Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memandikan Bayi

Memandikan bayi memerlukan sedikit ketelatenan dan cara yang tentunya berbeda dengan memandikan anak-anak. Bayi memiliki kulit yang lebih sensitif dan lebih tipis sehingga lebih mudah iritasi. Kesalahan dalam memandikan si kecil akan berdampak besar terhadap kondisi kesehatan kulitnya. Misal kulit jadi lebih mudah kering hingga alergi.


Untuk menghindari beberapa hal tersebut di atas, maka sebaiknya orang tua melakukan pemilihan sabun bayi yang aman untuk si kecil. Berikut ini adalah kesalahan yang biasa dilakukan orang tua.

1. Sehabis mandi tidak dikeringkan dengan benar

Tidak sedikit orang tua yang asal-asalan dalam mengeringkan tubuh bayi selepas mandi. Mereka menganggap selama sudah dimandikan maka kulit bayi akan aman-aman saja.
Baca Juga : Ayah Juga Bisa Lho, Bersihkan Botol dan Mainan Si Kecil!
Padahal membiarkan kulit bayi terutama di bagian lipatan dalam keaddan basah justru dapat menyebabkan kulit iritasi akibat gesekan. Belum lagi jika saat mengeringkan orang tua menggunakan handuk yang tidak dicuci dengan sabun cuci pakaian bayi. Handuk yang dicuci dengan detergen biasa rentan menyebabkan kulit bayi semakin iritasi.

2. Menggunakan sabun biasa

Beberapa orang tua menganggap sah-sah saja memandikan bayi menggunakan sabun biasa. Padahal, sabun biasa tidak didesain untuk kulit bayi yang masih sensitif. Sebaiknya, orang tua menggunakan sabun yang memang diformulasikan khusus agar cocok untuk kulit bayi yang mudah iritasi.
Salah satunya menggunakan Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair and Body Wash yang memang didesain khusus untuk bayi.

3. Terlalu sering dimandikan

Ingin agar bayi selalu dalam keadaan bersih sebenarnya sah-sah saja. Namun, orang tua sebetulnya tidak perlu memandikan si kecil terus-menerus agar bayi tetap bersih. Cukup lap saja kulit bayi menggunakan lap basah apabila ingin agar kulit tetap bersih. Terlalu sering memandikan si kecil justru menyebabkan kulit mudah kering.

4. Jangan terlalu banyak memberikan sabun

Sabun yang terlalu banyak bukannya membuat bersih. Sebaliknya justru dapat menyebabkan kulit bayi semakin kering. Oleh karena itu gunakan sabun secukupnya. Selain jumlah sabun yang diaplikasikan di kulit, gunakan pula sabun cuci yang aman pada pakaian bayi untuk menjaga kulitnya tetap sehat

Nah, itulah beberapa kesalahan yang harus orang tua hindari saat memandikan si kecil. Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memandikan Bayi"

  1. Ternyata kebiasaan yang selama ini dilakukan, kurang tepat ya. Jadi nambah informasi lagi nih....

    BalasHapus
  2. Pas banget nih infonya, kalo mandiin bayi suka takut2

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.