Ingin Belanja Bulanan Hemat? Coba Terapkan Beberapa Strategi Ini!


Belanja merupakan salah satu kegiatan yang pasti dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya baik belanja untuk kebutuhan harian, mingguan, hingga bulanan. Tidak sedikit, yang berbelanja satu bulan sekali saat setelah mereka menerima gaji, biasanya disebut belanja bulanan.


Nah, kali ini saya akan membahas beberapa strategi agar saat membuat daftar belanja bulanan bisa berjalan dengan mudah lancar dan tentunya hemat! Selain itu, juga agar pemasukan dan pengeluaran tetap terkontrol dengan baik. Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan:

Membuat daftar belanja dengan cermat dan detail

Strategi pertama yang sangat penting agar dapat menghemat dalam belanja bulanan adalah membuat daftar belanja dengan lengkap. Dalam hal ini, Anda harus menentukan skala prioritas terkait kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Anda dapat menempatkan bahan kebutuhan pokok sebagai prioritas utama dan barang yang telah habis untuk segera dibeli lagi.

Kebutuhan pokok seperti bahan makanan, perlengkapan mandi, dan kebutuhan rumah tangga seperti listrik, pulsa, dll. harus menjadi prioritas utama. Setelah itu, Anda harus konsisten untuk membeli barang sesuai dengan daftar.

Membuat anggaran belanja dengan bijak

Selain membuat daftar belanja, Anda juga harus menentukan budget atau anggaran belanja yang dibutuhkan untuk belanja bulanan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan dan tidak diperlukan. Lagi-lagi Anda tetap harus konsisten dalam mengaplikasikan anggaran dan daftar belanja yang telah dibuat sebelumnya.

Selalu membandingkan beberapa harga barang sebelum membelinya

Ketika sedang belanja bulanan, sebaiknya Anda harus benar-benar cermat dan jangan malas untuk mengecek barang berkali-kali sebelum dibeli. Anda dapat membandingkan harga barang satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat menghemat anggaran belanja Anda jika menemukan barang yang harganya lebih murah dari lainnya.

Membayar belanjaan secara tunai

Membayar belanja dengan uang tunai dapat menghemat anggaran Anda. Mengapa demikian? Karena belanja dengan uang tunai dapat mengontrol uang yang ada di dompet secara natural. Tentu Anda tidak mungkin membeli barang lain yang tidak terlalu dibutuhkan jika hanya memegang uang sesuai anggaran, bukan?

Manfaatkan voucher, kartu member, atau diskon dari kartu kredit

Meskipun membayar belanjaan dengan uang tunai bisa menghemat pengeluaran Anda, namun tak ada salahnya Anda memanfaatkan voucher atau kartu member. Bisanya Anda akan diberi diskon yang lumayan. Tak hanya itu, belanja dengan kartu kredit juga tidak selalu membuat biaya belanja membengkak. Biasanya beberapa merchant telah bekerja sama dengan kartu kredit tertentu sehingga memberikan diskon yang banyak kepada penggunanya.
Baca Juga : Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Ini Cara Melunasinya dengan Mudah

Usahakan menggunakan produk lokal berkualitas

Ketika berbelanja, sebaiknya pilihlah produk lokal namun yang tetap berkualitas. Bisanya produk lokal menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada produk asing. Harga yang mahal belum tentu menunjukkan bahwa barang tersebut benar-benar berkualitas.

Waktu yang tepat untuk belanja

Waktu ketika Anda berbelanja juga dapat mempengaruhi seberapa banyak Anda belanja. Pastikan juga badan dalam kondisi fit dan tidak lapar. Anda dapat belanja ketika pengunjung tidak terlalu ramai yaitu pada pagi hari atau malam hari. Apalagi diskon juga banyak dijumpai ketika malam hari seperti night sale. Anda dapat lebih fokus berbelanja ketika pengunjungnya tidak terlalu ramai.

Beberapa strategi belanja bulanan tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli kebutuhan setiap bulannya. Lalu bagaimana jika kebutuhan bulanan sudah habis namun Anda belum kunjung gajian? Anda dapat meminjam uang secara online dengan cepat dan tanpa ribet. Anda pun dapat melunasi pinjaman tersebut setelah menerima gaji. Mudah, bukan?

Selamat berbelanja bulanan dan salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Ingin Belanja Bulanan Hemat? Coba Terapkan Beberapa Strategi Ini!"

  1. kalo saya belanja tunggu promo atau diskon... :D

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.