Resep Dan Cara Memasak Semur Ayam

Semur ayam merupakan makanan sejenis sup daging yang berasal dari Jawa. Orang Jawa cenderung menyukai makanan yang manis, maka tidak heran kecap manis menjadi pelengkap utama dalam makanan ini.

Semur ayam kemudian diadopsi di daerah lain di Indonesia. Orang Betawi di Jakarta menyajikan hidangan ini saat lebaran (Idul Fitri) dan perayaan lainnya. Banyak orang memasak semur ayam untuk dimakan bersama ketupat saat sedang hari raya idul fitri. Mereka biasanya juga menambahkan kentang ke dalam hidangan tersebut. 


Selain disantap bersama ketupat, ayam semur juga bisa disantap bersama nasi yang dikemas dalam bungkusan daun lontar, tetapi Anda juga bisa menyantapnya dengan nasi biasa.
 
Bahan utama semur ayam adalah kecap manis. Bumbu yang digunakan beragam namun mudah sekali didapatkan, yaitu cengkeh, kayu manis, jintan dan pala. Hidangan ini biasanya dihiasi dengan bawang goreng di atasnya.
 
Nah, bagi Anda yang berencana untuk memasak semur ayam, bisa terus menyimak artikel ini. Anda akan menemukan resep semur ayam secara lengkap. Simak baik-baik, ya!

Bahan Semur Ayam

  • 8 potong paha ayam. Anda bisa menggunakan daging ayam bagian lainnya. Jika menggunakan bagian dada, pakai 4-5 potong saja.
  • Untuk bumbu ayam: 1 sendok teh garam
  • Untuk bumbu ayam: 1 sendok teh lada hitam
  • 2 kentang, kupas dan potong dadu
  • Untuk menggoreng ayam dan kentang: minyak sayur
  • Untuk bumbu: 3 bawang merah kecil atau 1 bawang merah besar, dipotong-potong agar mudah diolah dalam food processor
  • Untuk bumbu: 3 siung bawang putih, dibelah dua agar mudah diolah dalam food processor
  • Untuk bumbu: jahe segar 1 inci, iris 4 agar mudah diolah dalam food processor
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 batang serai, bagian putihnya saja dan hancurkan dengan bagian belakang pisau untuk mengeluarkan minyak. 
  • 3 gelas air
  • 6 sendok makan kecap manis atau sesuai selera
  • 1/4 sendok teh pala bubuk (bubuk pala)
  • 1 sendok teh garam atau secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sendok teh kaldu ayam
  • Sejumput lada hitam
  • Opsional: bawang goreng

Cara Membuat Semur Ayam

  1. Dengan menggunakan tisu, tepuk-tepuk ayam untuk mengeringkannya agar minyak tidak berceceran saat menggoreng. Bumbui ayam dengan garam dan merica di semua sisi. Gunakan setidaknya sejumput garam dan merica di setiap sisi.
  2. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Goreng kentang potong dadu sampai berwarna cokelat keemasan. Kentang tidak perlu benar-benar matang karena kita akan terus memasaknya dengan ayam. Dengan menggunakan sendok berlubang, angkat dan letakkan di atas piring. 
  3. Goreng potongan ayam hingga berwarna cokelat keemasan dan warnanya tidak lagi merah muda. Pastikan wajan tidak terlalu penuh saat Anda menggorengnya. Bergantung pada ukuran wajan Anda, Anda dapat menggorengnya secara bertahap. Setelah berwarna cokelat keemasan, keluarkan dengan sendok berlubang dan letakkan di atas piring yang dilapisi handuk kertas.
  4. Saat menggoreng kentang dan ayam, masukkan bawang merah, bawang putih, dan jahe ke dalam food processor. Proses sampai hancur.
  5. Panaskan 2 sendok makan minyak sayur dalam panci besar dengan api sedang. Tambahkan bumbu dan serai ke dalam panci dan tumis hingga harum. Tambahkan potongan ayam ke dalam panci dan aduk untuk melapisinya dengan pasta bumbu. Masak selama 2 menit agar ayam dapat menyerap rasa bumbu. Tambahkan air, kecap manis, pala bubuk, garam, gula, kaldu ayam, cengkeh (jika digunakan) dan lada hitam ke dalam panci. 
  6. Aduk cairan untuk mencampur semua bumbu. Pastikan semua potongan ayam benar-benar terendam dalam cairan. Biarkan cairan mendidih. Setelah cairan mendidih, kecilkan api hingga mendidih. Biarkan mendidih selama 25 menit. Setelah mendidih selama 25 menit, tambahkan kentang. Cicipi cairannya dan tambahkan lebih banyak bumbu jika perlu. Biarkan terus mendidih selama 5 menit lagi. Periksa apakah ayam dan kentang sudah matang sepenuhnya.
  7. Buang serai. Pindahkan makanan ke piring saji. Jika sudah, taburi bagian atasnya dengan bawang goreng. 
  8. Ayam semur sudah siap untuk disajikan. Silahkan dapat Anda sesuaikan dengan pelengkapnya, nasi atau ketupat.
Nah, itulah resep ayam semur dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan rasa semur ayamnya enak, ya! Salam bahagia.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Resep Dan Cara Memasak Semur Ayam"

  1. Pas banget, dirumah lagi banyak daging sisa perayaan maulid. Eman-eman kalo ngedekem di kulkas sama diolah jadi ayam krispi doang.

    Terima kasih buat sharing tips dan trik masak ayam semurnya mas 😊🙏

    BalasHapus
  2. Polyethylene is a lightweight thermoplastic molding material that has excessive chemical resistance, elasticity, and electrical insulating properties. You’ll find it in all places in shopper plastic parts, milk bottles, medication and detergent bottles, plastic luggage, and trash cans. PE can also be|can be} the most common injection molding resin for making House Shoes for Women toys end result of|as a result of} it’s non-toxic and may take a beating with out grievance. Polyurethane, is molded into parts corresponding to vehicle bumpers and inside panels by way of a course of identified as|often recognized as} response injection molding, or RIM. In the presence of a catalyst corresponding to a tin cleaning soap, the 2 reactants quickly type a community joined primarily by urethane teams.

    BalasHapus