Tetap Sehat saat New Normal? Kenapa Tidak!

Setelah hampir tiga bulan kita melakukan anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja, kini mau tidak mau kita harus menjalani kondisi baru atau new normal. Meski kita hidup di tengah pandemi COVID-19, semua hal yang berkaitan dengan kegiatan di luar rumah harus kembali dilakukan. Terutama dalam hal pekerjaan, beberapa kantor sudah melakukan aktivitas work from office, meskipun masih dengan bermacam aturan.

Hidup normal di tengah pandemi, bukan perkara mudah. Kita masih sering merasa khawatir karena wabah COVID-19 sejauh ini masih belum mereda.
 

Tapi mau bagaimana lagi, kita harus menjalani kehidupan tatanan baru ini. Akhirnya, kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh serta tetap menjaga jarak sampai COVID-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Lalu, bagaimana caranya kita hidup sehat di era new normal? Berikup tips-nya. Simak sampai habis, ya!

Pakai Masker saat Keluar Rumah

Maskermu melindungiku, maskerku melindungimu. Kalimat ini sering kita jumpai hampir di berbagai tempat saat ini. Ya, benar. Dengan menggunakan masker, kita saling menjaga kesehatan bersama dan cara ini masih dianggap efektif untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

Bawa Hand Sanitizer Setiap Berpergian

Hidup dalam kondisi new normal, kita terpaksa harus beraktivitas seperti biasanya, beraktivitas di luar rumah yang berarti kita akan kembali bersentuhan dengan barang-barang fasilitas publik yang ada di sekitar kita.
Untuk menghindari penularan Covid 19, saat kemanapun, pastikan bahwa kita selalu membawa hand sanitizer yang memiliki kandungan 70 persen alkohol. Pastikan juga, bahwa kita selalu menggunakannya setelah beraktivitas atau setelah memegang benda yang berada di fasilitas publik.
 

Hindari Berkumpul di Keramaian

Saat pertama kali pemerintah menerapkan aturan new normal, anjuran yang selalu ditekankan adalah kita harus bisa menjaga jarak, menerapkan physical distancing dan hindari kerumunan di tempat ramai.

Maka dari itu, sebaiknya kita harus selalu berusaha untuk tidak berkerumun kecuali memang harus terpaksa dan sangat mendesak. Jika terpaksa harus berkerumun, jangan lupa untuk tetap selalu menggunakan masker. Hal ini harus dilakukan karena kita tidak pernah benar-benar tahu kondisi kesehatan orang yang kita temui.

Bawa Peralatan Pribadi

Jika Anda terpaksa bekerja di kantor dengan waktu yang cukup lama setiap harinya, sebaiknya Anda membawa kebutuhan pribadi dari rumah. Usahakan untuk tidak menggunakan fasilitas publik yang biasa digunakan banyak orang.


Bawalah alat makan, tempat minum, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan dari rumah. Cara ini harus selalu diperhatikan untuk mengurangi risiko terpapar virus.

Hindari Uang Tunai, Gunakan Cashless untuk Berbelanja

Beralih menggunakan cashless saat berbelanja termasuk cara terbaik untuk mengurangi penyebaran Covid 19. Sebisa mungkin kita diharapkan untuk menghindari menggunakan uang tunai saat pandemi, karena uang tersebut mungkin sudah dipegang oleh banyak orang.

Kalaupun terpaksa harus menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.

Jalani Pola Hidup Sehat

Hal lain yang tak kalah penting adalah kita semua harus menjalani pola hidup sehat. Mulailah dari hal yang paling sederhana, seperti menjaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hingga hindari stres.


Dan satu lagi, hindari untuk melakukan aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena dengan begitu, tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

Lakukan Konsultasi Kesehatan Online

Di tengah pandemi ini dan telah diberlakukannya masa new normal, tentunya kita tetap harus selalu waspada, terutama dalam hal kesehatan kita masing-masing. Kegiatan yang masih bisa dilakukan di rumah, sebaiknya kita tetap melanjutkan kegiatan tersebut.
 
Namun bagaimana jika kita merasa kondisi kesehatan kurang fit dan merasa perlu untuk berkonultasi dengan dokter?
Jika Anda menemukan fakta tersebut, terpaksa harus berkonsultasi dengan dokter karena kondisi kurang fit, Anda dapat memanfaatkan aplikasi dokter online yang sekarang bisa dengan mudah didapatkan, Halodoc salah satunya.

Halodoc menjadi aplikasi konsultasi dokter online favorit banyak orang. Fitur yang mudah digunakan, tampilan yang menarik dan beragam fasilitas disediakan adalah alasannya. Selain fiturnya cukup lengkap, Halodoc juga cukup update dalam seputar informasi kesehatan.

Jika terpaksa harus bertemu dokter, kita bisa menggunakan aplikasi Halodoc, dengan membuat janji untuk bertemu. Kita dapat mengatur kapan waktu bertemu, bersama dokter siapa dan dari rumah sakit apa.

Oh iya, dokter yang tergabung dalam Halodoc merupakan para dokter ternama dari banyak rumah sakit, termasuk juga RS Columbia Asia Medan. Rumah sakit yang berada di Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara ini merupakan bagian dari Columbia Asia Group dan telah mendapatkan akreditasi Paripurna pada tahun 2016.

Jadi, dijamin deh kita akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas terbaik dari rumah sakit ini.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk hidup sehat di era new normal. Jangan lupa untuk selalu memakai masker dan sering cuci tangan ya. Sehat selalu, dan tetap semangat.

Salam bagahia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Tetap Sehat saat New Normal? Kenapa Tidak!"

  1. makasi untuk tipsnya :)
    untung beberapa e-wallet udah lama ada ya, jadi kita gak kaku lagi untuk bertransaksi cashless.

    stay safe and stay healthy selalu.

    BalasHapus
  2. Kalau saya mungkin baru mengenakan masker.
    Hand sanitizer belum pernah, terimakasih telah diingatkan

    BalasHapus