Ingin Sukses Merintis Bisnis Baru dari Nol? Ini Caranya!

Tidak jarang saya menemukan rekan yang merasa bosan menjadi karyawan perusahaan, ingin memiliki penghasilan lebih, atau tidak ingin terikat waktu dengan kerjaan dan alasan-alasan lainnya. Intinya, mereka ingin memiliki usaha sendiri, baik di bidang properti, kuliner, pakaian, elektronik, ataupun jasa.


Menjadi pengusaha sukses memang impian banyak orang, namun untuk memulai sebuah usaha tidaklah mudah. Karena telah banyak yang merasakan kegagalan saat menjalankan usaha yang baru dirintis dan tidak sedikit pula yang merasa trauma dan tidak bangkit untuk membangun usahanya kembali. Namun demikian, jika Anda ingin mencoba untuk menjadi pengusaha sukses, maka Anda tidak boleh merasa terpuruk setelah mengalami sekali kegagalan.

Walt Disney, Bill Gates, dan termasuk Chairil Tanjung adalah contoh orang-orang sukses yang berhasil mewujudkan mimpi mereka meskipun telah mengalami berbagai kegagalan. Bahkan kegagalan-kegagalan yang mereka alami justru membuat diri mereka tertantang untuk meraih kesuksesan. Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk merintis bisnis baru yang sukses mulai dari nol. Berikut ini salah satunya.

Mulailah dari Mimpi yang Besar
Setiap orang memiliki mimpinya masing-masing yang ingin diwujudkan dengan caranya sendiri, termasuk menjadi pengusaha sukses. Jika menjadi pengusaha sukses merupakan mimpi besar yang Anda miliki, maka besar juga kesempatan Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut. Karena setidaknya Anda telah memimpikan diri Anda untuk menjadi pengusaha yang sukses.
Baca Juga : Membangun Usaha Digital pada Era Digital
Dengan memiliki mimpi tersebut, maka Anda telah membayangkan bahwa Anda akan menjadi seorang penguasaha sukses suatu hari nanti. Mimpi tersebutlah yang menjadi penyemangat Anda untuk mewujudkannya.

Tentukan Ide Usaha
Menentukan ide usaha yang dijalani merupakan langkah lanjutan jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses. Perlu diketahui bahwa jika Anda ingin merintis sebuah usaha baru, maka akan lebih baik jika bidang usaha yang Anda geluti nantinya sesuai dengan keinganan, hobi, ataupun hal yang Anda sukai (passion).

Menentukan ide usaha memang terkesan sederhana, namun hal ini wajib Anda pertimbangkan sebaik mungkin. Anda dapat melakukannya dengan mencari tahu kemampuan apa yang Anda miliki, mengetahui apa yang menjadi hobi Anda selama ini, melihat apa yang dibutuhkan lingkungan sekitar, mencari tahu apa yang sedang menjadi trend, mengenali bakat Anda sendiri dan banyak hal lainnya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda akan lebih mudah dalam nenetukan ide usaha yang akan dijalani.

Belajar Kepada Ahlinya
Saat ini, sudah banyak tersedia pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh seseorang maupun organisasi atau komunitas tertentu untuk membagi ilmu dan pengalaman mengenai bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses beserta tips dan triknya. Belajar kepada mereka yang ahli merupakan cara yang tepat. Karena dengan demikian, Anda bisa nemabah wawasan dan langkah/cara agar usaha Anda dapat lebih terarah dengan jelas dan tepat.

Selain itu, dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, Anda dapat melakukan pendekatan dengan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Meskipun perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mengikuti pelatihan tersebut, namun hal itu dapat menjadi investasi Anda ke depannya.

Persiapkan dan Atur Modal
Keterbatasan modal sering kali menjadi penghalang bagi mereka yang ingin memulai bisnis baru, karena sulitnya mendapatkan modal usaha. Kebutuhan akan modal pada saat perencanaan membangun usaha menjadi hal pertama yang sering ditanyakan. Keterbatasan modal tersebutlah yang membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha mereka. Sehingga menjadi seorang pengusaha hanyalah mimpi belaka yang tidak dapat diwujudkan.

Modal memang selalu dikaitkan dengan uang, karena faktanya untuk memulai usaha apapun membutuhkan uang untuk menjalankannya. Tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki uang, namun Anda sangat bersemangat untuk memulai usaha dari nol? Saran yang paling direkomendasikan adalah kredit uang cepat. Karena dengan kredit, akan ada perputaran uang yang dapat Anda kelola.

Mulai dari yang Kecil
Sesuatu yang besar, berawal dari yang kecil. Begitu ungkapan klasik yang selalu kita dengar. Pun begitu dengan usaha yang akan Anda mulai. Memulai usaha kecil bisa menjadi salah satu solusi jika Anda sulit mendapatkan tempat pinjam yang mudah. Dengan memulai usaha kecil, Anda dapat merintis usaha Anda dan menjadi usaha yang sukses nantinya. Tidak sedikit pengusaha sukses saat ini yang memulai usahanya dari tingkat kecil terlebih dahulu.
Baca Juga : Pembelian Online : Mudah, Murah dan Amanah
Melakukan usaha secara online dapat menjadi salah satu cara jika Anda memiliki keterbatasan modal ataupun memiliki modal sedikit. Membangun bisnis laundry pakaian, cuci motor, tambal ban, produksi kue atau roti rumahan, ataupun menjual minuman dingin dapat menjadi salah satu bidang yang bisa Anda jalani untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Dari bisnis kecil tersebut nantinya Anda dapat membangun bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Bertindaklah!
Anda telah memiliki mimpi, membuat ide usaha, mendapatkan ilmu dan modal. Langkah yang tidak kalah penting adalah mewujudkan hal tersebut menjadi sebuah tindakan untuk merintis usaha Anda. Karena, sesempurna atau sehebat apapun rencana dan persiapan Anda untuk merintis usaha tidak akan terwujud jika tidak adanya tindakan untuk merealisasikannya.

Meskipun dalam merealisasikan mimpi tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, Anda perlu memiliki keyakinan terhadap diri dan usaha serta ketekunan dalam menjalankan usaha Anda. Sehingga, jika Anda mengalami kondisi yang tidak sesuai dengan keinginan, Anda tidak langsung terpuruk dan lupa dengan mimpi Anda.

Selain keyakinan dan ketekunan, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda miliki jika ingin mewujudkan mimpi Anda, di antaranya menghargai waktu dengan manajemen yang baik; realistis, yakni jika Anda mengalami hambatan maka Anda perlu mengubah strategi sehingga Anda bisa bertindak lebih efisien dan efektif; kerja keras menjadi sifat yang harus dimiliki oleh pengusaha; ‘melek’ teknologi sehingga Anda dapat mengikuti perkembangan zaman, terlebih saat ini segala sesuatunya dilakukan secara online, termasuk transaksi jual beli; menjadi yang terbaik dengan membuat para konsumen/pelanggan puas dan bangga atas kinerja Anda.

Ingat, Sukses itu Tidak Instan!
Tidak sedikit kita temui para pengusaha baru yang ingin cepat sukses dan meraih keuntungan karena merasa mampu mendapatkannya dengan cara yang cepat dan instan. Padahal untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan proses yang tidak mudah dan memakan waktu yang tidak sebentar.
Baca Juga : Sukses Itu [Katanya] Tidak Instan
Saat Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka Anda telah siap untuk menerima berbagai kegagalan ataupun kekecewaan di kemudian hari. Untuk itu, kesabaran menjadi sifat penting yang harus dimiliki oleh pengusaha jika ingin sukses.

Jangan Segan untuk Beradaptasi
Selalu mencoba hal-hal baru dan melakukan inovasi di berbagai bidang dapat membantu Anda dan usaha Anda bertahan seiring dengan berjalannnya waktu. Untuk itu, berbagai produk yang inovatif dengan mengikuti perkembangan zaman ataupun trend sangatlah penting untuk Anda lakukan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak boleh terjebak pada satu produk tertentu dan mempertahankan hal tersebut padahal sudah tidak sesuai dengan permintaan pasar. Sehingga, kemampuan beradaptasi terhadap trend dan zaman dinilai sangat penting dalam dunia usaha.

Nah, itulah cara untuk Merintis Bisnis Baru dari Nol agar sukses. Semoga bermanfaat, ya..
Jika ada cara yang lebih efektif, silahkan share.

Salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Ingin Sukses Merintis Bisnis Baru dari Nol? Ini Caranya!"

  1. sangat bermanfaat mas, sukses selalu

    BalasHapus
  2. jangan segan untuk beradaptasi
    biar gak seperti yahoo yang merasa too big too fail mas, hehe

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.