Tiga Langkah Membuat Video Profil Blog dengan Microsoft PowerPoint


Setiap blogger memiliki cara masing-masing untuk mengenalkan atau mempromosikan blog yang dikelolanya kepada orang banyak. Mulai dari tetap konsisten menulis, mempromosikan lewat media sosial yang dimiliki, hingga menceritakan kepada orang-orang terdekatnya saat dia sedang offline.

Media yang digunakan dari cara-cara tersebut juga beragam, ada yang mempromosikannya langsung dengan status atau lewat caption gambar, mencetak title dan alamat blognya dikaos, dan membuat sebuah vidoe profil yang kemudian diunggah ke media sosial.

Nah, kali ini saya akan fokus pada video profil saja. Karena seperti yang telah kita ketahui video juga berpengaruh besar dalam membangun sebuah branding, termasuk juga pada blog. Para blogger dapat menggunakan video untuk mempromosikan blognya, karena cara ini memiliki dua manfaat yaitu bisa digunakan saat online maupun offline dengan syarat memiliki perangkat yang mendukung, hehe

Tapi, bagaimana caranya membuat video profil blog tersebut? Sementara biasanya untuk membuat vidoe profil dibutuhkan keahlian, perangkat dan aplikasi khusus. Tenang, jangan manyun dulu, karena saya akan membahas semuanya pada tulisan ini. Jadi simak caranya sampai tuntas, ya..

Langkah awal, dan ini yang paling penting adalah blogger telah meng-install Microsoft PowerPoint 2013 pada komputer atau laptopnya. Aplikasi ini nanti yang akan digunakan untuk membuat video profil blog. Lalu, bagaimana jika Microsoft PowerPoint yang ter-install masih versi dibawahnya? Tenang, versi lama juga bisa digunakan, hanya saja tidak bisa menyimpan dokumen dalam bentuk video. Biasanya, harus menggunakan aplikasi lain untuk mengubah (meng-convert) dokumen PowerPoint menjadi video. Sementara PowerPoint 2013 sudah dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan dokumen dalam bentuk video. Jadi, jika memang ingin menyelesaikan pembuatan videonya tanpa harus menggunakan aplikasi lain, maka harus install Microsoft PowerPoint 2013 lebih dulu. Atau jika memang kesulitan, nanti saya bantu simpankan dalam bentuk video asal telah membuat dokumen PowerPoint.

Langkah kedua adalah membuat dokumen presentasi. Pada langkah inilah, blogger dituntut untuk kreatif, telaten dan imajinatif. Karena blogger harus menuangkan apa yang menjadi deskripsi blognya dalam sebuah dokumen video. Buatlah dokumen semenarik mungkin. Pilihlah animasi yang tidak terlalu berlebihan, enak untuk dibaca dan ditonton. Usahakan untuk memilih warna yang sesuai dengan warna pada blog masing-masing. Jika perlu, sisipkan gambar atau vidoe yang sesuai.

Langkah 2 : Membuat dokumen video profil.

Jika dokumen telah selesai dibuat, maka langkah terakhir adalah menyimpan dokumen presentasi itu menjadi video. Langkah ini yang saya sebutkan diatas hanya bisa dilakukan pada PowerPoint 2013. Caranya adalah seperti pada gambar berikut.

Langkah 3 : Menyimpan dokumen menjadi video
Klik menu File pada pojok kiri atas, kemudian akan muncul jendela baru dengan beberapa menu. Klik menu Export (1), maka akan diarahkan pada jendela dimana terdapat beberapa pilihan seputar Export. Pilih menu Create a Video (2). Setelah itu perhatikan beberapa perintah pada kolom sebelah kanan, pada kolom ini, tidak perlu merubah apapun, cukup klik tombol Create Video (3).

Jika semua langkah telah dilakukan dengan benar, maka otomatis akan ditampilkan form Save As. Pada langkah ini ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, tempat dimana akan menyimpan video, dan yang kedua pilihan tipe video. Pada pilihan Save as Type ada dua pilihan, MPEG-4 Video dan Windows Media Video. Nah, jika ingin kualitas video kita inginkan HD dengan ukuran yang lumayan besar, maka pilihlah Windows Media Video. Jika ingin kualitas yang biasa saja, dengan ukuran yang relatif kecil maka pilihlah tipe MPEG-4 Video.
Langkah terakhir : memilih tempat untuk-penyimpanan video dan tipe video yang akan disimpan
Jika semuanya telah selesai, maka selanjutnya klik tombol Save. Secara otomatis PowerPoint 2013 akan memproses video yang telah kita buat tadi. Informasi proses penyimpanan video dapat dilihat pada bar bagian bawah jendela PowerPoint 2013 (tanda bintang hitam). Waktu proses menyimpannya tergantung dengan ukuran dokumen dan pilihan tipe video. Pastinya, akan lebih cepat dokumen yang sederhana dan yang bertipe MPEG-4 Video.
Informasi proses penyimpanan video
Bagaimana? Sudah selesai-kah videonya? Jika sudah, yuk share dimedia sosial saat online, dan berikan kepada teman lewat bloetooth saat offline.


Selamat berkreasi dan salam hangat dari Bondowoso..
BAGIKAN TULISAN INI

23 Komentar untuk "Tiga Langkah Membuat Video Profil Blog dengan Microsoft PowerPoint"

  1. Menarik Mas. Terima kasih infonya. Sayangnya Power Point di kompie saya masih yang versi 2007. Berarti harus di convert dulu, ya. Errr.. cara convertnya gimanaaa? Gak punya installan versi 2013 hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba sih mbak convertnya. Untuk cara convertnya saya rasa gak akan jauh berbeda dengan convert video jadi mp3.
      Di upgrade aja mbak, biar bisa bikin profil blognya juga. :)

      Hapus
  2. Teaser video ala Kopiah Putih nih. Kapan-kapan coba bikin versi flash Mas, biar bisa dipasang di sisi samping blog kaya iklan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Sekalian promosiin Kopiah Putih. :)
      Wah.. boleh juga tuh dicoba. Jadi setiap pengunjung bisa menikmati. Sip, mas dicoba ntar. Terimakasih saran dan kunjungannya.

      Hapus
    2. Iya, mas. Sekalian promosiin Kopiah Putih. :)
      Wah.. boleh juga tuh dicoba. Jadi setiap pengunjung bisa menikmati. Sip, mas dicoba ntar. Terimakasih saran dan kunjungannya.

      Hapus
  3. Makasiiiih. Sagat membantu. Perlu dicoba nih. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Silahkan, dan semoga sukses. :)

      Hapus
  4. Wahhh.. ini menarik. Tapi ngelirik versi powerpoint di laptopku, sepertinya gak support nih... dan lepinya juga udah mulai berat kayaknya. *mintaadik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Untung aja yang minta adek bukan dua krucilnya. :)
      Ayo, mbak dibeliim adek laptopnya, install PowerPoint 2013 trus bikin video profil blognya deh. :D

      Hapus
  5. Dari kemarin saya kepingin buat video profil kayak gini, tapi belum kesampean. :)
    Bagus Mas idenya dan ini tulisan pertama yang isinya tutorial yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas ini tutorial pertama saya. Semoga aja bermanfaat kayak tutorial-tutorial yang sampean tulis. :)
      Ayo dibuat juga mas. Masak kalah sama Kopiah Putih. :D

      Hapus
  6. wahh harus dicoba nih.. makasih infonya mas, tadi aku lihat linknya di warung blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Silahkan dicoba, dan semoga bisa menghasilkan video yang luar biasa. :)

      Hapus
  7. pengetahuan baruuu, suka deh nemu blog yang bagi2 ilmu baru

    BalasHapus
  8. ya ampun aku kok baru tau bisa bikin video dari PPT, taunya ya cuma buat presentasi aja

    BalasHapus
  9. owalah ppt nya 2013, pantes ppt saya gak bisa ahahah, lah wong belum diupgrade :D

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah .. Mantap nih masukan nya, jadi bukan hanya nulis aja ya mas. U ide lainnya spt bikin stiker, kaos jg baru tau saya hehe...

    Salam kenal ya mas.

    BalasHapus
  11. Wah..
    Memang ada rencana untuk membuat video profil toko online saya dan ketemu artikel ini..

    Makasi banyak bro..
    Saya suka video nya

    BalasHapus
  12. Wah, boleh dicoba ini,tapi harus instal dulu versi 2013 nya

    BalasHapus
  13. Pak saya masih kurang paham cara menaruh animationnya itu??

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.