Minuman Herbal Pereda Diare yang Mudah Dibuat di Rumah

Ketika sedang diare, bolak-balik ke toilet menjadi hal yang sangat mengganggu, apalagi jika sedang ada aktivitas. Seseorang yang terkena diare bahkan bisa memutuskan untuk izin tidak masuk sekolah atau bahkan ke kantor. Sebab, tidak hanya frekuensi buang air besarnya saja yang sering, rasa sakit dan tidak nyaman di perut pun membuat seseorang sulit berkonsentrasi. 


Biasanya, diare dialami oleh seseorang selama beberapa hari. Namun pada beberapa kasus bisa lebih lama bahkan hingga berminggu-minggu. Biasanya, diare disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri atau parasit.

Penderita diare harus memastikan cairan tubuhnya tetap terjaga dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu, perlu juga tambahan air putih selepas buang air besar minimal satu gelas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari dehidrasi pada tubuh.

Pada dasarnya, obat diare ada di sekitar kita. Namun sejak zaman dahulu, diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang dibuat sendiri. 

Nah, Bagaimana cara mengatasi diare di rumah dengan minuman herbal yang bisa dibuat sendiri dengan mudah? Simak minuman-minuman herbal pereda diare berikut ini.

Larutan Oralit

Mungkin Anda pernah mendengar produk oralit yang dijual di pasaran. Namun, Anda bisa kok membuat larutan oralit sendiri di rumah. Oralit sebenarnya adalah larutan yang terbuat dari campuran garam dan gula. 
Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan tiga bahan, yaitu 1 liter air putih, 6 sendok teh gula pasir serta ½ sendok teh garam. Campurkan ketiga bahan tersebut dan dapat Anda minum secara berkala. Oralit akan memberikan Anda tenaga serta menghindari tubuh dehidrasi.

Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah dengan berjuta manfaat bagi tubuh. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, analgesik serta antibakteri. 

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan empat ruas jahe lalu bakar hingga wangi. Kemudian, panaskan 250 ml air, masukan jahe dan angkat hingga mendidih. Minum selagi hangat.

Teh Kental

Teh merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Faktanya, kandungan tanin yang ada pada teh bermanfaat dalam mengatasi diare. 


Menyeduh teh kental merupakan langkah yang tepat ketika Anda mulai terasa diare. Caranya hanya dengan menyeduh dua sendok makan teh tubruk dengan 250 ml air mendidih. 

Air Kelapa

Pohon Kelapa merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat di semua bagian pohonnya. Bahkan, air kelapanya pun memiliki manfaat bagi tubuh, termasuk mengatasi diare. Air kelapa dapat membantu mengurangi terjadinya dehidrasi pada tubuh yang telah banyak kehilangan cairan. Namun, air kelapa yang dikonsumsi jangan ditambah campuran apapun, ya!

Pisang

Pisang memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin dapat membantu menyerap cairan di usus serta merangsang gerak isi perut. Jika Anda mengalami keluhan berupa perut tidak nyaman ketika diare, cobalah makan pisang jenis apapun. Selain pektin, kandungan kaliumnya yang tinggi juga dapat mengembalikan kadar elektrolit pada tubuh. 


Jus buah

Mungkin sebagian orang mengira bahwa makanan tinggi serat akan semakin memperparah diare. Faktanya, serat tetap diperlukan ketika Anda  sedang diare. Salah satu sumber serat bisa Anda dapatkan pada buah-buahan. Tentu saja jus buah yang memenuhi syarat adalah jus buah tanpa gula atau pemanis lainnya.
Nah, itulah beberapa minuman dan makanan yang dapat kita konsumsi saat sedang diare guna menghindari dehidrasi dan segera sembuh. Selain minuman dan makanan herbal, jika diperlukan, Anda juga bisa mengkonsumsi obat diare seperti Entrostop dan lainnya. Namun, pastikan Anda sudah membaca dosis obat tersebut agar pengobatan mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

Jadi, minuman herbal mana yang Anda pilih untuk mengatasi diare? Yuk cek isi dapur lalu bergegas membuatnya!

Semoga lekas sehat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
" Minuman Herbal Pereda Diare yang Mudah Dibuat di Rumah"

  1. kalo diare saya paling bisa mengandalkan oralit mas, karena yang paling mudah bikinnya, cukup gula dan garam aja.

    btw yang lain2 jadi refrensi tambaan untuk saya, air kelapa memang mujarab juga

    BalasHapus
  2. Kalo udah urusan sama diare biasanya langsung konsumsi obat sama minum teh hangat. Sebuah kebiasaan yang diturunkan sejak kecil. Mau apapun sakitnya, kalo sudah sakit dikasih minumnya ya kalo gak air putih ya teh hangat

    BalasHapus
  3. jus buah memang paling juara :D

    BalasHapus