Mau Liburan Keluarga ke Jogjakarta sesuai Kebutuhan dan Keadaan? Ini Tipsnya!

Jogjakarta, siapa yang tidak mengenal kota ini? Kota yang kata banyak orang memiliki segudang cinta dan sejuta kenangan. Ngomongin Jogja, juga tidak akan pernah ada habisnya. Banyak hal yang membuat siapapun yang pernah mengunjunginya berharap untuk bisa kembali lagi. Kembali untuk semua hal, nostalgia, bercinta, berwisata, menikmati kuliner dan semuanya!


Mengunjungi Jogjakarta juga tidak jarang dijadikan agenda liburan keluarga. Hal tersebut terjadi karena selain banyak destinasi liburan keluarga yang bisa dikunjungi, ramah wisatawan, mode transportasi untuk sampai ke kota ini juga beragam. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keadaan. :)
Nah, berbicara soal liburan keluarga ke Jogjakarta yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan, berikut saya punya tipsnya. Semoga bermanfaat, ya..

1. Sesuaikan Tanggal Liburan
Salah satu faktor suksesnya liburan keluarga adalah waktu yang tepat. Tidak sedikit, keluarga dilema antara memilih berlibur saat tanggal merah atau saat hari kerja. Apalagi jika anak-anak sudah mulai sekolah. Maka tanggal merah atau saat libur sekolah adalah waktu yang cocok untuk berwisata, dengan resiko harus berbagi tempat wisata dengan banyak keluarga lainnya yang memiliki masalah yang sama.

Sebenarnya tidak masalah jika harus tetap dipaksakan liburan bersama keluarga saat hari libur, tetapi dapat dipastikan kita tidak bisa berwisata dengan nyaman. Biasanya, yang paling sering terjadi adalah macet, sulit cari tempat parkir, tempat foto terbatas dan bahkan tidak jarang yang kehabisan menu makanan.

Disini pentingnya sebuah keluarga betul-betul menyesuaikan tanggal berliburnya sebelum beberapa hal tersebut di atas terjadi. Apalagi Jogja terkenal sangat ramah traveler. Pasti akan tumpah ruah oleh wisatawan saat musim liburan.

2. Pilih dan Pesan Tiket Transportasi Sejak Dini
Jika tanggal liburan sudah sesuai, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih dan memesan tiket transportasi sejak dini. Memesan tiket sebelum masa liburan sudah pasti akan jauh lebih murah. Mode transportasinya bisa disesuaikan, mode darat atau udara. Darat bisa dengan sewa mobil, bus atau kereta, udara dengan pesawat yang sudah ada bandara internasional dengan segala jenis penerbangan dalam dan luar negeri. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keadaan. :)
Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api dengan Harga Super Murah
3. Minimalisir Kebutuhan Makan, Shopping dan Oleh-oleh
Ingat iklan minuman teh kemasan botol itu, kan? Pedekate sama cewek, makan. Syukuran, makan. Stres, makan. Reunian, makan dan seterusnya, dan seterusnya. Jadi, makan itu adalah sebuah keharusan. Pun juga saat liburan. Tetapi, untuk menghindari membengkaknya anggaran liburan, maka untuk kebutuhan makan harus seminimalis mungkin. Apalagi harga makanan ditempat wisata pasti agak sedikit mahal, ditambah lagi ketika musim liburan. Dijamin, jika tidak diminimalisir akan membuat kantong soak! :D




Selain urusan makan yang harus diminimalisir, jangan lupa juga degan shopping  dan oleh-oleh.. Biasanya, dari saking senangnya saat berwisata, sampai lewat batas saat berbelanja, baik untuk diri sendiri atau oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, tetangga, teman dan semuanya.

Banyak yang bilang, berwisata tanpa shopping bagai taman tak berbunga. Memang iya, tetapi harus bisa mengatur keutuhan belanja dengan baik. Nah, untuk urusan belanja saat di Jogja tetap bisa  dilakukan karena bayak sekali tempat berburu khas Jogja yang murah tapi berkualitas.
Jl. Malioboro Jogjakarta via eksotisjogja.com
Jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Beringharjo dan Malioboro untuk urusan berbelanja hemat. Di dua tempat ini semuanya ada, terutma yang khas dengan Jogja. Tetapi yang harus selalu diingat, untuk medapatkan harga yang paling murah, harus pintar untuk menawar.

4. Pesan Penginapan yang Nyaman untuk Sekeluarga 
Selain tiket transportasi, pemesanan penginapan juga bisa dilakukan pada awal sebelum liburan bersama keluarga. Di Jogja, banyak sekali tempat penginapan, mulai dari yang berbintang sampai kelas bawahan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya memesan penginapan yang dekat dengan akses transportasi umum ataupun yang dekat tempat wisata seperti di kawasan Malioboro. Intinya dalam pemilihan tempat penginapan, sekeluarga merasa nyaman, cukup!

5. Selektif dan Bijak Memilih Mode Transportasi Selama di Jogja
Jika Anda dan keluarga berwisata ke Jogja menggunakan mode transportasi umum, maka sebaiknya Anda harus menyewa mobil untuk bisa sampai ke seluruh destinasi yang telah direncanakan. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih untuk sewa mobil Jogja, dengan beragam harga dan fasilitas. Sekali lagi, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan.
Kenapa harus sewa mobil? Karena selain lebih hemat dari pada harus menggunakan taksi, Anda juga akan benar-benar bisa menikmati semua momen bersama keluarga. Anda tidak perlu buru-buru karena diburu waktu, khawatir tidak menemukan kendaraan umum, atau hal lainnya.
Namun dalam pemilihan perusahaan jasa sewa atau rental mobil Jogja, Anda harus selektif dan bijak. Mulai dari pemilihan kendaraan yang harus disesuaikan dengan kenyamanan keluarga, harga, fleksibilitas dengan waktu dan semuanya. Memang terdengar mudah, jika hanya untuk sewa mobil biasa. Tetapi tidak dengan saat menyewa mobil untuk keluarga, apalagi untuk kegiatan berwisata, tentu harus benar-benar selektif dan bijak.

Nah, itulah beberapa tips liburan bersama keluarga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Mau Liburan Keluarga ke Jogjakarta sesuai Kebutuhan dan Keadaan? Ini Tipsnya!"

  1. Menyewa mobil sepertinya boleh tuh, lebih hemat diongkos ya. Terus kalau mau jalan-jalan ke mana saja juga enak.

    BalasHapus
  2. Rental mobil atau sepeda motor yang banyak di Yogya bisa jadi pilihan menarik buat ke banyak lokasi wisata disana ...

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.