Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Ini Cara Melunasinya dengan Mudah

Kartu kredit merupakan inovasi baru yang memudahkan transaksi pembayaran. Orang-orang tidak perlu lagi membawa segepok uang untuk berbelanja. Mereka bisa pergi ke tempat mana saja dengan berbekal satu lembar kartu kredit.


Namun, kemudahan transaksi pembayaran dengan kartu kredit dapat membuat orang terlena. Mereka bisa berbelanja sepuasnya tanpa memikirkan jumlah tagihan kartu kredit. Sehingga, mereka akan terkejut melihat angka yang tertera di slip tagihan kartu kredit. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak sanggup membayar tagihan kartu kredit tersebut. Akhirnya, tagihan kartu kredit yang ditunggak akan menjadi utang dengan bunga yang membesar seiring berjalannya waktu.

Nah, jika Anda terjebak dalam masalah ini, maka tidak perlu merasa bingung, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melunasi tumpukan utang kartu kredit jika sudah memiliki niat. Berikut caranya..

Gunakan Kartu Kredit dengan Cerdas
Sebenarnya memiliki kartu kredit bukanlah sebuah kebanggaan. Kartu kredit merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban oleh pemiliknya. Tanggung jawab tersebut berupa tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan. Sehingga, bagi orang-orang yang belum memiliki kartu kredit, pikirkanlah dengan matang kemampuan finansial sebelum mengajukan permintaan kartu kredit.

Sedangkan, bagi orang-orang yang sudah memiliki kartu kredit, gunakan kartu kredit tersebut dengan bijak. Hal tersebut merupakan upaya untuk menghindari utang kartu kredit yang menumpuk. Selain itu, penggunaan kartu kredit yang bijak akan memberikan kemudahan kepada pemiliknya, seperti mendapatkan potongan harga saat berbelanja, berwisata, makan, atau pergi ke bioskop.

Lakukan Negosiasi dengan Bank Penerbit Kartu Kredit
Jika tagihan kartu kredit sudah terlanjur membengkak, sementara uang yang dimiliki tidak cukup untuk membayarnya,tidak ada salahnya datang ke bank penerbit kartu kredit tersebut. Lakukan negosiasi dengan bank supaya melakukan refinance utang kartu kredit. Pemilik kartu kredit dapat mengajukan klaim supaya pihak bank menghentikan akumulasi bunga sehingga utang kartu kredit tidak semakin bertambah. Jika mengajukan klaim, bawalah bukti pendukung yang kuat seperti slip gaji, bukti tanggungan, dan slip tagihan yang lain.

Carilah Sumber Penghasilan Tambahan
Percayalah bahwa utang kartu kredit yang menumpuk bisa dilunasi jika memiliki kemauan kuat untuk melunasi. Salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk melunasi utang kartu kredit adalah dengan mencari sumber penghasilan tambahan. Nantinya, penghasilan tambahan tersebut sepenuhnya dialokasikan untuk melunasi utang kartu kredit beserta bunganya yang semakin menumpuk.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan, seperti merintis bisnis online sebagai reseller atau dropshipper, bekerja paruh waktu saat akhir pekan atau selepas bekerja, dan masih ada lagi seribu satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Gunakan Uang Tabungan
Setiap orang pasti memiliki uang tabungan yang akan digunakan untuk membeli barang yang diinginkan, berlibur, atau menikah. Selain itu, uang tabungan dialokasikan untuk hal-hal yang tidak terduga, salah satunya utang kartu kredit yang menumpuk. Sehingga, tidak perlu ragu menguras tabungan atau memecahkan celengan jika terlilit utang kartu kredit dalam jumlah yang besar. Gunakan saja uang tabungan untuk melunasi utang kartu kredit dengan cepat untuk mencegah penumpukan bunga utang kartu kredit. Setelah melunasi utang kartu kredit, mulailah menabung lagi untuk mendapatkan barang yang diidamkan, melancong ke tempat impian, menikah, dan kebutuhan lainnya.

Jual Aset Investasi yang Dimiliki
Setiap orang pasti memiliki aset yang digunakan untuk berinvestasi seperti logam mulia, tanah, rumah, atau saham. Aset tersebut bisa menjadi penyelamat saat utang kartu kredit dengan jumlah yang besar melilit. Jangan ragu untuk menjual atau melelang aset tersebut karena aset tersebut bisa membebaskan diri dari beban utang kartu kredit.

Aset bisa mengembalikan kehidupan yang tenang, tidur yang nyenyak, dan makan yang nikmat tanpa bayang-bayang utang kartu kredit yang semakin hari semakin menumpuk. Apalagi utang kartu kredit adalah utang dengan sistem compound interest dimana bunga semakin bertambah jika tidak cepat dilunasi. Sehingga, relakan saja aset investasi untuk melunasi utang kartu kredit beserta bunganya. Aset investasi bisa dimiliki lagi setelah kondisi keuangan sudah stabil dan terbebas dari lilitan utang kartu kredit.

Terapkan Sistem Gali Lubang Tutup Lubang

Cara melunasi utang kartu kredit yang menumpuk ini mungkin cukup ganjil. Namun, cara ini adalah solusi yang paling efektif untuk terbebas dari jeratan utang kartu kredit dengan bunga yang kian membengkak. Pemilik kartu kredit bisa ‘menggali lubang’ alias mencari kredit uang online untuk ‘menutup lubang’ alias membayar utang kartu kredit. Sekarang sudah tidak sulit lagi mencari pinjaman uang karena sudah ada lembaga penyedia pinjaman uang seperti monily id online. Lembaga ini menyediakan pinjaman uang tanpa memerlukan jaminan dan proses pencairan yang cepat.

Namun, dalam mencari sumber pinjaman uang, pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari tingkat suku bunga kartu kredit. Misalnya, bunga kartu kredit sebesar 5%, maka carilah pinjaman uang yang bunganya di bawah 5% atau tidak memiliki bunga sama sekali. Cara ini bisa dilakukan jika pemilik kartu kredit tidak memiliki sumber penghasilan tambahan, aset investasi, atau tabungan dengan jumlah yang bisa melunasi utang kartu kredit. Bahkan, sistem gali lubang tutup lubang bisa meringankan beban utang walau membutuhkan waktu yang lama.

Buatlah Skala Prioritas Utang yang Harus Dilunasi
Banyak orang yang memiliki kartu kredit dengan jumlah lebih dari satu. Jika tagihan semua kartu kredit tersebut tidak bisa dilunasi, maka utang kartu kredit beserta bunganya semakin menumpuk. Sehingga, buatlah skala prioritas untuk melunasi utang yang berasal dari banyak kartu kredit.

Sebaiknya lunasi terlebih dulu tunggakan tagihan kartu kredit yang memiliki tingkat suku bunga yang besar. Hal tersebut bisa menyelamatkan pemilik kartu kredit dari utang kartu kredit yang semakin besar. Setelah tagihan kartu kredit dengan bunga yang besar sudah lunas, mulailah melunasi tunggakan kartu kredit dengan bunga yang lebih kecil serta tunggakan yang lain. Namun, jika tidak memiliki uang untuk melunasi utang kartu kredit dengan bunga yang besar, tidak masalah jika melunasi tagihan kartu kredit dengan bunga yang kecil terlebih dulu.

Hentikan Pemakaian Kartu Kredit Sementara Waktu
Cara yang paling ampuh untuk melunasi utang kartu kredit adalah dengan menghentikan pemakaian kartu kredit itu sendiri. Memang utang kartu kredit tidak langsung lunas atau bunga utang tidak bertambah. Namun, berhenti memakai kartu kredit merupakan cara yang paling efektif supaya jumlah tagihan kartu kredit dan bunganya tidak bertambah banyak. Sehingga, utang kartu kredit yang dimiliki bisa dilunasi dalam waktu yang lebih cepat. Selain itu, jika utang kartu kredit sudah dilunasi, gunakan kartu kredit dengan bijak supaya tidak terjebak ke lubang yang sama.

Nah.. Itulah cara melunasi tagihan kartu kredit yang membengkak. Seoga bermanfaat dan salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Ini Cara Melunasinya dengan Mudah"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.