biaya, waktu, persiapan dan semuanya.

Paket umroh biasanya bergantung pada kemampuan finansial dan kenyamanan pelaksanaan ibadah umroh yang akan Anda dapatkan.

Ada banyak sekali jenis paket umroh yang bisa Anda pilih, namun biasanya paket ini berbeda sesuai dengan harga yang ditawarkan. Paket umroh dengan biaya murah, akomodasi yang akan Anda terima kualitasnya minimalis. Namun, jika Anda memilih paket umroh dengan harga yang mahal, maka tentu akomodasi dan semua layanannya berkualitas lebih baik.

Nah, jika Anda memiliki rencana untuk menunaikan ibadah umroh, atau ingin memberangkatkan keluarga dalam waktu dekat, berikut ini saya memiliki beberapa strategi keuangan yang bisa Anda terapkan agar keinginan Anda bisa segera terwujud.

Utamakan Sesuai Kemampuan saat Memilih Paket Umroh

Penyedia jasa travel umroh, biasanya menyediakan berbagai paket umroh yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan dan kebutuhan. Mulai dari paket 9 hari, 12 hari bahkan ada juga yang sampai 20 hari.
Baca Juga : Ini Dia Cara Memilih Agen Travel Umroh dan Persiapan Lainnya
Nah, disinilah Anda harus benar-benar mempertimbangkan dengan baik saat proses pemilihan paket umroh. Anda harus memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena semakin lama waktu ibadah, tentu biayanya juga akan semakin mahal.

Selain biaya, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah kondisi. Misalnya, Anda membawa serta orangtua yang sudah berusia cukup sepuh atau anak balita, akan lebih baik jika Anda memilih paket yang nyaman dengan konsekuensi harga yang lebih mahal. Karena kenyamanan menjadi faktor ibadah Anda di tanah suci bisa berjalan lancar.

Siapkan Finansial yang Cukup

Di atas, sudah saya jeaskan bahwa finansial atau keuangan menjadi hal yang paling penting untuk disiapkan.

Sebagai gambaran, Anda akan memilihh paket umroh dengan nominal harga Rp 25 juta per orang. Bila ditambah biaya persiapan lainnya, seperti pengurusan paspor, handling fee, perlengkapan, vaksin dan sebagainya, maka akan lebih baik jika Anda menyiapkan Rp 30 juta atau Rp 35 juta. Hal ini karena biasanya akan banyak biaya tak terduga diluar ketentuan penyedia jasa travel.

Saat telah menentukan paket umroh, selanjutnya Anda akan diminta untuk mulai membayar keuangannya. Biasanya, Anda akan diminta untuk membayar uang muka terlebih dahulu. Besaran yang harus Anda bayar di awal beragam, tergantung penyedia jasa travel-nya. Ada yang di bawah Rp 10 juta ada juga yang mewajibkan membayar 60 persen dari harga paket yang telah disepakati.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengumpulkan Rp 30 juta atau Rp 35 juta? Anda bisa investasi melalui tabungan umroh di beberapa bank yang bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini tergolong baik karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Konsisten dan Disiplin Menabung

Setelah memiliki tabungan umroh, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menabung secara konsisten dan disiplin. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan tiap bulannya, agar kebutuhan tabungan dan kebutuhan keluarga lainnya bisa sama-sama terpenuhi.

Porsi tabungan yang normal adalah minimal 10 persen dari penghasilan rutin tiap bulan. Namun jika Anda bisa menabung lebih dari 10 persen, tentu semakin baik dengan tetap menimbang porsi kebutuhan lain.

Nah, itulah beberapa hal finansial yang perlu Anda persiapkan sebelum beribadah umroh. Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"3 Strategi Keuangan untuk Persiapan Ibadah Umroh"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.