Tips Liburan Hemat, Menyenangkan, Nyaman dan Efektif

Liburan, siapa sih yang tidak menyukai kegiatan menyenangkan satu ini? Hampir semua orang menyukainya walaupun hanya untuk sekedar menyegarkan pikiran setelah beraktifitas cukup lama. Entah itu aktifitas di kantor, rumah sekolah atau kampus dan aktifitas lainnya.

Meski menyenangkan, tetapi tidak jarang seseorang enggan untuk berlibur karena keterbatasan dana. Atau mungkin berlibur dengan uang pas-pasan? Hahaha
Dalam kegiatan apapun, uang memang menjadi faktor penting untuk kesuksesannya, termasuk juga dalam liburan. Ada beberapa tips agar liburan yang kita lakukan berjalan lancar, menyenangkan, nyaman, efektif dan tentunya hemat.
Berikut tipsnya..

Hindari musim liburan
Nah, ini yang penting. Tarif tiket dan tarif-tarif lainnya biasanya naik dua kali lipat saat musim liburan dibanding hari biasa. Biasanya, tarif akan naik saat liburan sekolah, libur nasional, dan libur keagamaan seperti libur Idul Fitri. Pada hari-hari tersebut, semua tarif relatif lebih mahal dari hari biasanya. Mulai dari tiket transport, tiket masuk, bahkan harga makanan juga relatif mahal.

Jangan terlalu banyak membawa barang
Membawa barang yang terlalu banyak pasti akan merepotkan, terlebih saat kita menggunakan transportasi umum. Kita harus cermat dalam menyeleksi barang yang akan dibawa saat liburan.

Utamakan membawa barang yang benar-benar dibutuhkan. Hindari barang yang tidak terlalu penting. Pemilihan barang tiap orang pasti berbeda. Intinya, kita harus cermat dalam memilih barang yang akan dibawa.

Cermat memilih transportasi
Transportasi menjad salah satu hal yang juga penting saat berlibur. Baik transportasi perjalanan untuk sampai ke tempat liburan atau transportasi di tempat liburan itu sendiri.
Sebaiknya gunakan transporatasi umum, seperti angkot, bus dan kereta. Ojek online juga bisa dijadikan solusi transportasi saat kita telah sampai di tempat berlibur dan ingin berkeliling disekitar tempat liburan tersebut. Sebelum berangkat berlibur, kita juga sudah harus tahu transportasi apa yang akan kita gunakan. Hal ini juga penting agar tidak tersesat saat waktu berlibur telah tiba.

Hotel atau penginapan
Dalam pemilihan hotel atau penginapan kita juga harus selektif. Selain fasilitas dan harga, kemudahan akses layanan juga perlu diperhatikan. Akses layanan ini meliputi jarak tempuh ke atau dari tempat berlibur, tersedianya pengaduan layanan dan yang paling penting adanya aplikasi booking hotel online.

Manfaatkan paket wisata
Jika Anda berencana berlibur bersama teman atau keluarga, maka saya sarankan agar Anda memanfaatkan paket wisata. Paket wisata biasanya akan menghemat biaya perjalanan, biaya hidup, dan biaya menginap. Paket wisata sudah ditentukan oleh pengelolanya, mulai dari biaya makan, menginap, biaya perjalanan, bahkan biaya di tempat wisata. Maka Anda tidak perlu repot dalam beberapa hal, karena sudah diatur dan direncanakan oleh agen travel dalam paket wisata yang dipilih.

Selektif dalam hal pembelian souvenir
Tidak enak memang jika sepulang liburan kita tidak membawa souvenir, oleh-oleh, buah tangan atau apalah namanya. Tetapi jika kita bisa menghindari hal ini, tentu kita bisa menghemat pengeluaran.
Kalaupun memang wajib membeli souvenir, belilah souvenir yang murah tetapi khas daerah dimana tempat kita berlibur. Agar kita bisa benar-benar menghemat pengeluaran dalam hal souvenir, jauh hari sebelum berangkat kita bisa mencari informasi terlebih dahulu, dimana tempat penjualan souvenir yang murah atau bahkan juga bisa ditawar. :D

Nah, itulah Tips Liburan Hemat, Menyenangkan, Nyaman dan Efektif  yang dapat saya sajikan. Semoga bermanfaat dan liburan Anda berjalan lancar.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Tips Liburan Hemat, Menyenangkan, Nyaman dan Efektif "

  1. Kalau aku selalu memperhitungkan budget dulu wkwkwkwkkw
    Abis itu penginapannya dan transportasinya plus kulinernya dong
    makasih mas tips liburannya

    BalasHapus
  2. liburan dimusim liburan tak hanya mahal.. biasanya tempat wisata terlalu ramai..sumpek bahkan kotor.. gak cocok buat refresh pikiran.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.