Chaidir's Web Unik dan Kreatif

Alhamdulillah disela-sela kesibukan, akhirnya saya bisa menulis lagi. Pada tulisan ini saya akan mencoba me-review blog lagi setelah kemaren pernah saya melakukannya. Karena ini sifatnya review, maka perlu saya ingatkan sebelumnya bahwa ini hanya "pendapat saya" tentang blog yang akan saya review. Yang menjadi sumber review kali ini adalah Chaidir’s Web, blog yang unik dan kaya akan kreasi.

Saya ambil gambar ini hari ini, bertepatan dengan Ulang Tahun si Admin.. :)
Tampilan Putih hitam minimalis adalah ciri khas dari blog ini, siapapun yang mengunjunginya tidak akan merasa bosan karena tampilan minimalisnya sangat nyaman dimata. Pada halaman beranda pengunjung langsung akan disuguhkan dengan kotak pencarian (seperti google) dan kumpulan semua kategori tulisan yang sangat mudah untuk dapat mengakses semua konten. Saya rasa ini merupakan konsep yang tergolong unik dan kreatif, karena pengunjung langsung dimanjakan dengan memberikan hak akses penuh untuk dapat menikmati semua konten yang ada didalamnya. Jika saya boleh berpendapat, Chaidir’s Web adalah blog “prasmanan”, blog yang sangat memanjakan pengunjung dengan konten kreatifnya.

Saya sering mengunjungi blog ini, tapi saya baru sadar akhir-akhir ini bahwa ada satu hal “aneh” dari logo Chaidir’s Web. Saya sudah mencari tahu tentang arti logo ini disini, tapi saya tidak menemukan jawabannya. Coba perhatikan lingkaran merah nomer 1 dan nomer 2 berikut ini:

Pada lingkaran merah nomer 1, disana saya menemukan seperti ada huruf S atau angka 5. Kemudian pada lingkaran merah nomer 2, saya heran saja kenapa web.id-nya harus ada didalam tanda seru. Mungkin ini hal spele, tapi saya penasaran dengan dua ke-“aneh”an yang terdapat pada logo Chaidir's Web ini.

Ini masih seputar tampilan minimalisnya. Pada halaman tulisan akan ada dua kolom. Kolom kiri untuk menu dan kolom kanan untuk tulisan. Kolom menu diset fixed (tidak ikut di scroll), kemudian didalam kolom menu sudah dibuat menu-menu yang sangat penting.


Menariknya, ketika diklik satu menu maka tidak akan pindah halaman, tapi hanya langsung menampilkan sub-sub menu yang termasuk dalam menu yang di klik. Pada bagian bawah kolom tulisan ada empat menu yang juga tak kalah unik dan kreatif. Blog untuk kembali ke halaman beranda, Content untuk melihat tulisan, Comments yang sudah masuk, dan To Top untuk kembali ke atas halaman blog.

Tampilan unik dan kreatif tentu tidak akan menarik jika tidak diimbangi dengan tulisan yang unik dan kreatif pula. Saya yakin Chaidir's Web sadar akan hal itu, maka ia selalu memberikan tulisan-tulisan yang sangat unik dan kreatif. Ia selalu menjadikan hal kecil untuk menjadi suatu yang besar karena tulisan-tulisannya. Tulisannya santai namun tepat sasaran, ada hal besar yang dihasilkan dari tulisan santainya. Bahasanya mudah dimengerti. Memang di blog ini kita akan menemukan banyak kategori tulisan, mulai dari opini pribadi, tutorial bahkan kritik pedas terhadap perokok pun dapat kita temui disini.


Berbicara tentang tulisan favorit, semua tulisan di Chaidir's Web semuanya saya suka. Tapi ketika memang terpaksa harus memilih yang paling saya sukai, saya memilih dua tuisan tentang rokok. Kenapa Memilih Merokok dan Orang Bodoh Merokok. Saya perokok, makanya tertarik untuk membaca dua tulisan ini. Lalu apa yang saya dapat? WAW...!! Chaidir's Web sukses membuat saya faham betul semua tentang rokok. Lalu? Sudah seminggu ini saya berhasil mengurasi komposisi rokok saya setiap harinya. Mas Chaidir.. Saya belum bisa untuk berhenti merokok, tapi saya sudah bisa menguranginya. Terimakasih... Dan semoga saya benar-benar bisa berhenti merokok.. Amin...

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan keunikan dan kekreatifan Chaidir's Web juga memiliki kekurangan-kekurangan, dan inilah kekurangan-kekurangan Chaidir's Web versi Kopiah Putih:


1. Kehilangan Identitas
Ya, ketika saya ada di halaman arsip saya merasa itu bukan Chaidi'rs Web, warna-nya berubah, sudah hilang identitas putih hitam minimalis kesukaan saya.. :)
2. Tidak 100% Indonesia
Terjemahan antar muka bahasanya masih tidak semua berbahasa Indonesia. Masih banyak saya menemukan kata-kata bahasa Inggris dibagian menu dan lainnya. Biar lebih jelas lagi, silahkan untuk Chaidir's dapat mengunjungi artikel ini.
Itulah yang saya anggap kekurangan pada Chaidir's Web. Apakah ini harus dibenahi? Terserah sama adminnya saja.. Saya hanya memberikan saran.. :)

Alhamdulillah.. Akhirnya selesai juga review kali ini, semoga bermanfaat dan semoga bisa kepilih jadi pemenang.. Dan untuk Mas Chaidir, Selamat ulang tahun ya.. Semoga semuanya lebih baik.. Amin..

Tulisan ini diikutsertakan dalam "First Give Away Chaidir's Web"
BAGIKAN TULISAN INI

9 Komentar untuk "Chaidir's Web Unik dan Kreatif"

  1. templetnya keren, om...
    pertanda orangnya kreatip.
    ga kaya aku templet dari jaman jepang ga pernah ganti hanya karena takut error :D

    si om juga bagus sudah mau ngurangin rokok
    maksudnya ngurangin rokok teman ya..?
    hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om.. Kreatif sekali emang adminnya.
      Sempat iri sebenarnya saya, sama templete-nya.

      Bukan Om, ngurangin rokok ditokonya orang.. :P

      Hapus
  2. semoga menang giveaway nya om... :)

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Mas Abdur Rasyid sudah ikut berpartisipasi di GA Chaidir's Web.. ^_^
    Semoga masukannya bisa bermanfaat buat saya..

    Salam kenal dan Salam persahabatan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama saya Abdur Rosyid kang, bukan Abdur Rasyid..
      Hehehe

      Terimakasih dan salam kenal kembali.. :)

      Hapus
    2. Ooh iyaa maaf.. maaf kang..
      heheeh.. salah sebut saya.. ^_^

      Hapus
  4. denger2 menang ya?jadi pemenang utama gitu, wheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, padahal saya sebelumnya tidak PD karena ditulisan ini saya banyak merasa kurang dengan blog yang saya review.. Eh gag taunya malah ini yang menjadi nilai tambah dan bisa jadi pemenang,.. Alhamdulillah..

      Hapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.