Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli AC Terbaik

AC (Air Conditioner) merupakan salah satu jenis barang elektronik yang populer digunakan di rumah maupun apartemen untuk mendinginkan ruangan. Terlebih bagi hunian yang berada di kawasan beriklim panas dan lembap.

Seiring perkembangannya, saat ini banyak varian merk dan teknologi yang terdapat pada AC di pasaran, yang jika saat memilihnya tidak dilakukan secara teliti dan penuh pertimbangan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli AC, agar setelah dipasang dalam ruangan fungsinya bekerja sesuai kebutuhan Anda. 

Pilih yang Hemat Listrik

Tidak sedikit, orang memilih AC karena harganya lebih murah dari pada kebutuhan listriknya lebih hemat. Jika Anda bingung untuk memilihnya, pilih saja AC yang sudah dilengkapi dengan teknologi inverter.

AC dengan teknologi inverter memiliki beberapa kelebihan, yaitu pertama, hanya diperlukan waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Kedua, tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak dibekali teknologi inverter.

Selain itu, AC dengan tekbnologi inverter juga lebih hemat energi karena menggunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Terakhir, fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak pernah terjadi.

Pertimbangkan segi kesehatan

Saat ini, setelah perkembangan teknologi AC terus di-update, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang mampu membunuh virus dan bakteri, yakni plasmacluster.

Baca Juga : 4 Daftar dan Spesifikasi AC Paling Murah Ukuran 1/2 PK

Teknologi ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kesehatan anggota keluarga di dalam rumah meskipun hanya mengandalkan AC.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Umumnya, beberapa orang berpikir bahwa AC ½ PK (Paardekracht/ tenaga kuda) pas untuk ruang berukuran kecil.

Sebaliknya, ruang besar membutuhkan AC 2 PK, tanpa mempertimbangkan tingkat kebutuhan. Jarang disadari, ternyata ada rumus menghitung kapasitas AC berdasarkan ukuran ruang yang hasil perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • AC ½ PK dapat menjangkau ruangan dengan luas 6-10 meter persegi.
  • AC ¾ PK untuk ruang 9-14 M2
  • AC 1 PK untuk ruang seluas 11-18 M2
  • AC 1,5 PK bisa menjangkau ruang seluas 15-24 M2.
  • AC 2 PK bisa dipasang pada ruang seluas 22-36 M2
  • AC 2,5 PK pada area 20-48 M2.

Rekomendasi AC Terbaik Untuk Anda

Ada bebeapa jenis, tipe dan teknologi AC yang beredar di pasaran, salah satunya adalah merek Daikin. AC Premium Daikin hadir dengan berbagai pilihan, dilengkapi dengan teknologi dan fitur yang sangat cocok untuk Anda. 

Nah, berikut merupakan e-catalog rekomendasi AC premium Daikin:

1. FTV 15BXV14

Tipe AC ini merupakan AC yang yang memiliki teknologi hemat energi, fiturnya lengkap dan sangat nyaman untuk teman beraktivitas sehari-hari di dalam rumah. AC tipe ini sangat cocok untuk ruangan yang minimalis, karena suara yang dihasilkan tidak terlalu bising.

2. FTNE 15 MV14

Selain telah dilengkapi teknologi hemat listrik, karena hanya membutuhkan daya 380 watt saja, tipe AC ini juga menghasilkan suhu dingin yang merata pada seluruh ruangan. Dijamin, aktivitas dalam ruangan yang Anda lakukan akan terasa sangat sejuk dan nyaman. 

3. FTKC 25 PVM

Tipe AC ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kesehaan keluarga. Ya, AC tipe ini memiliki teknologi dapat menyaring udara dengan pemurni udara titanium, sehingga udara dan suhu yang dihasilkan bersih dan sehat.

AC ini juga mampu menghemat energi dan termasuk AC ramah lingkungan. Suara yang dihasilkan juga tidak akan mengganggu aktivitas Anda, karena hanya menghasilkan suara 22 desibel saja.

Nah, itulah beberapa tips sebelum membeli AC sekaligus rekomendasi yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang sedang mencari AC.

Semoga bermanfaat dan AC impian segera Anda dapatkan. Salam bahagia..

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli AC Terbaik"

Posting Komentar