Berbohong tak selamanya jelek (bukan tidak dosa)


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sekali lagi saya harus menulis tentang kebohongan.. Bukan berarti saya tukang bohong lho ya, cuma lagi pengen nulis tentang topik ini saja…

Rahma adalah seorang sekertaris sukses disebuah perusahaan besar. Suatu saat Ia diajak bosnya untuk memenuhi sebuah penanda tanganan kontrak dengan perusahaannya. Setelah semuanya siap untuk ditandatangani, tak terencana sebelumnya ada masalah besar terjadi dan itu berkaitan erat dengan Rahma. Bosnya menyuruh dia untuk berbohong! Tanpa pikir panjang, Rahma pun mengikuti saran bosnya untuk BERBOHONG!

Nah lho?? Ternyata bohong itu mudah kan? Bisa jadi baik malah. Ok kita coba analisa satu per satu masalah Rahma di atas.

Rahma pasti bingung ketika bosnya menyuruh dia untuk berbohong. Sebagai manusia normal, dia pasti tahu kalau berbohong itu tidak baik dan bahkan dosa! Namun jika Rahma jujur waktu itu, maka sudah pasti kontrak perusahaannya akan gagal total..

Pembaca jangan ikut bingung ya.. Cukup Rahma saja yang bingung! Hehehe..

Untuk jangka pendek (sampai kontarak perusahaannya berakhir), Rahma pasti mendapat pujian dari bosnya. Dia akan menjadi sekertaris kesayangan bosnya dan tentu dia akan mendapat tambahan gaji.

Lalu bagaimana dengan kebohongan Rahma untuk jangka waktu panjang? Apakah dia akan selamanya berbohong jika ada masalah dikemudian hari? Atau dia akan banyak belajar lagi agar pekerjaannya tidak terpaut lagi dengan kebohongan?

Kita lupain masalah Rahma diatas, itu masih salah satu hal kecil tentang kebohongan. Masih banyak hal lagi yang berkaitan erat dengan hal satu ini, kebohongan.. Itu hanya pengantar saja untuk memancing ikan, uppsss..memancing naluri berfikir maksudnya!

Masalahnya adalah, menurut saya berbohong itu tak selamanya jelek (bukan tidak dosa tapi ya..). Ada yang berpendapat dengan saya?? (Silahkan ajungkan jari!)

Berbohong itu selamanya tetap dosa, apapun alasannya. Sesuai dengan hadits Nabi yang artinya "Dari Hadhrat Abu Bakkar ra. , bahwa Rasulullah saw bersabda, ketahuilah, kuberitahukan kepadamu tentang dosa yang besar, diulanginya tiga kali, sahabat menyahut tentu ya Rasulullah!, Beliau bersabda, pertama ialah syirik kepada Allah swt dan kedua ialah durhaka dan mengabaikan kepada orang tua, kemudian beliau segera tinggalkan dari bersandar pada bantal dan berkata, perhatikannlah ! dosa yang lebih besar lagi ialah ucapan yang bohong ! dan dan beliau saw terus mengulangi perkataan itu, sehingga kami berkata dalam hati alangkah baiknya jika beliau saw mecukupkan mengulanginya. ( H R Bukhari)

Namun yang menjadi pertanyaan saya sampai sekarang, apakah bohong itu masih tetep dosa, kalau seandainya seseorang atau kelompok yang kita bohongi tidak ada masalah dengan kebohongan kita? Atau malah dengan kebohongan kita, ia akan menghasilkan banyak keuntungan??

Bagaimana pendapat pembaca? Silahkan berikan komentar anda. Bebas kok! Tidak usah takut, karena tidak akan dipenjara oleh pak Polisi..Hehehe.. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat. Akhir kata..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
BAGIKAN TULISAN INI

13 Komentar untuk "Berbohong tak selamanya jelek (bukan tidak dosa)"

  1. ia sih, ada juga kan bohong karena kebaikan

    BalasHapus
  2. Berbohong untuk kebaikan boleh boleh sob ^_^

    BalasHapus
  3. bener sob bohong jg adang baik tp tergantung ke adaannya

    BalasHapus
  4. kalau bertujuan baik, bohong juga gak dapet pahala, tapi kalau untuk yang buruk bohong malah dapet dosa hehehe

    BalasHapus
  5. Wah, saya jadi terinspirasi nih.. ckkc.. thanks banget mas :D

    BalasHapus
  6. tidak usah membahas tentang kebohongan om, yang penting KITA selalu berusaha untuk jujur.. jujur kepada diri sendiri, jujur kepada Allah SWT, itu yang penting.. hahahhaa, sok tua kali dhe.. :P

    sorry yaa om, dhe jarang berkunjung, koneksi lagi kembang kempis nih.. maklumin yaaa..

    BalasHapus
  7. berbohong jangan berbohong...
    kalau tak ada gunanya..
    berbohong boleh sajaaaaaa kalau ada perlunya~syalalala

    #bang roma

    BalasHapus
  8. berbohong menurut nabi ada beberapa yang di bolehkan. setuju apa kata sobat :)

    BalasHapus
  9. fleksible donk.. mana yg baik buat org banyak meski harus boong dikit2.. gpplah.. hehehe

    BalasHapus
  10. Tidak atau dosanya berbohong itu sepertinya kondisional.

    http://adf.ly/3jkkF

    To continue, please click SKIP AD.

    BalasHapus
  11. Saya sering berbohong demi kebaikan sendiri. Dosa apa tidak ya gue sendiri yang nanggung. Trust me berbohong itu tak selamanya jelek.

    BalasHapus
  12. bohong putih, tapi keak bisa menjadi bumerang jadi kalau kelak ada efeknya,,hasilnya bisa jad salah,,ntah lah ,,:)

    BalasHapus
  13. kalau memang bener2 kritis dan mendesak kayaknya ditolerir dikit lah bohongnya gak apa2..

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.