Ini Dia 6 Faktor Umum Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid atau datang bulang merupakan hal yang dialamai setiap wanita dalam setiap bulan. Namun dalam kenyatannya, banyak wanita yang mengeluhkan haid atau datang bulan mereka tidak teratur.


Istri saya saja, sering mengalaminya. Namun setelah mencari tahu sana-sini, termasuk berkonsultasi kepada bidan dan dokter, keadaan ini merupakan hal biasa, normal terjadi pada setiap wanita dan tidak akan berdampak besar.

Datang bulan yang tidak teratur, biasanya akan terjadi saat wanita sedang banyak pikiran atau stres, namun jika terlalu sering, pastinya dapat dipicu oleh berbagai macam faktor berbahaya, seperti diantaranya adalah resiko penyakit.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar datang bulan bisa teratur, termasuk juga cara melancarkan haid yang telat 10 hari. Namun sebelum itu sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab datang bulan tidak teratur agar tidak sering terjadi kepada Anda.
Baca Juga : Bersama Istri yang Sedang Hamil Muda 
Nah, berikut ini beberapa faktor haid tidak teratur yang umum terjadi kepada wanita, yaitu:

Kondisi Hormonal yang Tidak Seimbang

Biasanya, ada beberapa fase dimana kadar hormon wanita dalam kondisi yang naik turun, misalnya adalah saat menjelang menopouse, hamil, menyusui dan sejenisnya sehingga menyebabkan jadwal haid juga tidak teratur.

Obesitas

Mereka yang memiliki berat badan berlebih atau istilahnya adalah obesitas juga beresiko tinggi untuk mengalami haid yang tidak terarur. Maka sebaiknya, Anda tetap menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi normal atau ideal.

Berat Badan yang Turun Secara Drastis

Faktanya, orang-orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis juga akan mempengaruhi kondisi hormonal mereka, menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Pemakaian Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi layaknya pil KB memiliki fungsi untuk mencegah indung telur di dalam melepaskan sel telur, sehingga menyebabkan siklus menstruasi juga tidak teratur.

Menderita penyakit tertentu

Penderita salah satu penyakit seperti diabetes dan sejenisnya, bisa saja mengalami masalah datang bulan tidak teratur. Ya, penyakit-penyakit ini sangat menganggu sistem hormonal yang ada di dalam tubuh, sehingga membuat haid juga tidak teratur.

Masalah pada Tiroid

Kelenjar tiroid ini bekerja untuk mengatur metabolisme tubuh, ketika bagian tersebut mengalami masalah tentunya juga akan menyebabkan beberapa kondisi layaknya menstruasi yang tidak lancar.

Itulah beberapa faktor umum terjadinya haid tidak teratur. Jika Anda mengalami salah satunya, segera konsultasikan dengan dokter untuk cara mengatasi haid tidak teratur tersebut. Lakukan saran dan pengobatan yang diberikan dokter agar haid Anda bisa kembali teratur.

Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dan tubuh Anda.
Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia 6 Faktor Umum Penyebab Haid Tidak Teratur"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.