Beberapa Hal Penting yang Perlu Diketahui saat Sedang Hamil Muda

Setelah menikah dan langsung menjalani program ingin segera memiliki anak, kehidupan perempuan pasti akan mengalami perubahan. Jika Allah mengizinkan, maka dalam waktu dekat ia akan mengalami tanda – tanda menstruasi berhenti. Hal tersebut bisa dijadikan tanda paling dini bahwa perempuan sedang hamil.


Untuk menegtahui lebih lanjut, bisa dilakukan dua tes, tes mandiri atau bisa dengan melakukan tes ke bidan atau dokter spesialis kandungan. Sepengalaman kami, untuk melakukan tes kehamilan istri secara mandiri adalah dengan menggunakan tespack yang bisa dibeli di apotik. Ikuti panduan, dan alhamdulillah, garis dua!
Baca Juga : Bersama Istri yang Sedang Hamil Muda
Selain melakukan tes mandiri, yang bisa dilakukan untuk lebih memantapkan hati bahwa seorang perempuan sedang hamil adalah melakukan tes kepada bidan atau dokter spesialis kandungan. Biasanya, jika memang positif, maka seorang bidan atau dokter spesialis akan memberikan pesan-pesan tentang apa saja yang harus dilakukan oleh sorang perempuan yang sedang hamil muda. Selain itu, bidan juga akan memberikan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Buku ini memiliki banyak informasi seputar kehamilan, kelahiran hingga proses merawat anak dengan baik.

Buku Kesehatan Ibu dan Anak
Lalu, apa saja hal-hal yang akan terjadi jika perempuan sedang hamil muda? Kami, yang sudah melalui masa ini, mengalami banyak hal baru baik yang fakta maupun yang mitos. Namun yang pasti, kehamilan merupakan sesuatu yang patut disyukuri dan harus dijaga sebaik mungkin hingga proses persalinan tiba.
Baca Juga : Beberapa Mitos Saat Kehamilan
Banyak yang masih bertanya bagaimana ciri-ciri hamil muda 1 bulan yang biasa terjadi? Terutama bagi perempuan yang baru saja menikah, mengetahui informasi ini pastilah sangat penting. Berikut penjelasannya berdasarkan pengalaman kami.

Reaksi Tubuh ketika Hamil muda

Salah satu indikasi adanya kehamilan yang paling umum ialah tidak menstruasi. Sebelumnya seorang perempuan mengalami menstruasi sebulan sekali, namun begitu siklus ini tidak terjadi maka Anda bisa menemui bidan atau dokter untuk memastikan apakah hamil atau tidak.

Reaksi lain yang terasa ketika hamil muda ialah sering merasakan mual dan muntah di pagi hari bahkan bisa terasa hingga sepanjang hari. Perut juga akan sering mengalami kram dan payudara terasa sering nyeri sehingga bisa membuat wanita merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

‘Kumpul’ dengan suami saat hamil muda, boleh atau tidak?

Setelah merasakan adanya ciri – ciri hamil muda yang sehat, biasanya seorang perempuan ada yang mulai khawatir untuk ‘kumpul’ dengan suami. Beberapa waktu yang lalu ada teman yang bertanya hal ini kepada saya, dan saya pastikan bahwa tidak masalah. Asal keduanya sedang memiliki mood yang baik untuk berkumpul dan tidak ada masalah pada kehamilan si istri.

Hal ini sudah pernah saya tanyakan langsung kepada dokter spesialis, dan jawabannya memang boleh. Asal jangan ada paksaan. :D

Hal – hal yang perlu diperhatikan ketika hamil muda

Wanita yang sudah menyadari adanya ciri – ciri hamil muda harus mulai memperhatikan apa saja yang akan dilakukannya, apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan. Begitu dokter memastikan adanya janin yang akan mulai tumbuh dan berkembang di rahim Anda, maka Anda harus bersiap untuk melakukan hal – hal penting berikut ini:
  • Memenuhi asupan nutrisi untuk diri anda terutama kebutuhan mineral yang penting untuk membantu pertumbuhan otak janin dan sumsum tulang belakang;
  • Memiliki berat badan yang cukup;
  • Istirahat dan tidur yang lebih banyak;
  • Sering berkonsultasi ke dokter atau bidan.
Periksa dan Konsultasi kepada dokter atau bidan

Hindari Hal – hal berikut ketika hamil muda

Ada banyak hal yang harus dihindari oleh perempuan yang sedang hamil muda, baik itu yang fakta atau mitos. Akan ada saja pendapat orang lain tentang hal yang harus dihindari. Namun yang pasti, dan ini kami dapatkan langsung dari dokter spesialis kandungan, hal yang harus dihindari oleh perempuan hamil muda adalah ia tidak boleh makan makanan yang serba mentah serta hindari ikan bermerkuri. Hal ini disebabkan karena makanan mentah dan ikan bermerkuri sangat beresiko untuk kehamilan dan bisa saja menyebabkan terjadinya keguguran.

Yang tidak kalah penting untuk dihindari adalah Anda tidak boleh berhubungan dengan alkohol dan cobalah menghindari rokok meski hanya asapnya saja. Alkohol dan rokok sama – sama berbahaya untuk janin Anda. Oh iya, satu lagi, hindari minum kopi terlalu banyak dan jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi.

Nah, itulah informasi yang berkaitan dengan ciri – ciri hamil muda dan apa saja yang harus dilakukan serta harus dihindari. Seorang ibu hamil muda memang wajib berhati – hati dalam segala hal supaya kehamilannya tetap terjaga dengan baik hingga masa persalinan tiba.

Semoga bermanfaat dan salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Beberapa Hal Penting yang Perlu Diketahui saat Sedang Hamil Muda"

  1. Setiap kehamilan itu unik, Saya 3x hamil beda semua. Yang paling aneh yang terakhir, sudah 10 minggu baru ketahuan. Jadi ga ada drama hamil muda seperti kehamilan sebelumnya. :)

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.