4 Rekomendasi Model Sofa Best Seller untuk Menambah Kesan Minimalis Rumah Anda!

Sofa merupakan salah satu furniture yang bisa dikatakan wajib ada dalam ruang tamu. Selain memiliki fungsi utama untuk tempat duduk tamu maupun tuan rumah, sofa juga memiliki fungsi lain yakni untuk memperindah ruangan.

sumber : pinterest.com

Model dan desain sofa pun sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep dan juga ukuran ruangan. Saat ini juga sudah banyak toko yang jual sofa secara custome, jadi Anda bisa memesan sofa dengan model dan ukuran yang sesuai dengan keinginan.

Nah, apakah Anda sedang mencari furniture untuk ruang tamu, ruang keluarga ataupun kamar? Yuk, intip beberapa inspirasi model sofa berikut ini.

Sofa Leter L

Bagi Anda yang memiliki ruangan tidak terlalu lebar namun ingin mendapatkan kesan luas pada ruangan tersebut, Anda bisa memilih sofa dengan model leter L. Sofa yang menyatu di bagian sudut ini sendiri ada banyak seri.

sumber : pinterest.com

Yang pertama yakni sofa dengan senderan di seluruh sisinya, sehingga memberikan kesan lebih mewah. Selain itu ada juga sofa leter L yang hanya memiliki senderan pada satu sisinya saja, sementara sisi lain hanya berupa sofa tanpa senderan.
Baca Juga : Tips Sederhana Agar Rumah Minimalis Tetap Sehat dan Bersih
Model kedua ini lebih cocok untuk ruangan yang kecil karena akan memberikan efek lebih minimalis dan simple. Untuk jumlah dudukannya sendiri beragam, ada yang terdiri dari 7 dudukan, 5 dudukan dan lain sebagainya.

Sofa Set Mix Kayu

Punya hunian dengan gaya vintage? Mungkin Anda bisa mencari sofa yang dipadukan dengan kayu pada bagian kaki-kakinya ataupun sandarannya. Kesan vintage akan didapatkan dari paduan kayu dan material sofa lain baik kayu, PU leather, beludru atau material lain.

sumber : pinterest.com

Untuk desainnya sendiri sangat beragam. Salah satu desain paling klasik yakni sofa dengan kaki-kaki kecil dan memiliki detail atas begitu simpel. Sementara untuk desain yang lebih modern adalah bagian kaki-kaki yang tertutup (tanpa kolong) namun dengan material full kayu. Sementara material tambahannya hanya pada bagian sandaran dan dudukannya.

Sofa 2 atau 3 Dudukan

Baru-baru ini, rumah model shabby chic sedang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Rumah dengan kesan cute namun tetap tampak minimalis ini memang cocok untuk bangunan dengan luas terbatas.

sumber: pinterest.com

Nah rumah-rumah shabby chic inipun biasanya memiliki ruang tamu atau ruang keluarga yang relatif kecil, dan hanya bisa digunakan untuk satu sofa saja. Tapi apa tidak aneh jika dalam satu ruangan hanya terdapat 1 buah sofa saja?

Tapi tidak perlu khawatir, karena sekarang Anda bisa memilih sofa 2 atau 3 dudukan yang kemudian dipadukan dengan kursi bulat motif. Paduan sofa dan kursi mini ini justru akan memperkuat kesan shabby chic pada hunian Anda. Nah untuk mejanya sendiri biasanya menggunakan meja kayu minimalis yang memiliki kaki-kaki dari besi las.

Sofa Single

Nah bagi Anda yang sedang mencari sofa untuk di kamar, sofa single tampaknya lebih cocok. Sofa yang banyak digunakan untuk bersantai saja ini memang secara desian tak jauh berbeda dengan sofa 2 atau 3 dudukan, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil.

sumber : pinterest.com

Selain dipasangkan langsung dengan meja kecil, sofa single juga bisa Anda padukan dengan sofa lain. Biasanya, sofa single sendiri dibuat dengan sandaran yang lebih tinggi dibanding sofa lain, karena memang dikhususkan untuk bersantai.

Empat model sofa di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Namun selain model sofa, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti bahan, ukuran dan lainnya. Biasanya detail-detail tersebut akan tertulis pada tempat jual sofa yang Anda kunjungi.

Panduan Memilih Sofa yang Tepat

Tapi untuk gambaran, berikut adalah panduan untuk memilih sofa yang tepat bagi hunian Anda.

Ukuran

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah ukuran dari sofa tersebut. Terlebih lagi jika ruangan Anda terbatas, maka ukuran harus dipertimbangkan sedetail mungkin.

sumber : pinterest.com

Untuk menghindari ketidak cocokan ukuran sofa dan ruangan, tentu akan lebih baik jika Anda langsung custome ukuran yang dibutuhkan.

Material

Ada begitu banyak material yang bisa digunakan untuk sofa, dan semuanya tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Semisal material kain yang cenderung lebih hangat namun juga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra khususnya pada proses pembersihan.
Baca Juga : Ini Dia 4 Jenis Meja Kantor yang Ideal dan Wajib Ada
Sementara untuk material dari PU leather lebih mudah pada pembersihannya dan Anda hanya perlu menggunakan lotion agar sofa tidak mudah retak-retak. Hanya saja bahan ini rawan sobek jika terkena benda tajam semisal gunting, pisau atau benda lainnya.

sumber : pinterest.com

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan, Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Warna dan Motif

Selanjutnya warna dan motif, disini Anda perlu memilih sofa yang sesuai dengan konsep ruangan. misalnya jika Anda memiliki ruangan dengan konsep kontemporer, tentu tidak akan cocok dipadukan dengan sofa yang memiliki motif ramai dan penuh warna.

sumber : pinterest.com

Nah, itulah beberapa model sofa yang bisa Anda tempatkan di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar. Jangan sampai Anda salah pilih tempat jual sofa dan temukan sofa terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Selamat berburu sofa terbaik dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"4 Rekomendasi Model Sofa Best Seller untuk Menambah Kesan Minimalis Rumah Anda!"

  1. Wah makasih tipsnye Mas. Memang Kebetulan lagi nyari sofa. Nyari aja dulu, beli mah belakangan, hahahahaha...

    Saya naksir yang sofa mix kayu, desainnya minimalist dan unique...

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.