Tips Sederhana Agar Rumah Minimalis Tetap Sehat dan Bersih

Kebersihan rumah merupakan syarat mutlak agar seluruh penghuninya bisa hidup sehat. Apapun jenis dan type rumahnya, jika kebersihan tidak terjaga dengan baik tentu tinggal didalamnya tidak akan merasa nyaman. Jika Anda berniat untuk membeli rumah dijual di Jakarta dengan tipe minimalis atau ada rencana membangun rumah dengan type yang lain, maka sebaiknya hal utama yang harus Anda pikirkan adalah masalah kebersihan. Baik kebersihan didalam rumah, atau kebersihan lingkungan sekitarnya. Hal ini menjadi penting karena sekali lagi, kebersihan rumah adalah syarat mutlak untuk kesehatan keluarga.
Nah, berikut ini adalah tips sederhana agar rumah tetap bersih dan selalu sehat:

1. Usahakan tidak berserakan sampah kecil
Kadang kita suka menyepelekan sampah-sampah kecil. Kita beranggapan bahwa sampah kecil itu sedikit, padahal pepatah lama mengatakan, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Pun begitu dengan sampah kecil yang dibiarkan, pasti akhirnya akan menumpuk menjadi banyak. Dan biasanya, sampah ini akan dibawa angin dan hinggap di sela-sela interior rumah.  Jika tidak segera dibrsihkan, ruangan terasa berdebu dan sumpek sehingga membuat udara tidak sehat. Hal ini menjadi faktor timbulnya penyakit pernafasan. Jadi, segera bersihkan sampah-sampah kecil tersebut. :D

2. Kurangnya tempat Sampah
Tempat sampah, sering dianggap tempat yang menjijikkan dan penuh oleh kuman. Sehingga jarang orang menempatkannya di dalam ruangan, padahal itu sangat penting jika kita malas untuk menuju tempat sampah yang ada di luar atau jauh saat akan membuang sampah. Tips sederhana untuk mengatasai hal ini adalah, mendekorasi atau membuat model  tempat sampah yang menarik. Caranya bisa kita dapatkan dari website-website penyedia handicaft atau kerajinan tangan. Sehingga kita tidak perlu merasa risih menaruh tempat sampah di setiap ruangan.

3. Selalu periksa atap rumah dan saluran pembuangan air
Jika kita memiliki rumah yang dekat dengan pohon, biasanya daun-daun pohon tersebut jatuh dan mengendap di tempat pembuangan air. Sehingga membuat saluran air tersumbat dan pada akhirnya daun tersebut membusuk. Jika hal ini terjadi, lingkungan rumah menjadi tidak sehat dan membuat atap rumah menjadi lembab bahkan bocor. Terutama saat musim penghujan seperti sekarang. Jalan terbaiknya adalah, rutin memeriksa atap dan saluran pembuangan air, agar rumah selalu bersih dan seluruh keluarga tetap sehat.

4. Kelola sampah dengan baik
Tips terakhir yang dapat kita lakukan agar rumah selalu bersih dan keluarga terus sehat adalah mengelola sampah dengan baik. Ya, saat kita sudah membersihkan rumah dan mendapatkan sampah yang banyak dan bermacam-macam, maka sebaiknya kita harus mengelompokkannya terlebih dahulu. Kelompokkan menjadi dua bagian, sampah organik dan non organik. Jika sudah terkelompokkan, langkah terakhir adalah membuangnya ketempat sampah, membakar atau bahkan bisa menjualnya pada bank sampah yang ada dilingkungan rumah kita masing-masing.

Sekian,  Tips Sederhana Agar Rumah Minimalis Tetap Sehat dan Bersih. Semoga bermanfaat dan rumah kita selalu bersih dan seluruh keluarga terus sehat, amin..
BAGIKAN TULISAN INI

14 Komentar untuk "Tips Sederhana Agar Rumah Minimalis Tetap Sehat dan Bersih"

  1. Kalau saya sih sukanya dengan selalu bersih bersih rumah, karena jika bersih walaupun rumah kita bukan rumah mahal, jadinya tetep nyaman juga ^_^

    BalasHapus
  2. Rumahku gak minimalis sih. Tapi emang kebersihan itu penting banget

    BalasHapus
  3. Boleh banget tuh tipsnya dicoba

    BalasHapus
  4. Iya ya.. Yang bikin masalah itu biasanya sampah, kalau sudah dikumpulkan dan dirapikan, pasti rumah rapi, meski kecil rumahnya.

    BalasHapus
  5. Iya ya.. Yang bikin masalah itu biasanya sampah, kalau sudah dikumpulkan dan dirapikan, pasti rumah rapi, meski kecil rumahnya.

    BalasHapus
  6. Mengelola sampah dengan bik penting ya, supaya rumah dan lingkugan pun lebih nyaman

    BalasHapus
  7. Pengelolaan sampah sering kali menjadi masalah dan sudah banyak contoh dampak yang diakibatkan kesalahan ini.

    BalasHapus
  8. Semua tips nya sih insya Allah sudah aku lakukan. Tapi aku justru tipe yang hobi berantakin rumah. Ga bisa kerja kalo barang-barang tersusun rapih. Hehehehe Nasib ya, sudah coba kerja dalam kondisi rapih malah panik.

    BalasHapus
  9. Aduh kalau samah kecil kayaknya agak susah ya mas bersihinnya, secara aku masih punya balita yg apa2 suka berantakin mainan dan sampah2 wuaaaa
    tapi gpp sih harus tetap semagat bersih2nya hahaa

    BalasHapus
  10. Kalo rajin membersihkan pasti bersih, ya rumahnya.

    BalasHapus
  11. Keren juga nih tipsnya. Perlu dicba, Kebetulan rumah aku bergaya minimalis

    BalasHapus
  12. Tipe rumah idaman aku memang yang tipe minimalis. hihiii. Makasi tipsnya maaas :D

    BalasHapus
  13. nice info mas...kadang hal-hal kecil seperti sampah luput dari perhatian ya

    BalasHapus
  14. idaman saya bikin rumah konsep minimalis.. jadi gak terlalu banyak numpuk barang gak perlu, tapi termanfaatkan semua.... artikel ini harus disimpannn

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.