Syarat Wajib dan Hikmah Menjalankan Puasa

Bulan suci ramadhan telah tiba, semua umat muslim telah menjalankan ibadah puasa beberapa hari dan akan terus berlangsung selama satu bulan kedepan. Selama melakukan puasa satu bulan penuh, umat muslim harus menahan haus dan lapar sejak terbit fajar hingga matahari terbenam. Selain itu umat muslim juga harus bisa menahan hawa nafsu.

Saat menjalankan ibadah puasa, ada syarat wajib puasa yang harus dipenuhi, hal ini supaya ibadah puasa yang dijalankan bisa diterima oleh Allah SWT. 

Nah, berikut ini merupakan beberapa syarat puasa yang harus dipenuhi saat menjalankannya dan juga beberapa hikmah yang dapat kita petik dari menjalankan rukun islam ke empat ini.

Syarat Wajib dan Syarat Sah Puasa ramadhan

1. Beragama Islam

Syarat pertama adalah beragama islam, bagi umat muslim puasa selama bulan ramadhan ini wajib hukumnya.

2. Berakal Sehat

Syarat wajib yang kedua adalah memiliki akal yang sehat, jadi jika ingin menjalankan puasa ini harus dilakukan oleh orang yang memiliki akal. Jika ada orang yang tidak memiliki akal atau orang gila, puasa ini hukumnya tidak wajib.

3. Baligh

Syarat wajib yang ketiga adalah sudah baligh, artinya jika orang yang sudah baligh wajib untuk menjalankan puasa. Baligh adalah orang-orang yang telah mengalami pubertas.

4. Mampu

Syarat wajib yang keempat adalah mampu, artinya orang yang akan menjalankan puasa harus sehat baik secara jasmani ataupun secara rohani. Tidak sedang sakit dan sedang tidak melakukan sebuah perjalanan yang jauh. Jika pada saat datang ramadhan Anda tidak mampu untuk puasa karena sakit atau bepergian, puasa ini harus di ganti di kemudian hari.

5. Suci dari Haid dan Nifas

Syarat wajib yang kelima ini khusus untuk wanita yaitu harus suci dari haid serta nifas. Jadi jika seorang wanita sedang tidak suci maka mereka ini tidak boleh puasa, dan puasa tersebut harus diganti di kemudian hari.

Baca Juga : Marhaban ya, Ramadan. 5 Kegiatan ini Hanya Ada Saat Bulan Puasa

6. Mengetahui Awal Ramadan

Syarat wajib puasa yang paling terakhir adalah tahu kapan awal dari bulan ramadhan, caranya ini dengan melihat hilal secara langsung, hal ini harus di lakukan oleh ahli. Tapi jika hilal ini tidak bisa dilihat maka untuk menentukan bulan suci Ramadhan ini bisa dengan menghitung bulan sya’ban selama 30 hari.

Hikmah Puasa di Bulan Suci Ramadan

Memenuhi perintah Allah

Sebagai umat yang beriman kita ini harus selalu patuh terhadap perintah Allah salah satunya dengan berpuasa selama bulan ramadhan. Perintah menjalankan puasa ini ada di dalam Al Quran pada Surat Al Baqarah ayat 183.

Menjadi orang yang bertaqwa

Saat kita melakukan ibadah puasa dengan baik dan juga benar, hal ini bisa membantu untuk meningkatkan ketaqwaan. Hal ini karena saat seseorang sedang berpuasa orang tersebut harus bisa mengendalikan hawa nafsunya dan harus bisa berperilaku baik kepada manusia lainnya.

Memahami penderitaan orang yang kurang mampu

Bagi orang yang kekurangan, mereka ini sering sekali menahan lapar karena mereka memang tidak bisa makan. Jadi saat kita berpuasa ini kita sedang belajar untuk memposisikan diri kita menjadi orang yang miskin atau orag kekurangan yang sering merasa kelaparan.

Mendekatkan diri kepada Allah

Saat bulan puasa datang kita ini harus berpuasa selama satu hari dan melakukan berbagai ibadah Sunnah salah satunya adalah sholat tarawih.

Memperbanyak Sedekah

Setiap amalan yang kita lakukan di bulan puasa yang kita lakukan akan dibalas oleh Allah SWT secara berlipat. Apalagi saat kita besedekah kepada fakir miskin, pahala yang kita dapatkan bisa berlipat. 

Itulah beberapa syarat wajib puasa ramdhan dan beberapa hikmahnya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalanjkan ibadah di bulan ramadhan yang mulia ini.
Salam bahagia..

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Syarat Wajib dan Hikmah Menjalankan Puasa"

  1. Nah mantep, eh lama ga muncul postingan blognya. Sebelum puasa perlu tahu syarat wajibnya, nih, apalagi hikmahnya yang banyak. Memang bulan suci ini penuh dengan berkah dan tidak bisa dilewatkan.

    BalasHapus