Tips Memilih Produk Pembersih Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

Dalam merawat kulit, membersihkan wajah adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Melakukan pembersihan pada wajah merupakan hal yang penting untuk menghindari masalah kulit pada wajah, kusam dan berjerawat.


Banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk seharian, terlebih saat sedang beraktivitas di luar ruangan menjadi faktor utama yang biasa terjadi dengan masalah kulit wajah. Pori-pori yang tersumbat karena adanya kotoran bahkan dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dari jerawat.

Saat membersihkan wajah, hampir setiap orang menggunakan produk pembersih wajah. Namun faktanya, tidak sedikit dari mereka yang salah dalam memilih produk pembersih wajah karena tidak sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Nah, jika Anda termasuk salah satu dari mereka, maka sebaiknya Anda mengetahui jenis kulit yang dimiliki terlebih dahulu. Ya, betul! Ini penting karena dengan menegetahui jenis kulit, Anda juga pasti akan tahu apa yang dibutuhkan oleh kulit wajah plus dapat menghindari dari resiko kerusakan kulit pada kulit yang sensitif.

Salah satu jenis kulit yang dimiliki oleh sebagian besar orang adalah kering dan kusam. Kulit wajah yang kering biasanya terasa kencang setelah dicuci sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Teksturnya juga kasar dan terdapat garis-garis halus pada wajah.

Nah, jika Anda memiliki jenis kulit wajah kering dan kusam, maka Anda dapat mempertimbangkan beberapa produk pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam dengan tips sebagai berikut.

1. Kadar Busa

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah produk dengan kadar busa yang rendah atau sedikit. Hal ini agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Biasanya, produk pembersih wajah yang memiliki busa lebih banyak mengandung deterjen yang akan membuat wajah Anda semakin kering.
Jadi, pastikan bahwa produk pembersih yang Anda gunakan tidak terlalu banyak mengandung kadar sabun, ya!

2. Sabun Batang

Selain pembersih wajah dengan kadar busa yang banyak, Anda juga sebaiknya menghindari pembersih wajah dalam bentuk sabun batang. Hal ini karena sebagian besar sabun batang biasanya terbuat dari detergen yang akan membuat kulit menjadi semakin kering.

3. Bebas Pewangi dan Alkohol

Hindari pembersih wajah yang mengandung pewangi dan alkohol. Alkohol dapat mengurangi kelembapan pada kulit wajah, lho! Wajah yang memiliki kulit yang kering sulit untuk memproduksi minyak dan melembapkan kulit sehingga kelembapan kulit perlu dijaga.

4. Gliserin dan Urea

Bahan alami seperti gliserin dapat meningkatkan kelembapan kulit secara efektif sehingga mencegah kekeringan. Bahan alami lebih aman digunakan untuk segala jenis kulit. Maka produk pembersih wajah dengan kandungan gliserin sebaiknya yang Anda gunakan.
Sumber : kompas.com
Selain Gliserin, Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah yang megandung urea. Urea dapat mengatasi kondisi kulit kering. Zat ini dapat membantu mengurangi kehilangan air yang membuat kulit menjadi cepat kering.

5. Asam salisat dan asam glikolat

Kedua asam ini tidak dianjurkan oleh pemilik wajah dengan tipe kulit yang kering karena kedua zat ini dapat menyerap minyak yang justru dibutuhkan oleh kulit kering. Asam salisat dan asam glikolat merupakan kandungan yang cocok untuk produk yang ditujukan pada wajah berminyak.

6. Bahan Antibakteri

Produk pembersih wajah dengan antibakteri tidak dianjurkan pada tipe kulit kering. Hal ini karena bahan antibakteri dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga memperparah kondisi kulit kering.

7. Memilih pH

Untuk memilih produk pembersih wajah pada kulit kering, Anda juga perlu memperhatikan pHnya. Pilihlah produk dengan pH netral dan bertekstur creamy serta bebas kandungan sabun.
Tekstur creamy dibutuhkan karena kulit kering tidak cocok dengan produk pembersih yang mengandung scrub. Hal ini hanya akan semakin membuat kulit menjadi kering. Jangan memilih produk pembersih yang mengandung bahan aktif exfoliating seperti asam salisilat atau asam glikolat.

8. Kandungan Moisturizer

Satu hal yang juga sangat penting diperhatikan dalam merawat kulit wajah kering. Pilihlah produk pembersih wajah dengan kandungan moisturizer. Hal ini karena produk ini dapat memproduksi minyak alami pada wajah sehingga dapat menjaga kelembapan wajah dan terbebas dari rasa kering. Anda dapat mencari pembersih wajah yang dapat yang mengandung essential oils atau dengan bahan dasar minyak untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Nah, itulah tips dalam memilih pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam yang mungkin dapat bermanfaat. Anda juga dapat mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan, terutama untuk kulit kering. Sebagai referensi, Anda dapat melihat rekomendasi produk yang sesuai dengan kulit Anda di Nivea beauty skin care
.
Semoga bermanfaat, ya! Selamat merawat wajah dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Tips Memilih Produk Pembersih Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam"

  1. Wah ternyata harus dilihat dari kadar busanya juga ya, biar gak iritasi. Nice info..

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.