Download Alpeka BOS 2015 Ver 105 dan Cara Penggunaannya

Tahun anggaran 2016, Dinas Pendidikan Kabuaten Probolinggo mewajibkan seluruh lembaga yang menerima dana BOS untuk menggunakan ALPEKA dalam menyusun laporan keuangannya. Tetapi bagi lembaga yang ingin menggunakannya sebelum tahun 2016 juga dibolehkan.

Sebelum keputusan ini diterapkan beberapa waktu yang lalu telah dilakukan Pelatihan Tata Kelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Jenjang SMP Kab. Probolinggo Tahun 2015 dimana didalamnya ada materi tentang penggunaan aplikasi ini. (Lembaga kami, memutuskan untuk menggunakan ALPEKA sebelum tahun 2016 dengan pertimbangan agar ada banyak waktu untuk belajar).

Aplikasi yang diberikan pada pelatihan tersebut adalah Alpeka_BOS_2015 ver 104. Bermodal pengetahuan dari hasil pelatihan, saya mencoba menjalankan aplikasinya. Semua lancar sama seperti yang disampaikan oleh pemateri (Bapak Abdul Rahman) pada saat peatihan.

Pengisian Data Umum, Program Sekolah, Rencana Terima, Rencana Keluar dan Realisai Terima berjalan normal. Hanya saja pada saat pengisian Realisasi Keluar pada baris ke 33 dan atau 34 kebawah ada masalah. Pada kolom isian Komponen Bos yang harusnya pilihan combo box muncul otomatis sesuai isian pada Rencana Keluar, tiba-tiba kosong. Padahal pada baris 32 ke atas masih muncul. Saya mencoba meng-copy, tapi hasilnya tetap. Selain meng-copy saya juga menarik kolom terakhir kebawah. Hasilnya sama, combo box tidak muncul pilihan. Selain masalah diatas, ada masalah lain pada bagian Laporan BOS-07, 08, 09. Masalahnya adalah pembelian barang yang sifatnya Modal, tidak terlaporkan. Padahal pada Realisasi Keluar sudah saya inputkan.

Masalah Pertama : Pilihan Komponen Bos tidak muncul pada baris ke 34
Masalah kedua : Inputan Jenis Belanja - Modal
Hasil cetak Laporan BOS-07, 08, 09. Data tidak terisi, padahal pada Realisasi Keluar sudah di-input

Dari dua masalah tersebut, saya mencari jawabannya lewat google. Ternyata sudah ada versi terbaru dari aplikasi ini, yaitu Alpeka_BOS_2015 ver 105. Setelah saya unduh dan meng-input data seperti pada versi sebelumnya, semua hasilnya sama. Hanya saja pada versi ini, dua masalah yang saya dapatkan terjawab. Pada baris ke 33 dan atau 34 kebawah normal. Pilihan combo box sesuai dengan isian pada Rencana Keluar. Hanya saja yang perlu diingat adalah ketelatenan dalam memasukkan data. Berikut saya berikan caranya dalam penambahan baris ke 33 dan atau 34 kebawah pada Alpeka_BOS_2015 ver 105.
1.Download Alpeka_BOS_2015 ver 105 disini terlebih dahulu.
2.Isi Data Umum dan Program Sekolah. Pengisian Program Sekolah harus sesuai dengan RKAS yang telah disusun oleh Kepala Sekolah.
3.Jika sudah, langkah selanjutnya adalah Generate data yang telah di-input. Langkah ini, sama persis dengan pengisian data yang dicontohkan oleh Bapak Abdul Rahman pada saat pelatihan.
4.Dari hasil Generate data, isilah Rencana Terima, Rencana Keluar dan Realisai Terima.
5.Sebelum mengisi data pada Realisasi Keluar, scroll kebawah sampai pada baris ke 32. Selanjutnya, hapus baris ke 33 sampai 37.


6.

Sampai pada langkah ini, coba input kolom spk dan komponen_bos pada baris ke 32. Pilih salah satu spk, kemudian isi kolom komponen_bos. Jika pilihan pada combo box-nya muncul berarti langkahnya benar.


7.

Selanjutnya adalah langkah yang saya bilang diatas harus telaten. Kosongkan atau hapus terlebih dahulu data yang ada pada baris ke 32 dilanjutkan dengan mem-blok seluruh kolom pada baris itu (yang dimaksud seluruh kolom adalah dari kolom id sampai dengan kolom kecil setelah kolom keterangan). Terakhir, tariklah kebawah (sesuai kebutuhan) kotak berwarna hijau pada pojok kanan bawah kolom kecil (posisi semua kolom masih ter-blok).

8.Selesai.... Kolom komponen Bos sekarang sudah muncul pilihan otomatis sesuai dengan data yang dimasukkan pada Rencana Keluar.
9.Langkah ke 7 bisa diulang jika misalkan baris yang dibutuhkan kurang. Tidak harus mengulang dari baris ke 32, tetapi cukup pada baris terakhir.

10.
Jika kolomnya sudah dirasa cukup, selanjutnya adalah proses memasukkan data pada Realisasi Keluar (belanja). Jika ada barang yang sifatnya Modal, maka pilihlah Modal pada pilihan Jenis Belanja. Isi kolom yang berwarna kuning (Volume, Pengarang/Pembuat, Referensi dan Tanggal Terima). Ini untuk memudahkan pelaporan inventaris barang dilembaga. Pelaporannya akan dicatat pada Laporan BOS-07, 08, 09 yang pada versi sebelumnya bermasalah. Tetapi pada versi terbaru, sudah tidak lagi. :)


11.

Hasil cetak Laporan BOS-07, 08, 09 dapat dilihat pada gambar berikut. Nominal sengaja di-blur, karena bersifat privasi. :)
Yang penasaran ingin tahu, datang kesekolah langsung. Hehehe

Oke.. Cukup sekian dulu penjelasan saya seputar Alpeka_BOS_2015 ver 105. Jika ada masalah yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi saya.

Salam saya, dan salam hangat dari Bndowoso..
BAGIKAN TULISAN INI

20 Komentar untuk "Download Alpeka BOS 2015 Ver 105 dan Cara Penggunaannya"

  1. Wah.. ini aplikasi dan keterangan yang sangat bermanfaat, Mas.

    Saya nitip jejak saja ya, krn mung ibu rumah tangga biasa. hehehe.... terus berbagi manfaat di blog ya

    BalasHapus
  2. keren. terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. Apa perbedaan Alpeka BOS 2015 ver 104 dan Alpeka BOS 2015 ver 105...?
    .
    .
    Terima kasih banyak atas informasi yang telah diberikan tentang baris ke 33 dst...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang telah saya jelaskan diatas.. Yang saya temui ada dua hal, Pertama : Pilihan Komponen Bos tidak muncul pada baris ke 34 dan kedua, Hasil cetak Laporan BOS-07, 08, 09. Data tidak terisi, padahal pada Realisasi Keluar sudah di-input.

      Selebihnya sama kok..

      Terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  4. maaf mas kalo hasil cetak BOS K1,K2 dan K7 "error open object" tapi bos K2 s/d K6 bisa. bagaimana sudah coba mengisi rencana realisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ini, biasanya terjadi karena kode pada program sekolah (saat mengisi RKAS) salah atau bahkan membuat sendiri. Aplikasi ini cara kerjanya lebih banyak mengarah kepada membaca kode atau id dari program dan kegiatan sekolah. Usahakan untuk tidak menambah atau merubah isian pada kolom dan baris program sekolah.

      Jika kegiatan sekolah Anda, tidak ada pada program sekolah di Alpeka, maka pilihlah kegiatan yang tidak jauh berbeda. Seperti contaoh disekolah saya. Disekolah saya ada kegiatan kebahasaan baik arab dan inggris. Sementara di Alpeka hanya ada Ekstrakurikuler English Club. Jadi saya memilih kegiatan ini.

      Semoga membantu dan terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  5. Mas hasil cetak bos k7 alpeka 2016 kosong padahal yg lain seperti bos k7a ada,gmn solusinya ...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban sama dengan balasan komentar diatas.

      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  6. kolom komponen jumlahnya 13 sesuai dg juknis BOS Dikdas, untuk dikmen (SMA) di juknis BOS ada 15 komponen. komponen bisa ditambah dg cara insert kolom, tapi ketika cetak laporan tdk muncul di form K7A, bgmn caranya? bgmn jg cara merubah nama komponen 1-13 agar sama dgn komponen BOS SMA? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak pernah menambah kolom komponen dan kayaknya memang tidak bisa. Yang bisa menambah kegiatan dalam satu komponen. Tapi coba sampean tonton video ini barangkali bisa membantu.

      https://www.youtube.com/watch?v=8q9bRECt3Vc&index=7&list=PLOHBOKXD6qGY7ucy48kjjXWcG6OhY2qMj

      Hapus
  7. mas.. saya punya keluaran K7 di bagian standar sarana prasarana, pembiayaan, penilaian tidak terbaca alias kosong sehingga ada saldo di akhir. Padahal di K7a nya betul. kira2 karena apa ya? terus saldo K3-K4 akhir bulan maret tidak sama dengan saldo awal K3-K6 bulan april. itu kenapa juga ya? makasi b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah di K7 biasayna karena pada saat mengisi realisasi keluar kurang teliti atau pada saat input program sekolah.

      Saldo pada K3 dan K4 berbeda? Pajaknya sudah dibayarkan semua? Atau mungkin pengisian saldo awal bulan Maret ada masalah.

      Hapus
  8. kq mau cetak k7 selalu error gan?apa ada versi yg terbaru lagi ya

    BalasHapus
  9. Gan, saya mau pakai Alpeka yang 2016, apa cara kerjanya sama? terutama dalam menambah kolom. kalau ada info terbaru emailkan ke email saya saifurrasi@yahoo.co.id , terima kasih sebelumnya. saya dari Paiton Probolinggo, tatangghenah ghik.hehehe

    BalasHapus
  10. Makasih atas sharenya Mas. Saya menggunakan Alpeka 2016 dan kebetulan menemukan masalah yang sama. Sudah dicoba spt yang Mas uraikan, tapi gak berhasil. Ada saran? Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  11. sisa saldo triwulan sebelumnya tidak terbaca dK7a, apa memang seperti itu ya mas? atau ada kesalahan input?

    BalasHapus
  12. beda apleka v.105 dengan v.104 ada gak umm????

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas infonya. Awalnya saya sempat kewalahan juga mengisi Realisasi Keluar yg bermasalah tsb, berkat keterangan dari Anda, sy sudah berhasil. Terima kasih

    BalasHapus
  14. kenapa saat pengerjaan alpekanya sering muncul restart program

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.